Mohon tunggu...
Sukodoyo Vijaya
Sukodoyo Vijaya Mohon Tunggu... Dosen - Pembelajar, peneliti, praktisi, dan pemerhati pendidikan.

Seseorang yang senantiasa berusaha belajar, berlatih, dan berbagi, serta hobi bertani buah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lesson Study: Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Pembelajaran di Indonesia

29 November 2024   14:08 Diperbarui: 30 November 2024   06:06 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: 2f796b2e-cb3d-45a6-92b3-1ed7202a9677

Sistem pembelajaran yang lebih inovatif dan kolaboratif semakin dibutuhkan untuk diterapkan di tengah tantangan besar yang dihadapi pendidikan Indonesia. Hal ini disebabkan ketimpangan kualitas antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 pada siswa. Lesson Study merupakan salah satu pendekatan yang telah terbukti berhasil di Jepang dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa.  Melalui penekanan kolaborasi guru dan refleksi berkelanjutan tentang praktik pengajaran. Lesson Study menawarkan solusi yang dapat membantu guru Indonesia terus berkembang dan membuat pengalaman belajar mereka lebih bermakna dan relevan.

Lesson Study: Sebuah Konsep Kolaboratif untuk Peningkatan Kualitas Pengajaran di Jepang 

Lesson Study merupakan sebuah filosofi pendidikan dan metode pengajaran yang melibatkan guru dalam proses kerja sama yang mendalam. Metode ini melibatkan sekelompok guru yang merancang rencana pelajaran secara bersama-sama, mengajar di kelas, dan kemudian melakukan evaluasi bersama untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki. Umpan balik konstruktif dan refleksi kritis terhadap praktik pengajaran diperlukan dalam proses ini.

Dengan belajar pelajaran, guru tidak hanya menjadi pengajar tetapi juga belajar dari sesama guru. Dalam film Jepang - Strong Performers and Successful Reformers in Education, dijelaskan bahwa guru-guru di Jepang sering bekerja sama untuk membuat rencana pelajaran yang relevan dengan kebutuhan emosional dan sosial siswa selain meningkatkan rasa komunitas di kalangan pendidik. Ini menghasilkan pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa. Ini menghasilkan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan mendalam.


Bagaimana model ini dapat diterapkan di berbagai negara, termasuk Indonesia, ditunjukkan dalam JICA Lesson Study: Model Adaptasi untuk Negara Mitra Inisiatif. JICA membantu guru di negara-negara mitra memperkenalkan praktik pengajaran yang lebih berpikir kritis dan bekerja sama melalui pelatihan Lesson Study. Guru tidak hanya berkonsentrasi pada materi pelajaran, tetapi mereka juga melakukannya dengan cara yang memungkinkan mereka untuk mendengarkan suara siswa dan menyesuaikan metode pengajaran dengan situasi lokal.

Program ini telah digunakan di beberapa wilayah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pengajaran, terutama dalam bidang matematika dan sains. Lesson Study memberi guru-guru di Indonesia kesempatan untuk belajar dari pengalaman dan strategi yang digunakan di Jepang dan untuk mengevaluasi dan memperbaiki metode pengajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa di Indonesia.

Mengadopsi Lesson Study di Indonesia: Tantangan dan Peluang 

Indonesia memiliki peluang besar untuk mengadaptasi model Lesson Study yang sukses diterapkan di Jepang karena keberagaman budaya dan tantangan sistem pendidikan yang kompleks. Pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan profesionalisme pendidik, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mengurangi kesenjangan pendidikan antardaerah.

Meskipun demikian, menerapkan Lesson Study di Indonesia pasti akan menghadapi banyak tantangan. Sumber daya yang berbeda antara kota dan pedesaan merupakan salah satu masalah utama. Banyak pendidik yang tinggal di daerah terpencil tidak memiliki akses yang cukup ke pelatihan profesional dan fasilitas pendidikan yang memadai. Oleh karena itu, untuk mengimplementasikan model Lesson Study secara efektif, pendekatan yang lebih inklusif dan berbasis komunitas sangat penting.

Program seperti JICA Lesson Study dapat diperluas untuk mencakup lebih banyak daerah di Indonesia, dengan mempertimbangkan kondisi lokal dan kebutuhan spesifik guru. Pemerintah dan lembaga pendidikan di Indonesia juga perlu membantu meningkatkan kapasitas guru melalui pelatihan berkelanjutan.

Lesson Study: Manfaat bagi Guru dan Siswa 

Lesson Study tidak hanya menguntungkan guru tetapi juga berdampak langsung pada kualitas pembelajaran siswa. Dengan memanfaatkan pendekatan kolaboratif, guru dapat memperbaiki strategi pengajaran mereka untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi. Selain itu, evaluasi berkelanjutan yang dilakukan selama setiap siklus lesson study mendorong siswa untuk segera beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada kebutuhan mereka, yang membuat pembelajaran lebih relevan. Selain itu, pentingnya refleksi dan umpan balik dalam studi pelajaran menghasilkan peningkatan keterampilan profesional guru. Guru yang terlibat dalam proses ini akan semakin terampil dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang lebih efektif dan efektif.

Penelitian tentang Lesson Study di Jepang dan Pemanfaatannya di Indonesia 

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa lesson study dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Jepang dan negara lain. Penelitian Sato & Yamaguchi (2023) pada Journal of Education and Teaching menemukan bahwa lesson study di Jepang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan mengurangi tingkat kegagalan akademik di sekolah-sekolah tertentu. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang mengambil bagian dalam Lesson Study lebih percaya diri dan lebih efektif dalam mengelola kelas dan menerapkan metode pengajaran yang lebih berpusat pada siswa.

Lesson Study juga telah diuji di Indonesia, dan hasilnya menggembirakan. Hasil penelitian Kato & Nakamura (2024) dalam International Journal of Education and Practice, penerapan Lesson Study di beberapa sekolah di Jawa Barat dan Sumatera Utara telah menunjukkan peningkatan kualitas pengajaran, terutama di bidang matematika dan IPA. Siswa juga menunjukkan peningkatan dalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep dasar dan keterampilan berpikir kritis.

Pada hakikatnya lesson study merupakan metode pengajaran yang sangat relevan untuk diterapkan di Indonesia karena memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme guru. Indonesia memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah pendidikan, meningkatkan kualitas pengajaran, dan membuat pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Lesson Study dapat menjadi kunci untuk perbaikan dan kesetaraan pendidikan di Indonesia, jadi penting bagi pemerintah dan lembaga pendidikan untuk terus mendukung pengembangannya melalui pelatihan dan pembinaan yang berkelanjutan.

Referensi

Sato, M., & Yamaguchi, K. (2023). The Impact of Lesson Study on Teacher Development and Student Learning in Japan. Journal of Education and Teaching, 39(4), 123-145.

Kato, H., & Nakamura, T. (2024). Adapting Lesson Study to Different Educational Contexts: The Case of Indonesia. International Journal of Education and Practice, 31(1), 55-72.

JICA. (2023). Lesson Study and Its Role in Teacher Professional Development. Japan International Cooperation Agency (JICA).


 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun