Mohon tunggu...
Sulis Hamniatur
Sulis Hamniatur Mohon Tunggu... Bankir - Mahasiswa

Mencari hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Struktur Pasar Mangli, Pasar Babebo, Market, dan Pom Bensin

23 Mei 2019   20:34 Diperbarui: 23 Mei 2019   20:48 1079
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pengertian pasar menurut para ahli seperti menurut William J . Stanton pada tahun 1993 yang mengatakan bahwa pasar adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja , dan kemauan untuk membelanjakan.
Dalam ilmu ekonomi, sebenarnya pasar tradisional merupakan salah satu bentuk pasar, karena secara garis besar pengertian tentang pasar dapat digolongkan menjadi pasar nyata (konkret) dan pasar tidak nyata (abstrak).Yang termasuk ke dalam pasar nyata adalah pasar tradisional karena namanya nyata, secara jelas kita dapat melihat pertemuan fisik antara pembeli dan penjual dalam melakukan jual beli barang.Dengan demikian, pasar nyata adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli barang/jasa.
Kebalikan dari pasar nyata yang memerlukan kontak fisik, di pasar abstrak, pembeli dan penjual tidak harus melakukan pertemuan. Dengan semakin majunya tehnologi, penjual dna pembeli tidak perlu harus bertemu untuk mengadakan transaksi. Pada pasar abstrak ini, penjual hanya perlu mengajukan contoh barang saja.Misalnya kopi. Dalam bursa kopi, pembeli dapat melihat contoh kopi yang akan dibeli lengkap dengan berbagai keterangan. Bila ia suka, ia dapat melakukan transaksi melalui telepon, surat, atau bahkan internet. Inilah yang terjadi di berbagai bursa seperti bursa komoditi, bursa saham, dan lain-lain.
Tidak sedikit masyarakat yang salah dalam mengartikan pasar. Oleh sebab itu, penulis melakukan observasi ke beberapa perusahaan di daerah sekitar untuk mengetahui bentuk -- bentuk pasar baik pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yang dibagi menjadi pasar oligopoli,  monopoli, dan monopolistik. Kemudian penulis menyusun laporan observasi tersebut dalam bentuk makalah yang membahas tentang ciri -- ciri pasar, bentuk -- bentuk pasar beserta contohnya, serta keuntungan dan kerugiannya secara terperinci dengan harapan agar pembaca dapat lebih memahami dan mengerti tentang pengertian pasar dan berbagai bentuknya.

1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Apa pengertian pasar beserta strukturnya?
1.2.2. Apa saja jenis-jenis pasar, berserta kebaikan dan keburukannya ?

1.3 Tujuan Permasalahan
1.3.1. Untuk mengetahui lebih rinci tentang pasar.
1.3.2. Untuk mengetahui jenis-jenis pasar dan baik atau buruknya sistem pasar .

BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 Pengertian Struktur Pasar
Pasar merupakan suatu daerah dimana pembeli dan penjual saling berhubungan satu sama lainnya, untuk melakukan pertukaran barang maupun jasa pada waktu-waktu tertuntu (Amir, 2000:186). Perumusan pasar dan pengertian dalam bidang ekonomi terdiri atas lima komponen yaitu :
1)  Adanya wilayah (area place)
2)  Adanya pelaku (subject) penjual dan pembeli
3)  Adanya kegiatan untuk saling berhubungan antar subjek pasar
4)  Adanya objek (barang-barang dan jasa)
5)  Faktor waktu
Pasar merupakan salah satu lembaga yang paling penting dalam institusi ekonomi.Berfungsinya   lembaga   pasar   sebagai   institusi   ekonomi   yang menggerakan kehidupan ekonomi tidak terlepas dari aktivitas yang dilakukan oleh pembeli dan pedagang.Oleh karena itu bagian ini membahas tentang pasar.
Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi adalah pertemuan antara permintaan dan penawaran, kita sebut sebagai pertemuan antara Supply and Demand.Dalam pengertian ini, pasar bersifat interaktif, bukan fisik. Adapun mekanisme pasar adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Pertemuan antara permintaan(demand) dan penawaran (supply) dinamakan equilibrium price (harga keseimbangan).
Pasar merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat, baik masyarakat yang berada di kalangan kelas bawah ataupun masyarakat yang berada di kalangan kelas atas. Semua unsur yang berkaitan dengan hal ekonomi berada di pasar, mulai dari unsure  produksi, distribusi, ataupun unsur konsumsi. Aktivitas yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan produsen dan konsumen. Masing-masing dari mereka mempunyai peranan yang sangat penting terhadap pembentukan harga dalam pasar.
Pembahasan terkait dengan Pasar, negara, individu dan masyarakat selalu menjadi diskursus hangat dalam ilmu ekonomi.Menurut ekonomi kapitalis (klasik) pasar memainkan peranan yang sangat penting dalam sistem perekonomian.Ekonomi kapitalis menghendaki pasar bebas untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi, mulai dari produksi, konsumsi sampai distribusi. Semboyan kapitalis adalah lassez faireet laissez lemonde vadelui meme (Biarkan ia berbuat dan biarkan ia berjalan, dunia akan mengurus diri sendiri). Maksudnya, biarkan sajalah perekonomian berjalan dengan wajar tanpa intervensi pemerintah, nanti akan ada suatu tangan tak terlihat (invisible hands) yang akan membawa perekonomian tersebut ke arah equilibrium. Jika banyak campur tangan pemerintah, maka pasar akan mengalami distorsi yang akan membawa perekonomian pada ketidakefisienan (inefisiency) dan ketidakseimbangan. Menurut konsep tersebut, pasar yang paling baik adalah persaingan bebas (free competition), sedangkan harga dibentuk oleh oleh kaedah supply and demand.
Prinsip pasar bebas akan menghasilkan equilibrium dalam masyarakat, di mana nantinya akan menghasilkan upah (wage) yang adil, harga barang (price) yang stabil dankondisi tingkat pengangguran yang rendah (full employment). Untuk itu peranan Negara dalam ekonomi sama sekali harus diminimalisir, sebab kalau negara turun campur bermain dalam ekonomi hanya akan menyingkirkan sektor swasta sehingga akhirnya mengganggu equilibrium pasar. Maka dalam paradigma kapitalisme, mekanisme pasar diyakini akan menghasilkan suatu keputusan yang adil dan arif dari berbagai kepentingan yang bertemu di pasar. Para pendukung paradigma pasar bebas telah melakukan berbagai upaya akademis untuk meyakinkan bahwa pasar adalah sebuah sistem yang mandiri (self regulating).
2.2 Struktur Pasar
Struktur pasar terbagi menjadi 2 yaitu : pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna, persaingan tidak sempurna di golongkan menjadi 3 pasar persaingan monopoli, monopolistik, dan oligopoli. Dalam struktur pasar, pedagang di pasar Mangli ini memiliki unsur pasar persaingan sempurna maka dari itu mengelompokan pasar seperti berikut :
2.3.  Pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah dunia para price-taker sebuah perusahaan yang bersaing sempurna menjual produk yang sifatnya homogen (produk yang identik dengan produk yang dijual oleh perusahaan perusahaan lain dalam industri. Produk itu sedemikian kecil dibandingkan pasarnya sehingga tidak dapat mempengaruhi harga pasar; produk itu hanya mengikuti harga yang berlaku (Samuelson, 2003).
Pasar persaingan sempurna adalah suatu industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar (Sukirno, 2013).
Dalam  pasar  persaingan  sempurna  menurut  (Raharja,manurung,  2006) pasar persaingan sempurna jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap   perusahaan   dianggap   sedemikian   kecilnya.   Sehingga   tidak   mampu mempengaruhi  pasar  beberapa  karakteristik  (syarat)  agar  sebuah  pasar  dapat dikatakan persaingan sempurna.
Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
Produsen   dan   konsumen   memiliki   pengetahuan/informasi   sempurna (perfect product)
Output sebuah perusahaan relatif kecil dibandingkan output pasar (small relatively output)
Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)
Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
Perusahaan adalah pengambil harga
Pengambilan harga  atau price taker suatu perusahaan yang ada didalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar.Harga barang dipasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan pembeli.
Perusahaan mudah keluar dan masuk
Sekiranya perusahaan mengalami kerugian,dan ingin meninggalkan industri tersebut,langkah ini dapatdengan mudah dilakukan.Sebaliknya apabila ada produsen yang ingin melakukan kegiatan diindustri tersebut,produsen tersebut dapat dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
Menghasilkan barang serupa
Barang yang dihasilkan berbagi perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan.Barang yang dihasilkan sangat sama.Tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan produksi dengan perusahaan lainnya.
Teradapat banyak perusahaan dipasar
Sifat inilah yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga.
Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan sempurna tentang pasar
Dalam persaingan sempurna juga dimisalkan bahwa jumlah pembeli lebih banyak.Namun demikian pula masing-masing pembeli tersebut mempunyai pengetahuan yang sempurna  mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan keatas harga tersebut.
Permintaan Dan Hasil Jualan
Didalam menganalisa usaha suatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan,dua hal harus diperhatikan:
Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu
       Sifat biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan,waktu dalam struktur pasar manapin digolongkan ia digolongkan. Sifat hasil penjualan adalah berbeda antara pasara persaingan sempurna dan pasar lainnya, perbedaan ini terjadi karena ditinjau dari sudut seorang produsen, bentuk permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen dipasar persaingan sempurna berbeda sifatnya dengan yang dihadapi seorang produsen dipasar lainnya.

Pemaksimuman Keuntungan Jangka Pendek
Syarat pemaksimuman keuntungan
-Membandingkan hasil penjualan total dengan biaya total
-Menunjukan keadaan dimana hasil penjualan marjinal sama dengan biaya      marjinal
Kebaikan dan Keburukan Persaingan Sempurna
Kebaikan persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna memberikan penjelasan tentang perilaku perusahaan dalam dunia ideal, dimana perusahaan dapat berproduksi dalam skala yang efisien dengan harga output barang yang termurah. Konsekuensi model pasar persaingan sempurna bagi masyarakat adalah pasar ini memberikan tingkat kemakmuran dan kenikmatan yang maksimal, karena:
Efisiensi Produktif
Setiap tingkat produksi biaya yang dikeluarkan adalah yang paling minimum.Untuk menghasilkan suatu tingkat produksi berbagai corak gabungan faktor-faktor produksi dapat digunakan.Gabungan yang paling efisien adalah gabungan yang mengeluarkan biaya yang paling sedikit.
Efisiensi Alokatif
Alokasi sumber-sumber daya mencapai efisiensi yang maksimum apabila dipenuhi syarat beriut :harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut. Untuk setiap kegiatan ekonomi, produksi harus terus diakukan sehingga tercapai keadaan dimana harga=biaya marjinal.
Harga jual output barang dan jasa yang termurah, sebab skala produksi yang efisien.
Jumlah output yang paling banyak sehingga rasio output penduduk maksimal, karena setiap penduduk memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan dan ini berarti kemakmuran maksimal.
Masyarakat merasa nyaman dalam mengkonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang dan jasa (produk yang homogen) dan tidak takutdalam kualitas dan harga (informasi sempurna).
Diproduksikan barang-barang yang diperlukan konsumen dengan ongkos produksi yang minimum, berarti semua skala ekonomis telah dimanfaatkan, hal ini tergambar pada AC minimum.
Kelemahan persaingan sempurna
Tidak mendorong inovasi
Menimbulkan biaya sosial
Membatasi pilihan konsumen
Biaya produksi lebih tinggi
Distribusi pendapatan tidak selalu merata
Kelemahan dalam hal asumsi, dimana asumsi yang digunakan mustahil untuk terwujud dalam dunia nyata.
Kelemahan dalam pengembangan teknologi, sebab perusahaan tidak mempunyai dana cukup untuk kegiatan riset dan pengembangan produknya, padahal kegiatan ini dibutuhkan untuk memperoleh teknologi produksi yang meningkatkan efisiensi produksi.
Konflik efisiensi keadilan, dimana pasar persaingan sempurna sangat menekankan efisiensi, tetapi dalam dunia nyata hal ini menimbulkan masalah ketidakadilan.
Ada faktor external economies dan diseconomies, yang ternyata tidak tercakup dalam perhitungan welfare optimum tersebut.
Persaingan sempurna ada kalanya menimbulkan biaya sosial kepada masyarakat, karena ada biaya sosial yang tidak tercakup dalam biaya perusahaan.
Adanya barang-barang yang bisa dinikmati dan diproduksi secara kolektif (bersama-sama) dan tidak diperjualbelikan di pasar.
Karakteristik pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah suatu pasar dimana:
Jumlah produsen banyak dan volume produksi setiap produsen hanya merupakan bagian (share) yang kecil dari volume transaksi total didalam pasar, sehingga masing-masing produsen tidak mampu menetukan harga.
Produk yang dihasilkan oleh para produsen adalah bersifat homogen, sehingga produksi satu produsen merupakan subtitusi yang sempurna bagi produksi produsen lain.
Setiap pelaku dalam pasar mendapatkan informasi pasar yang tepat dan sempurna (perfect knowledge/perfect information), sehingga setiap pelaku dalam pasar mampu membuat keputusan berdasarkan informasi yang tersedia di pasar.
Produsen sebagai price taker, dimana tidak dapat menetapkan harga. Karena sepenuhnya harga ditentukan berdasarkan tarikan permintaan penawaran di pasar, sehingga setiap produsen menetapkan harga berdasarkan mekanisme harga yang terjadi di pasar.
Kebebasan untuk masuk dan keluar (free entri and exit), dimana setiap perusahaan mempunyai kebebasan untuk masuk dan keluar dalam suatu industri. Perusahaan baru bebas untuk masuk ke dalam industri tanpa adanya hambatan dari para pemain lama. Begitu pula perusahaan lama memiliki kebebasan untuk keluar dari industri tersebut apabila melihat potensi pasar yang semakin kecil.
Tiga implikasi yang ada dalam pasar persaingan sempurna, yaitu:
Sorang produsen (secara induvidual) tidak bisa mempengaruhi harga pasar yang berlaku; harga ditentukan oleh "pasar" untuknya.
Kurva permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen adalah garis lurus horizontal, yang berarti dia bisa menjual output berapa pun pada tingkat harga yang berlaku tanpa mengakibatkan penurunan harga jual.
Macam keputusan yang perlu diambil oleh seorang produsen (untuk mencapai keuntungan maksimum atau posisi equilibriumnya) adalah beberapa volume output yang harus ia produksikan/jual sedang harga jual sudah ditentukan oleh pasar.
2.4  Pasar persaingan tidak sempurna
Bentuk bentuk dalam pasar persaingan tidak sempurna adalah monopoli, oligopoli dan pasar persaingan monopolistik. Jika sebuah perusahaan mempunyai kemampuan yang cukup besar dalam mempengaruhi harga pasar dari outpunya, maka  perusahaan  tersebut  diklasifikasikan  sebagi  pasar  persaingan  sempurna. Pasar persaingan sempurna secara tidak langsung tidak menyatakan bahwa sebuah perusahaan memiliki kontribusi mutlak atas harga dari outpunya. Para ekonom menggolongkan  pasar-pasar  persaingan  tidak  sempurna  kedalam  tiga  struktur pasar (Samuelson dan Nordhaus, 2003)
Pasar Monopoli
Istilah monopoli berasal dari bahasa Yunani (Greek word monospolein), yang berarti menjual output dipasar sendirian (alone to sell). Para ahli ekonomi menyebut istilah itu dengan nama monopoli, yaitu terjadi bila output suatu industri dihasilkan dan dijual oleh perusahaan tunggal (a single firm). Perusahaan yang menjual output tersebut disebut sebagai monopolis, atau perusahaan monopolis (monopoly firm).
Menurut M.N. Siddiqi (1992), monopoli adalah " as a firm producing as product whose cross-elasticity of demand is small". Sementara Qardhawi (1995) mengartikan monopoli adalah menahan barang untuk tidak beredar dipasar supaya naik harganya.Dari definisi ini terlihat bahwa tindakan monopoli di lakukan atas dorongan untuk mendapatkan laba maksimal. Orang yang melakukan monopoli, ia akan menetapkan harga sedemikian rupa sehingga dapat dilakukan penjualandengan kuantitas kecil namun dapat memperoleh laba bersih yang lebih besar.
Pembahasan masalah monopoli muncul sebagai akibat dari masalah pemberian harga karena persaingan tidak sempurna. Monopoli dapat terjadi pada beberapa aspek, diantaranya adalah:
Monopoli usaha, yaitu monopoli yang dilakukan perusahaan karena menguasai produksi dan penjualan suatu produk atau jasa secara sendiri/ tanpa saingan di suatu pasar;
Monopoli perusahaan, yaitu monopoli yang dilakukan oleh satu kelompok usaha yang terdiri atas beberapa perusahaan yang menghasilkan produk relatif sama;
Monopoli pangsa pasar, yaitu monopoli yang dilakukan oleh perusahaan yang telah menguasai pangsa pasar diatas 50% dan perusahaan tersebut menjadi pemimpin harga untuk produk yang sama dihasilkan dan dijual di pasaran,
Monopoli dilakukan oleh suatu perusahaan, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
Perusahaan memiliki sumber daya eksklusif (lain dari yang lain).
Adanya skala ekonomi/monopoli alamiah.
Kebijakan pemerintah/ hak eklusif.
Amanat UUD suatu negara.
Sebagaimana disampaikan sebelumnya, bahwa monopoli dilakukan didorong oleh motif memperoleh keuntungan maksimum. Pada dasarnya keuntungan maksimum bagi perusahaan  monopoli secara matematis akan tercapai bila Marginal Cost (MC) = Marginal Revenue (MR), dimana Total Revenue (TR) lebih besar dibanding Total Cost (TC). Namun, bisa saja MR tdak sama dengan MC. Jika hal ini terjadi, maka syaratnya MR -- MC haruslah bernilai minimum positif.
Secara sunatullah setiap perusahaan termasuk perusahaan monopoli akan berlaku hukum pertambahan hasil yang berkurang (the law of diminishing return), artinya dalam jumlah produksi tertentu perusahaan masih mengalami keuntungan, akan tetapi manakal produksi telah mencapai titik maksimal maka hasil yang diperoleh justru akan menurun. Oleh karena itu, harga barang dipasar atau diperusahaan monopoli dapat dipastikan selalu lebih tinggi. Sekali lagi, karena ia muncul sebagai akibat motif memaksimalkan profit. Jika demikian adanya, kemudian bagaimana pandangan islam mengenai masalah monopoli ini?
Pada dasarnya, islam menghendaki harga pasar timbul sebagai akibat persaingan sempurna (harga keseimbangan). Namun, jika dalam suatu kasus terjadi maka boleh jadi berlaku pasar monopoli. Meskipun, Qardhawi (1997) menegaskan bahwa tindakan monopoli adalah haram jika dilihat dalam pandangan islam. Sebab monopoli merupakan salah satu dari dua unsur penopang kapitalisme.Unsur penopang kapitalisme yang lainnya adalah riba.Sebab utama tindakan monopoli adalah egoisme dan kesesatan hati terhadap hamba Allah swt.
Lebih khusus, Mannan (1997) menguraikan masalah monopoli dilihat dari aspek harga monopoli, sebagai akibat dari perilaku pasar yang tidak sempurna. Menurut Mannan, meskipun ada kompetisi potensial kemungkinan konsumsi dari barang pengganti dan resiko dari campur tangan negara, namun menurut pendapat umum harga monopoli lebih tinggi dari harga kompetisi. Sementara itu, hasil yang diperoleh seorang yang melakukan monopoli lebih rendah daripada yang dibuat pada kondisi bersaing.Oleh karema itu pada umumnya, produksi monopoli lebih rendah daripada produksi kompetitif dan harga monopoli lebih tinggi daripada harga kompetitif.
Jadi, bilamana produksi monopoli yang lebih rendah dikaitkan dengan ide kurangnya kegunaan dari sumber-sumber dan konsekuensi timbulnya pengangguran dalam masyarakat, maka harga-harga lebih tinggi yang harus dibayar karena orang melakukan monopoli dengan nyata dengan mengurangi pendapatan karyawan dan masyarakat miskin pada umumnya.Kedua situasi ini tidak sesuai dengan semangat Al-Qur'an dan Sunnah. Oleh karena itu, negara islam mempunyai hak untuk mengontrol, mengatur harga dan keuntungan monopoli.
Harga barang dalam suatu pasar memang dapat naik atau turun. Dalam wacana ekonomi islam, perubahan naik turunnya harga barang di pasar sangat dipengaruhi oleh genuin supply dan demand. Lebih khusus, Mannan mengalisis empat faktor penyebab naiknya harga, yaitu: (1) bertambahnya persediaan uang; (2) berkurangnya produktivitas; (3) bertambahnya kemajuan aktivitas; dan (4) berbagai pertimbangan fiskal dan moneter.
Dalam sistem monopoli, hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan harga pasar tidak bisa bertahan, misalnya semua perusahaan berorientasi pada pemaksimalan keuntungan. Para monopolis menggunakan prinsip biaya marginal daripada prinsip pendapatan marginal, tetapi tidak seperti perusahaan yang ada pada sistem persaingan pasar sempurna, yang mana pendapatan marginal tidak sama dengan harga. Oleh karena itu, para monopolis tidak menggunakan biaya marginal dalam menetukan harga. Dalam kondisi seperti ini memungkinkan terjadinya keadaan permintaan yang berbeda untuk menambah jumlah produk, tetapi akan terjadi harga yang berbeda. Pada sistem yang teratur, kita mengetahui jumlah barang yang diproduksi pada tingkat harga yang telah ditentukan.Dalam hal ini, perlu diketahui kurva permintaan sebagaimana mengetahui kurva biaya marginal.
Suatu industri dikatakan berstruktur monopoli (monopoly) bila hanya ada satu produsen atau penjual (single firm) tanpa persaingan, langsung atau tidak langsung, baik nyata maupun potensial. Output yang dihasilkan  tidak  mempunyai  substitusi  (close  substitusion).  Perusahaan tidak memiliki  persaingan  karena adanya  hambatan (barriers to  entry) bagi   perusahaan   lain   untuk   memasuki   industri   yang   bersangkutan (Rajardja dan Manurung, 2006)
Suatu keadaan dimana hanya satu penjual (single reseller) yang menjual barang yang bersifat lain dari pada yang lain (unique product) dipasar ada rintangan bagi penjual untuk memasuki pasar
Struktur   pasar   yang   bertentangan   dengan   pasar   persaingan sempurna adalah pasar monopoli, karena suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat (close substitute) Sakirno (2013).
Ciri-ciri pasar monopoli sengat berbeda dengan pasar persaingan sempurna, (Sukirno, 2013) menerangkan ciri-cirinya sebagai berikut.
Pasar monopoli adalah industri satu perusahaan. Para pembeli tidak punya pilihan lain, kalau mereka mengiginkan barang tersebut maka mereka   harus   membeli   dari   perusahaan   tersebut,   syarat   syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh monopoli itu.
Tidak  mempunyai  barang  pengganti  (subtitusi)  yang  mirip.  BBM adalah contoh dari barang yang tidak mempunyai subtitusi yang mirip.
Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam indutri/pasar. Ada beberapa bentuk hambatan apabila masukan ke dalam pasar monopoli, hambatan ini dapat berbentuk undang-undang, memerlukan teknologi yang canggih dan memerlukan modal yang sangat besar.
Dapat  menguasai  harga  perusahaan,  monopoli  dipandang  sebagai penentu harga (price setter)
Promosi iklan kurang diperlukan
Faktor-faktor yang menimbulkan monopoli
Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi (economics of side)hingga ketingkat produksi yang sangat lelah.
Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
Dasar Hukum Monopoli
Dengan diundangkannya Undang-Undang Nomer 5 Tahun 1999 maka telah diatur larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.Praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat ini dapat menimbulkan adanya pemusatan kekuatan ekonomi pada pelaku usaha tertentu serta dapat menciptakan iklim usaha yang tidak sehat, efektif dan efisien.Akibatnya pertumbuhan dan bekerjanya ekonomi pasar menjadi tidak wajar dan sehat, serta dapat merugikan masyarakat.
Kriteria Monopoli
Kriteria monopoli sangat berbeda dengan pasar pesaing sempurna. Uraian berikut menerangkan kriteria monopoli:

Pasar Monopoli adalah Industri Satu Perusahaan
Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh perusahaan monopoli itu dan para pembeli tidak dapat berbuat sesuatu apapun di dalam menentukan syarat jual beli.
Tidak Mempunyai Pengganti yang Mirip
Barang yang dihasilkan perusahaan tidak monopoli tidak dapat diganti oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip (close substitude) yang dapat menggantikan barang
Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
Perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter.Dengan mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendakinya.
Promosi Iklan Kurang Diperlukan
Perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam industri yang tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan.
Faktor-Faktor Penyebab Terbentuknya Monopoli
Hambatan Teknis (Technical Barriers to Entry)

Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan  monopilistik  terjadi  apabila  sejumlah  besar penjual memproduksi produk yang indeferensi. Struktrur pasar ini menyerupai persaingan sempurna.ada banyak penjual, akan tetapi tak satu pun dari mereka diantaranya mempunyai pesaing pasar yang besar (Samuelson dan Nordhaus, 2003).
Pasar pesaingan  monopolistik  pada  dasarnya  adalah  pasar  yang berada diantara dua jenis pasar ekstre, yaitu  persaingan  sempurna  dan monopoli. Oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung unsur -- unsur sifat pasar monopoli dan unsur sifat pasar, dimana terdapat banyak produsen yang banyak menghasilkan barang berbeda corak (differentiated product) (Sukirno, 1997:294).adapun ciri-ciri pasar persaingan monopolistis seperti yang dikemukankan Sukirno sebagai berikut:
Terdapat  banyak  penjual :  terdapat  banyak  penjual, namum  tidak sebanyak seperti dalam pasar persaingan sempurna. Perusahaan dalam pasaran monopolistis mempunyai ukuran yang relatif sama besarnya, keadaan ini menyebabkan produksi sesuatu perusahaan adalah sedikit kalau dibandingkan dengan keseluruhan priduksi dalam keseluruhan pasar.
Barangnya  bersifat  berbeda  corak:  ciri  ini  merupakan  sifat  yang penting didalam membedakan diantara pasar persaingan monopolistis dan  persaingan  sempurna.  Produksi  dalam  persaingan  pasar  ini berbeda corak dan secara fisik mudah dibedakan.
Perusahaan   mempunyai   sedikit   kekuasaan   mempengaruhi   harga: namun demikian pengaruhnya relatif kecil bila dibandingkan dengan pasar oligopoli atau monopoli. Kekuatan mempengaruhi harga oleh perusahaaan monopolistis bersumber dari sifat barang yang dihasilkan yang bersifat berbeda corak. Perbedaan ini membuat pembeli bersifat memilih, yaitu lebih menyukai barang sesuatu perusahaan dan kurang menyukai  barang  yang  dihasilakan  perusahaan  lainnya.  Maka  jika suatu perusahaan menaikan harga barangnya, ia masih dapat menarik pembeli walaupun jumlah pembelinya tidak sebanyak seperti sebelum menaikan harga. Sebaliknya apabila perusahaan menurunkan harga, tidaklah mudah menjual semua barang yang diproduksi.
Masuk ke dalam industri/pasar relatif mudah: masuk ke dalam pasar persaingan monopolistik tidak seberat masuk ke pasar monopoli dan oligopoli tetapi tidak semuda masuk pasar persaingan sempurna. Hal ini disebabkan:
modal yang diperlukan relatif besar dibandingkan dengan perusahaan pada pasar persaingan sempurna.
harus menghasilkan produk yang berbeda dengan produk yang sudah ada di pasar.
Persaingan promosi penjualan sangat aktif: harga bukan penentu besarnya pasar, suatu perusahaan mungkin menjual suatu produknya dengan harga dengan harga  cukup tinggi tetapi masih dapat menarik banyak pelanggan. Sebaliknya, suatu perusahaan mungkin menjual produknya dengan harga cukup murah tetapi tidak dapat menarik pelanggan.  Oleh  karena  itu  untuk  menarik  pelanggan,  perusahaan haruk aktif melakukan promosi memperbaiki pelayanan, mengembangkan desain produk dan mutu produk.
Ciri ciri pasar monopolistik
Terdapat banyak penjual dan produsen
Pasar ini memang memilikibanyal produsen,tapi pasar ini tidak memiliki produsen sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satupun produsen yang memiliki skala produsen yang lebih besar dari pada produsen lainnya.
Adanya diferensiasi produk
Pasar ini menjual produk yang cenderung sama,tapi memiliki banyak perbedaan khususnya dengan produk lain,misalnya dari cara pengemasan,bentuk dan sebagainya.
Produsen dapat mempengaruhi harga
Dipasar ini dimana terbentuk berdasarkan dari mekanisme pasar,oleh sebab itu pasar monopolistik dapat mempengaruhi harga meskipun tidak sebesar oligopoli maupun pasar monopoli
Produsen dapat keluar masuk pasar
Dalam hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis,ketika produsen hanya sedikit dipasar maka laba ekonomisnya akan tinggi.Saat produsen semakin banyak, otomatis laba ekonomisnya akan semakin kecil, maka pasar akan semakin menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar .
Promosi penjualan harus aktif
Dipasar ini harga bukanlah merupakan pendongkrak jumlah pembeli atau konsumen, melainkan kemampuan produsen atau perusahaan untuk menciptakan cinta yang baik dimata para konsumen sehingga dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk, jadi iklan atau promosi memiliki peran yang sangat penting dalam meraih dan mempertahankan banyak konsumen.

Persaingan bukan harga
Persaingan bukan harga pada hakikatnya mengandung arti usaha diluar perubahan harga yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik lebih banyak pembeli keatas barang yang diproduksinya.melakukan persaingan bukan harga bertujuan untuk memindahkan kurva permintaan kekanan.perpindahan itu berarti setiap tingkat pendapatan dan kesemptan kerja,jumlah barang yang diminta menjadi bertambah banyak.Banyak persaingan bukan harga dapat dibedakan kepada dua jenis:
Diferensiasi produksi,yaitu menciptakan barang sejenis tetapi berbeda coraknya dengan produksi perusahaan-perusahaan lain.
Kepada setiap perusahaan,barang yang berbeda-beda sifatnya tersebut akan menjadi daya penarik khusus keatas barang yang diproduksinya.Segolongan konsumen tertentu akan lebih suka membeli barangnya walaupun harganya mahal kalau dibandingkan dengan barang yang sejenis yang dihasilkan oleh produsen-produsen lain.Dengan menghasilkan barang tertentu yang berbeda dari barang lainnya,perusahaan menciptakan suatu penghambat kepada perusahaan lain untuk menarik para pelanggan.
Kepda para konsumen, barang yang sejenis tapi berbeda corak tersebut menimbulkan suatu keuntungan pula, yaitu pilihan mereka untuk membeli suatu barang menjadi lebih beranekaragam.Ini memungkinkan mereka memilih barang yang benar-benar sesuai dengan keinginan.  

Iklan dan berbagai betuk promosi penjualan.
Perusahaan-perusahaan melakukan kegitatan pengiklanan untuk mencapai salah satu atau gabungan dari tiga tujuan yang dinyatakan dibawah ini:
Untuk memberikan informasi mengenai produk
Iklan dilakukan untuk memberi penerangan kepada konsumen tentang suatu produk.
Untuk menekankan kualitas suatu produk seacara perspektif iklan seperti ini dilakukan untuk menerangkan kepada konsumen akan kualitas yang sangat baik dari sebuah produk.Beberapa bentuk iklan bertujuan untuk terus menerus mengingatkan para konsumen bahwa barang tersebut ada dipasar.
untuk memelihara hubungan baik dengan para konsumen,iklan tersebut lebih berbentuk memperkenalkan perusahaan tersebut mengenai kegiatan yang dilakukan.iklan mengnai hasil-hasil produksinya tidak begitu ditekankan. iklan juga dilakukan untuk menghindari larangan pengiklanan yang dilakukan pemerintah.
Kebaikan dan keburukan
Golongan yang menenkankan tentang kebaikan iklan mengemukakan kebaikan-kebaikan berikut:
Pengiklanan membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih baik didalam jenis-jenis barang yang akan dibelinya. dengan iklan perusahaan-perusahaan dapat menjelaskan kepada konsumen tentang barang baru yang diproduksikan,atau barang lama yang telah ditingkan mutunya.Disamping itu iklan dapat menerangkan kepada konsumen tempat-tempat dimana suatu barang dapat dibeli.Ini mengurangi biaya dan menghemat waktu konsumenuntuk mencari barang tersebut.
Iklan akan menggalakan kegiatan memperbaiki mutu suatu barang.Dalam mempromosikan barang melalui iklan perusahaan berusaha menonjolkan sifat-sifat istimewa dari barang yang diproduksinya.Maka iklan memberi dorongan kepada perusahaan untuk mengembangkan hasil produksinya sehingga mempunyai keistimewaan-keistimewaan tertentu kalau dibandingkan dengan barang yang sama yang diproduksikan.
Iklan membantu membiayai perusahaan komunikasi masa seperti radio,televisi,majalah dan surat kabar.Dengan membiata iklan dalam perusahaan-perusahaan ini sebagian biaya mereka akan dibayar oleh kegiatan pengiklanan.ini dapat mengurangi subsidi pemerintah untuk membiayai kegiatan penyiaran radio dan televisi,dan menurunkan harga surat kabar dan majalah, yaitu harganya adalah lebih rendah dari yang akan ditetapkan apabila tidak terdapat iklan.
Iklan menaikkan kesempatan kerja. Telah ditunjukkan sebelum ini bahwa iklan akan menaikkan produksi.Untuk menambah produksi,lebih banyak pekerja diperlukan.
Pandangan yang mengkritik pengiklanan
Promosi secara iklan adalah suatu penghamburan.Menaikkan biaya produksi per unit tanpa menimbulkan perubahan apapun keatas sesuatu barang.pengiklanan akan menambah penjualan suatu perusahaan,pada waktu yang sama penjuala [perusahaan lain berkuarang,kalau ditinjau iklan tidak menambah barang yang diproduksikandan dijual kepada konsumen.
Iklan tidak selalu memberi informasi yang betul.Tidak selalu iklan dibuat dengan jujur, dan menerangkan sifat-sifat sebenarnya dari barang yang diiklankan.Apabila barang iklan yang dilakukan lebih buruk dari barang yang tidak dikosumsi lagi oleh konsumen yang bersangkuatan,iklan merugikan konsumen tersebut.
Iklan bukanlah suatu cara yang efektif untuk menambah jumlah pekerjaan dalam masuk ke dalam perekonomian.Terdapat cara lain yang akan dapat menambah jumlah pekerjaan dengan lebih efektif
Iklan dapat menjadi penghambat kepada perusahaan-perusahaan baru untuk masuk kedalam industri.Apabila kamapanye iklan sangat  berhasil dan produksi mengalami pertambahan yang sangat besar,perusahaan lain akan mengalami kekurangan permintaan dan efisiensi kegiatannya menurun.Menghadapi kenyataan seperti itu perusahaan-perusahaan baru menjadi  lebih enggan untuk masuk kedalam industri.  
Pasar Oligopoli
Suatu pasar yang dimana terdapat beberapa penjual dalam pasar satu produk tertentu kadang --kadang ada yang membedakan untuk pasar yang dimana hanya terdapat dua penjual saja, pasar seperti itu disebut dengan pasar duopoli. Sementara itu,pasar yang terdiri lebih dari dua penjual disebut dengan pasar oligopoli.
Pasar oligopoli yaitu suatu pasar yang dimana satu jenis produk dikuasai oleh beberapa perusahaan. Biasanya jumlah perusahaan lebih dari dua, akan tetapi kurang dari sepuluh. Pasara oligopoli ini dasarnya dibagi menjadi dua bentuk diantaranya pasar oligopoli dengan diferensiasi produk yaitu produk suatu produk dibedakan dengna perusahaan lainnya.Dan bentuk yang lainnya yaitu pasar olgopoli tanpa ada diferensiasi produk.
Istilah oligopoli berarti "beberapa penjual dalam konteks ini, beberapa dapat berarti 2 atau paling banyak 10 atau 15 perusahaan. Ciri- ciri penting dari oligopoli adalah bahwa perusahaan individual dapat mempengaruhi harga pasar (Samuelson dan Nordhaus, 2003)
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa perusahaan atau penjual yang menjual produk homogen (sejenis).Pasar oligopoli yang terjadi atas dua perusahaan atau dua penjual saja disebut duopoli (Sukirno, 2013).
Menurut (Raharja, Manurung, 2006) struktur pasar atau industri oligopoli (oligopoly) adalah pasar (industri) yang terdiri dari hanya sedikit perusahaan (produsen) ciri pasar monopoli:
Hanya sedikit perusahaan dalam industri (few number of firms)
Produknya homogen  atau terdiferensiasi    (homogen    or differentiated product)
Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi (interdependence decisions)
Kompetisi non harga (non pricing competition)

Ciri -- ciri pasar oligopoli
Adanya beberapa produsen yang menguasai pasar
Produk yang diperjual belikan dapat homogen dan dapat juga berbeda corak
Setiap produsen atau pengusaha cenderung untuk memperlukan harga pasar yang umum (kompetisi non harga). Adanya kepemimpinan harga (price leader) oleh perusahaan atau produsen terbatas.
Bentuk bentuk Hambatan memasuki oligopoli
Terdapat jumlah perusahaan yang terbatas didalam pasar merupakan suatu bukti nyata bahwa perusahaan baru adalah sangat sukar untuk masuk ke pasar oligopoli.Faktor-faktor penting yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar oligopoli adalah:
Skala Ekonomi
Skala ekonomi yang dinikmati oleh perusahaan yang terdapat dalam pasar oligopoli dapat menjadi penghambat yang sangat penting kepada perusahaan baru untuk masuk kedalam industri itu.Apabila suatu perusahaan oligopoli dapat menikmati skala ekonomi sehingga ketingkat produksi yang sangat besar,ini berarti banyak produksinya semakin rendah biaya produksi per unit.Sekiranya permintaan dalam pasar bertambah,perusahaan yang sudah ada dalam industri akan mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk memenuhi permintaan tersebut,semakin efisien kegiatan memproduksinya.Ini  akan menyukarkan kemasukan perusahaan baru,karena pada mulanya luas pasaran barangnya hanyalah sebagian kecil dari pada perusahaan yang telah ada,dan oleh karena itu biaya produksi per unit  adalah lebih tinggi dari pada dalam perusahaan yang lama.
Perbedaan biaya produksi
Yang dijelaskan diatas adalah biaya produksi per unit yang berbeda sebagai akibat dari tingkat produksi yang berbeda.Faktor yang menimbulkan kecenderungan perbedaan biaya produksi yaitu:
perusahaan lama dapat menurunkan biaya produksi sebagai akibat pengetahuan yang mendalam mengenai kegiatan memproduksi yang dikumpulkan dari pengalaman masa lalu.
para pekerjanya sudah lebih berpengalaman didalam mengerjakan pekerjaan mereka, dan ini menaikkan produktivitas pekerja, yang selanjutnya memungkinkan penurunan biaya produksi.
perusahaan lama sudah lebih dikenal oleh bank,dan para penyedia bahan mentah dan oleh karenanya dapat memperoleh kredit yang lebih baik dan harga bahan mentah yang lebih murah.
Keistimewaan hasil produski
Keistimewaan yang dimiliki oleh barang yang diproduksikan oleh perusahaan lama merupakan sumber lain yang dapat menghambat kemasukan perusahaan baru.Keistimewaan ini dapat dibedakan dalam beberapa bentuk:
pertama,karena baranf tersebut sudah sangat  terkenal dan masyarakat sudah menaruh kepercayaan dan penghargaan yang tinggi keatas barang tersebut.Tanpa dapt menawarkan barang lain yang jauh lebih baik dari barang yang dikenal dimasyarakat,perusahaan baru akan mengalami kesukaran untuk bersaing dengan baik dipasaran.
kedua, apabila barang tersebut sangat rumit yaitu terdiri  dari komponen-komponen yang banyak sekali sehingga sukar membuat dan memperbaikinya.Barang seperti itu antara lain adalah mobil,televisi,peti es,dan sebagainya.Sifat barang yang rumit tersebut menyebabkan tidak semua pengusaha yang mempunyai modal dapat masuk kedalam perusahaan tersebut.Pengusaha tersebut harus juga mengetahui cara-cara  membuat barang iru yang mutunya tidak kalah dengan barang-barang yang sudah ada dipasar.  

Penilaian keatas pasar oligopli
Didalam menilai kebaikan pasar oligopoli tiga aspek dari kegiatan perusahaan-perusahaan dalam pasar oligopoliakan diperhatikan,yaitu:
Efesiensi dalam menggunakan sumber-sumber daya
Apabila industri tersebut terdiri dari bnayak perusahaan,setiap perusahaan hanya memproduksi pada tingkat produksi yang sangat rendah dan tidak dapat menikmati skala ekonomi yang mungkin diperoleh.Dengan demikian biaya produksi per unit  adalah lebih tinggi dari apabila skala ekonomi trsebut dapat dinikmati.
Kegiatan mereka dalam mengembangkan teknologi dan inovasi
Terdapat alasan untuk berkeyakinan bahwa pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk mengembangkan teknologi dan melkukan inovasi.Dua alasan penting dapat digunakan untuk meyokong pandangan ini yaitu:
adanya untung yang lebih banyak dari normalnya menekankan kepada persaingan harga akan menimbulkan efek yang kurang menguntungkan
kedudukan perusahaan akan mendapat untung lebih normal.Keuntungan seperti ini dapat diperoleh karena kemasukan perusahaan baru sangat sukar berlaku.Maka keuntungan demikian dalam perusahaan oligopoli terdapat dana yang cukup untuk membiayai penyelidikan yang diperlukan untuk mengembangkan teknologi dan melkukan inovasi.
Tingkat keuntungan yang mereka peroleh
Kepada konsumen,kemungkinan mengurangi persaingan dan memperoleh untung yang lebih normal menimbulkan dua akibat yang kurang menguntungkan. Yang pertama,harga barang menjadi lebih tinggi dari pada apabila persaingan lebih luas.Kedua,jumlah barang yang dapat dinikmati masyarakat adalah kurang dari pada yang dapat diperoleh dalam pasar persaingan sempurna.Keburukan ini telah mendorong pemerintah melakukan pengawasan keatas kegiatan perusahaan-perusahaan dalam oligopoli.
2.7 Fungsi Pasar
Menurut Soeratno (2003: 12) pasar berperan sangat penting dalam suatu sistem ekonomi. Terdapat 5 fungsi utama pasar dan setiap fungsi mengandung pertanyaan  yang  harus  dijawab  oleh  sistem  ekonomi.  Fungsi  pasar  tersebut adalah:
Pasar  menentukan  harga  barang.  
Pada  sistem  ekonomi  pasar,  harga merupakan ukuran nilai barang. Jika suatu barang permintaannya meningkat, berarti masyarakat membutuhkan lebih banyak.Alam jangka yang relative singkat perusahaan tidak bisa menambah jumlah barang yang ditawarkan   secara   seketika.Akibatnya   harga   barang   tersebut   naik. Kenaikan harga suatu barang akan mendorong produsen memproduksi barang tersebut (jawaban masalah what).
Pasar  dapat  mengorganisasi  produksi.  Harga  barang  di  pasar  menjadi acuan perusahaan dalam menentukan metode produksi yang paling efisien (jawaban masalah how).
 Pasar mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.
Pasar  melakukan  penjatahan.  Konsumsi  saat  ini  dibatasi  oleh  jumlah barang dan jasa yang dapat dihasilkan saat ini.
Pasar  menyediakan  barang  dan  jasa  untuk  masa  yang  akan  datang. Tabungan  dan  investasi  yang  terjadi  di  pasar  merupakan  usaha  untuk memelihara sistem dan memberikan kemajuan aktivitas ekonomi.

Tabel 2.1 Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar monopolistik

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Jenis dan Sumber Data
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantititatif yaitu dengan menggunakanperhitungan pangsa pasar dan konsentrasi pasar dan  metode analisis deskriptifkualitatif dengan memberikan gambaran dari hasil penelitian.Tujuan utama daririset ini adalah untuk mendapatkan bukti hubungan yang bersifat sebab akibat,sehingga dapat diketahui mana yang menjadi variabel yang memengaruhi danmana variabel yang dipengaruhi. Maka desain penelitian ini bertujuan untukmengenalisis struktur pasar terhadap kinerja usaha. Data yang digunakan dataprimer dan sekunder, dengan sumber yang diperoleh dari lapangan dan sumberyang terkait. Data primer didapat dengan wawancara sebagai alatpengumpul data yang didapatkan dari pasar di daerah Mangli, swalayan, pom, pasar baju bekas Mangli. Beserta data dari situs internet dan sumber lainnya yang terkait dalam penelitianini.
Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian adalah tempat dimana peneliti melakukan penelitian, terutama sekali dalam menangkap fenomena atau penelitian yang sebenarnya terjadi dari objek yang diteliti dalam rangka mendapatkan data-data penelitian yang akurat. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja. Dalam penentuan lokasi penelitian (Moloeng dalam Perdamen, 2012) menyatakan cara yang terbaik ditempuh dengan jalan mempertimbangkan langkah teori subtantif dan menjejaki lapangan untuk mencari kesesuaian dengan kenyataan yang ada di lapangan, semacam keterlibatan geografis dan praktis seperti waktu, biaya dan tenaga perlu juga dijadikan bahan pertimbangan dalam penentuan lokasi penelitian. Populasiyang menjadi fokus pada penelitian ini penelitian ini dilakukan di empat tempat yang berbeda didaerah Mangli, Jember.

Teknik Pengumpulan Data
Adapun  pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode survei, yaitu:
Wawancara
Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatapmuka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun penelititerhadap narasumber atau sumber data. Dalam penelitian ini responden adalah pekerja di Pom, swalayan, pasar Mangli.
Hasil wawancara:
 (pasar Mangli)
Khafid: Apa pengertian pasar beserta strukturnya menurut ibu ?
Ibu romlah: menurut saya pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang melakukan transaksi untuk mendapatkan barang yang diinginkan .
Khafid : Apa saja jenis-jenis pasar,berserta kebaikan dan keburukannya                                   di                             di pasar mangli ini ?          
Ibu romlah : menurut saya jenis pasar itu ada dua yaitu pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna.kebaikan pasar dimangli yaitu orang bisa memilih atau membeli barang yang mereka butuhkan dan kami juga sudah menyediakan barnag yang mereka butuhkan dan mereka bisa menawar apabila harga terlalu tinggi dan kami pun bisa memberi korting,korting yang biasa saya berikan kepada pelanggan itu hanya Rp 1000 saja.keburukan pada pasar ini adalah terkadang ada penjual mempermainkan harga sehingga konsumen sulit membedakan mana harga pasar asli dengan harga pada umumnya.
Deskriptif Pasar Mangli : pasar mangli adalah pasar yang terletak di perempatan jalan raya lampu merah mangli dan tempatnya sangat strategis dari penduduk sekitar,dan juga pasar mangli setiap hari selaliu dipeniuhi produsen dan konsumen untuk melakukan jual beli pada umunya.
(Indomaret Mangli)
Sulis : Apa pengertian pasar beserta strukturnya menurut mas Arif ?
Mas Arif : menurut saya pasar adalah pasar yang terdapat banyak penjual .struktur yang ada pada pasar tersebut adalah adanya banyak penjual,barangnya berbeda corak  
Sulis : Apa saja jenis-jenis pasar,berserta kebaikan dan keburukannya di indomaret ini ?
Mas arif : .menurut saya ada dua jenis pasar yaitu pasar monopil dan pasar monopolistik. Kebaikan yang ada pada indomart ini adalah ketika ada suatu produk kurang laku atau kurang menarik sehingga pelanggan kurang minat untuk membeli  produk tersebut maka yang kami lakukan adalah memberi diskon untuk produk tersebut sehingga pelanggan tertarik untuk membeli produk tersebut dengan  harga yang lebih murah.sedangkan keburukan atau kritikan yang da pada indomart disini adalah ketika mempromokan barang atau sebuah produk kepada konsumen atau pelanggan kami tidak memberikan info atau mempromosikan dengan gambar atau data yang asli alias kami memanipulasi foto kita edit supaya kemasan atau produk tersebut terlihat baik dan menarik .
Deskriptif Indomaret Mangli :indomart mangli adalah indomart yang terletak pada jalan raya mangli tepatnya dipertigaan mangli sebelum lampu merah mangli tepat depannya lapangan sepak bola mangli tempatnya yang sangat strategis dan dapat atau mudah dijangkau dari masayrakat ataupun  mahasiswa iain.

 (Pertamina Mangli)
Nisa : Apa pengertian pasar beserta strukturnya yang bapak ketahui?
Bapak andi : menurut saya pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli .begitupun pertamina ini adalah masuk golongan pasar monopoli ,dipertamina juga tempatnya seorang penjual dan pembeli bertemu.
Nisa : Apa saja jenis-jenis pasar,berserta kebaikan dan keburukannya di pertamina menurut bapak ?
Bapak andi : kebaikan pertamina disini adalah naiknya turunnya harga pada pertamina itu tergatung pada pemerintah lebih tepatnya harga disini ditentukan oleh pemerintah,dari pertamina sendiri tidak memiliki konsep sendiri untuk menaik turunkan harga,dan pelayanan yang kami berikan kepada pelanggan kami berikan sebaik mungkin agar pelanggan tidak kecewa atau merasa kurang puas dari pelayanan kami,ketika terdi naik turunnya hrga kami langsung menginfokan kepada masyarakat agar masyarakat tau bahwa harga bbm saat ini sedang mengalami kenaikan harga.keburukan yang terjadi pada pertamina kami terkadang adanya ketelatan pengisian bbm pusat yang diebrikan kepada kami sehingga konsumen menunggu atau komplain kepada kami kenapa bbm tidak cepat dibuka padahal bbm sangat dibutuhkan oleh masyarakat
Deskriptif Pertamina Mangli : pertamina mangli adalah sebuah pertamina yang terletak dijalan raya mangli tepatnya sebelah utara gladak mangli kiri jalan pas depannya pasar babebo mangli temptnya yang sangat terjangkau dan bagi masayarakat untuk membeli bbm

(Pasar Babebo mangli)
Avin: Apa pengertian pasar beserta strukturnya menurut ibu ?
Bu lia : menurut saya pasar adalah tempat bertemunya seorang penjual dan  pembeli melakukan sebuah transaksi.
Avin: Apa saja jenis-jenis pasar,berserta kebaikan dan keburukannya di babebo menurut ibu ?
Bu lia :   menurut saya kebaikan pasar babebo disini  karena tidak ada campur tangan pemerintah disini dan biasanya harga bersaing lebih murah di pasar ini.keburukan pada pasaer ini terkadang kurangnya pelayanan penjual pada pelanggan sehingga pelanggan kurang puas dan memilih untuk pindah kepasar atau toko yang lain.
Deskriptif Pasar Babebo :pasar babebo adalah pasar yang terletak pada jalan raya mangli tepatnya utaranya gladak mangli terdapat disebelaha kanan jalan mangli tepat didepan pertamina mangli.

BAB IV
ANALISIS

Struktur Pasar dan penetapan harga.
pada pasar Mangli: Jika melihat dari ciri-ciri pasar yang ada di pasar Mangli, dimana tidak ada kesulitan berarti dalam memasuki pasar, banyaknya penjual dan pembeli, jenis barang yang dijual yaitu diferensiasi produk, tidak ada kerjasama antar pelaku usahanya kemudian beberapa usaha ada yang menggunakan iklan ada yang tidak, dari ciri-ciri tersebut maka dapat dikatakan struktur pasar yang ada di Mangli lebih mengarah ke pasar persaingan sempurna. Seperti yang kita ketahui bahwa ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah tidak ada hambatan masuk bagi perusahaaan yang ingin memasuki pasar, diferensiasi produk, banyak penjual dan pembeli, dan tidak ada kerjasama antar para penjual, maka hal ini sesuai dengan ciri-ciri pasar yang ada di pasar persaingan sempurna. Walaupun memang beberapa penjual ada yang menetapkan lapaknya itu turun- temurun akan tetapi itu bukan merupakan hambatan yang berarti bagi para pelaku usaha di pasar mangli.
Untuk penetapan harga di pasar ini hanya mengikuti harga yang ditetapkan pemerintah, harga dari distributor, harga karena pengiriman yang tersendat dan hari-hari besar tertentu.
Pada indomaret: Jika melihat dari ciri-ciri pasar yang ada di indomaret, dimana banyaknya jenis barang yang dijual yaitu diferensiasi produk, tidak ada kerjasama antar pelaku usahanya kemudian beberapa usaha ada yang menggunakan iklan ada yang tidak, dari ciri-ciri tersebut maka dapat dikatakan struktur yang ada di indomaret lebih mengarah ke pasar monopolistik. Seperti yang kita ketahui bahwa ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah diferensiasi produk dengansedikit pesaing dan tidak ada kerjasama antar para penjual, maka hal ini sesuai dengan ciri-ciri pasar yang ada di pasar monopolistik.
Untuk penetapan harga pada pasar monopolistik ditentukan oleh produsen namun tidak sebesar pada pasar monopoli, karena terdiri dari beberapa pesaing.Untuk pasar ini harga juga bisa dipengaruhi dari pelayanan dan suasana serta fasilitas yang nyaman.
Pada pasar babebo: Jika melihat dari ciri-ciri pasar yang ada di pasar babebo, dimana hanya ada segelintir lapak (lebih dari 2 dan kurang dari l0), jenis barang yang dijual yaitu satu produk, ada kerjasama antar pelaku usahanya. Dari ciri-ciri tersebut maka dapat dikatakan struktur pasar yang ada di pasar babebo lebih mengarah ke pasar oligopoli. Seperti yang kita ketahui bahwa ciri-ciri pasar oligopoli adalah tempat penjualan produk dengan penjual yang sedikit dengan adanya satu yang memimpin.
Untuk penetapan harga pada pasar ini tidak ada kesepakatan yang jelas karena persaingan diantar perusahaan maka harganya bisa ditentukan dengan harga yang termurah agar bisa bersaing dan laku di pasaran.
Pada POM : Jika melihat dari ciri-ciri pasar yang ada di POM Mangli, dimana hanya satu jenis barang yang di jual dan tidak adanya barang subtitusi, dari ciri-ciri tersebut maka dapat dikatakan struktur pasar yang ada di POM Mangli lebih mengarah ke pasar monopoli. Seperti yang kita ketahui bahwa ciri-ciri pasar ini adalah tidak ada barang pengganti dengan satu jenis produk.
Untuk penetapan harga pada pasar ini ada dua, yaitu :
Bahan bakar bersubsidi seperti premium dan solar harganya di tentukan oleh pemerintah.
Bahan bakar non subsidi seperti pertamax, pertalite, dll ditentukan dari jarak tempuh dari distributor ke setiap POM.

BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Pengertian pasar menurut para ahli seperti menurut William J . Stanton pada tahun 1993 yang mengatakan bahwa pasar adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja , dan kemauan untuk membelanjakan.
Pasar persaingan sempurna adalah dunia para price-taker sebuah perusahaan yang bersaing sempurna menjual produk yang sifatnya homogen (produk yang identik dengan produk yang dijual oleh perusahaan perusahaan lain dalam industri. Produk itu sedemikian kecil dibandingkan pasarnya sehingga tidak dapat mempengaruhi harga pasar; produk itu hanya mengikuti harga yang berlaku (Samuelson, 2003).
Istilah monopoli berasal dari bahasa Yunani (Greek word monospolein), yang berarti menjual output dipasar sendirian (alone to sell). Para ahli ekonomi menyebut istilah itu dengan nama monopoli, yaitu terjadi bila output suatu industri dihasilkan dan dijual oleh perusahaan tunggal (a single firm). Perusahaan yang menjual output tersebut disebut sebagai monopolis, atau perusahaan monopolis (monopoly firm).
Menurut M.N. Siddiqi (1992), monopoli adalah " as a firm producing as product whose cross-elasticity of demand is small".
Qardhawi (1995) mengartikan monopoli adalah menahan barang untuk tidak beredar dipasar supaya naik harganya.
Pasar persaingan  monopilistik  terjadi  apabila  sejumlah  besar penjual memproduksi produk yang indeferensi. Struktrur pasar ini menyerupai persaingan sempurna.ada banyak penjual, akan tetapi tak satu pun dari mereka diantaranya mempunyai pesaing pasar yang besar (Samuelson dan Nordhaus, 2003).

DAFTAR PUSTAKA
Muhammad. 2004.  Ekonomi Mikro Dalam Perspektif Islam. BPFE: Yogyakarta.
Rianto, Nur Al Arif. 2010. Teori Mikro Ekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Kencana: Jakarta.
Sukirno, Sadono.2008. "Pengantar Teori Ekonomi Mikro". Edisi Ketiga. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Case, Karl E. danC,Fair, Edisi Bahasa Indonesia. 2007. "Prinsip-Prinsip Ekonomi Mikro". Erlangga: Jakarta.
Karim, Adiwarman A. 2007. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.  
Arifin, Imamul. 2007. Membuka Cakrawala Ekonomi. PT Setia Purna: Bandung.
Nuraini, Ida. 2016. Pengantar Ekonomi Mikro. UMMPress: Malang.
Sugiarto dkk. 2000. Ekonomi Mikro. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Hoetoro, Arif. 2018. Ekonomi Mikro Islam. UBPress: Malang.
Prasetyo, Eko. 2007. Hubungan Struktur Pasar dan Perilaku serta Hubungannya Terhadap Kinerja Pasar.Jurnal. Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Liana.2018.Praktik Monopoli Oleh Pengusaha Hasil Bumi Dalam Perspektif Hukum Islam.Jurnal. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.
Margono, Suyud. 2009. Hukum Anti Monopoli. Sinar Grafika: Jakarta.
Elsi Kartika dan Advendi Simangunsong. 2008. Hukum Dalam Ekonomi. Gramedia Widiasarana: Jakarta
Prathama Rahardja dan Mandala Manurung. 2015. Pengantar Ilmu Ekonomi. Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi UI: Jakarta.
Munir Fuady. 2002. Pengantar Hukum Bisnis: Menata  Bisnis Modren di Era Global PT Citra Aditia Bakti Pers : Jakarta.
Adiwarman, Karim. 2018. Ekonomi Makro Islami. PT Raja Grafindo Persada: Depok.
Kunawangsih, Tri Pracoyo dan Antyo Pracoyo.2006. Aspek Dasar Ekonomi Mikro. PT Grasindo: Jakarta.
Boediono. 1982. Ekonomi Mikro, Seri Sinopsis. Yogyakarta: BPFE.
Putong, Iskandar. 2000. Pengantar Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Ghalia InIndonesi
Murni, Asfia. 2013. Ekonomika Mikro. Edisi Kedua. Bandung: Pt Refika Aditama.
Sarnowo, Henry & Danang Sunyoto. 2011. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Jakarta: CAPS

Partadiredja, Ace.1985. Pengantar Ekonomika. Yogyakarta : BPBP.
Sudarman, Ari. 1992. Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta : BPFE.
Bilas, RA .1986. Teori Mikro Ekonomi. Terjemahan: G. Hutauruk, MBA.  Erlangga: Jakarta.
Boediono. 1992. Ekonomi Mikro. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta.
Ida, Nurainim. 2005. Pengantar Ekonomi Mikro. Universitas Muhammadiyah Malang press: Malang.
Sudarman, Ari dan Algifari. 1992. Ekonomi Mikro-Makro. BPFE-Yogyakarta: Yogyakarta.
Raharja, Pratama dan Manurung Mandala. 2010. "Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar" Edisi keempat. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia :JaJakart
Suherman. 2000. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Makro & Mikro.Cetakan ke-4, Jakarta: Grafindo Persada.
Sadono. 2001. Pengantar Teori Mikroekonomi. Cetakan ke-15. Jakarta: GrafindoPersada.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun