Cloud computing ialah penyampaian layanan komputasi on-demand - mulai dari software hingga penyimpanan dan kekuatan pemrosesan - seringkali melalui internet dan menurut pembayaran cocok kebutuhan.
Bagaimana teknik kerja komputasi awan?
Daripada mempunyai infrastruktur komputasi atau pusat data mereka sendiri, perusahaan dapat mencarter akses ke apa juga mulai dari software hingga penyimpanan dari penyedia layanan cloud.
Salah satu guna menggunakan layanan cloud computing ialah perusahaan bisa menghindari ongkos di muka dan kompleksitas mempunyai dan merawat infrastruktur TI mereka sendiri, dan sebagai gantinya melulu membayar guna apa yang mereka gunakan, saat mereka menggunakannya.
Pada gilirannya, penyedia layanan komputasi awan bisa mengambil guna dari skala ekonomi yang signifikan dengan menyerahkan layanan yang sama kepada sekian banyak  pelanggan.
Layanan komputasi awan apa yang tersedia?
Layanan komputasi awan mencakup pelbagai pilihan sekarang, mulai dari dasar-dasar penyimpanan, jaringan, dan kekuatan pemrosesan sampai pemrosesan bahasa alami dan kecerdasan produksi serta software kantor standar. Hampir seluruh layanan yang tidak mewajibkan Anda secara jasmani dekat dengan perlengkapan keras komputer yang Anda pakai sekarang dapat diantarkan melalui cloud.
Apa saja misal komputasi awan?
Komputasi cloud sebanyak besar layanan. Itu tergolong layanan konsumen laksana Gmail atau cadangan cloud dari potret di ponsel cerdas Anda, meskipun ke layanan yang memungkinkan perusahaan besar guna meng-host seluruh data mereka dan menjalankan semua software mereka di cloud. Netflix mengandalkan layanan cloud computing guna menjalankan layanan streaming video dan sistem bisnis lainnya juga, dan mempunyai sejumlah organisasi lain.
Cloud computing menjadi opsi default untuk tidak sedikit aplikasi: vendor perangkat empuk semakin menawarkan software mereka sebagai layanan melewati internet daripada produk berdikari saat mereka mengupayakan untuk berpindah ke model berlangganan.Â
Namun, terdapat potensi downside ke komputasi awan, dalam urusan tersebut juga bisa memperkenalkan ongkos baru dan risiko baru untuk perusahaan yang menggunakannya.
Mengapa ini dinamakan komputasi awan?
Konsep dasar di balik cloud computing ialah bahwa tempat layanan, dan tidak sedikit detail seperti perlengkapan keras atau sistem operasi yang digunakannya, mayoritas tidak relevan untuk pemakai.Â
Dengan ini dalam benak bahwa metafora awan dipinjam dari skema jaringan telekomunikasi lama, di mana jaringan telepon umum (dan lantas internet) tidak jarang diwakili sebagai awan untuk mengaku bahwa yang tidak urgen - itu ialah hanya awan barang. Ini adalahpenyederhanaan yang berlebihan; untuk tidak sedikit pelanggan tempat layanan dan data mereka masih menjadi masalah utama.
Apa sejarah komputasi awan?
Cloud computing sebagai sebuah istilah sudah ada sejak mula tahun 2000-an, namun konsep komputasi-sebagai-layanan sudah ada sekitar lebih, lebih lama - sejauh tahun 1960-an, saat biro komputer bakal memungkinkan perusahaan untuk mencarter waktu pada mainframe, daripada mesti melakukan pembelian sendiri.
Layanan 'pembagian waktu' ini mayoritas disusul oleh kebangkitan PC yang menciptakan mempunyai komputer jauh lebih terjangkau, dan lantas pada gilirannya oleh kebangkitan pusat data perusahaan di mana perusahaan bakal menyimpan sebanyak besar data.
Tetapi konsep mencarter akses ke daya komputasi telah hadir kembali berkali-kali - di penyedia layanan aplikasi, komputasi utilitas, dan komputasi grid pada akhir 1990-an dan mula 2000-an. Ini dibuntuti oleh cloud computing, yang benar-benar memungut alih dengan timbulnya perangkat empuk sebagai layanan dan penyedia komputasi awan hyperscale laksana Amazon Web Services.
Seberapa pentingkah cloud?
Membangun infrastruktur untuk menyokong komputasi awan kini menyumbang lebih dari sepertiga dari seluruh pengeluaran TI di semua dunia, menurut keterangan dari penelitian dari IDC. Sementara itu, pembelanjaan guna TI in-house tradisional terus bergeser sebab beban kerja komputasi terus bergerak ke cloud, apakah tersebut layanan cloud publik yang ditawarkan oleh vendor atau cloud individu yang di bina oleh perusahaan sendiri.
451 Penelitian memperkirakan bahwa selama sepertiga dari pengeluaran TI perusahaan akan dipakai untuk hosting dan layanan cloud tahun ini "menunjukkan semakin bertambahnya ketergantungan pada sumber eksternal infrastruktur, aplikasi, manajemen, dan layanan keamanan". Analis Gartner memprediksikan bahwa setengah dari perusahaan global yang memakai cloud kini akan memakai semua tersebut pada tahun 2021.
Berdasarkan keterangan dari Gartner, pengeluaran global guna layanan cloud akan menjangkau $ 260 miliar tahun ini naik dari $ 219,6 miliar. Ini pun tumbuh pada tingkat yang lebih cepat dari yang diduga para analis.Â
Tetapi tidak sepenuhnya jelas berapa tidak sedikit permintaan tersebut datang dari bisnis yang benar-benar hendak pindah ke cloud dan berapa tidak sedikit yang sedang dibuat oleh vendor yang sekarang melulu menawarkan versi cloud dari produk mereka (seringkali sebab mereka hendak pindah dari memasarkan lisensi satu kali untuk memasarkan langganan cloud yang berpotensi lebih menguntungkan dan bisa diprediksi).
6 Situasi Di Mana kita Akan Mendapatkan Manfaat dari Cloud Consulting
Dengan penambahan penghematan, lebih tidak sedikit aksesibilitas perangkat, penambahan fleksibilitas, dan bahkan keramahan lingkungan guna mem-boot, komputasi awan telah merasakan peningkatan dalam sejumlah tahun terakhir sebab alasan-alasan itu dan tidak sedikit lagi. Dengan mengurangi keperluan infrastruktur modal dan dengan begitu meretas dengan ongkos pengeluaran modal, software berbasis cloud laksana Office 365 sudah memungkinkan perusahaan guna berhemat dalam urusan lisensi perlengkapan keras dan perlengkapan lunak, antara lain. Sementara komputasi awan menawarkan bisnis dari seluruh ukuran sejumlah dalil untuk beralih, migrasi tersebut sendiri dapat sangat menantang. Untuk menciptakan transisi lebih mudah, konsultan cloud memperluas layanan mereka untuk menolong semua jenis organisasi dari sekian banyak  industri dan latar belakang.
Cloud Consulting Dapat Membuat Perbedaan
Terlepas dari keahlian teknologi informasi Anda, terdapat kalanya mendapatkan pertolongan dari luar guna proyek-proyek TI laksana ini dapat menciptakan perbedaan antara migrasi yang berhasil dan penyebaran yang gagal. Untuk menjangkau yang kesatu, konsultasi cloud memberi organisasi pengetahuan dan perangkat yang diperlukan untuk berhasil. Tanpa basa-basi lagi, berikut ialah enam skenario di mana bakal sangat menolong untuk memakai konsultasi cloud.
Tidak terdapat Departemen TI yang terlihat
Untuk bisnis yang lebih kecil, biasanya sulit guna menyisihkan duit dengan perkiraan yang telah ketat guna staf TI in-house. Untuk memenuhi kekosongan pertolongan TI, tidak sedikit UKM yang mengerjakan outsourcing sepenuhnya guna mengelola layanan TI atau mencarter untuk proyek-proyek rumit laksana migrasi cloud. Dengan konsultan cloud yang mengelola migrasi, organisasi Anda bisa terus mengisi tujuan bisnis dan menggarap tugas-tugas harian lainnya.
Tim IT yang sibuk
Bahkan untuk organisasi yang lebih makmur yang dapat membeli departemen TI yang sepenuhnya staf, tidak terdapat salahnya guna mendapatkan pertolongan dari luar. Alih-alih mendorong migrasi cloud pada karyawan TI yang bisa jadi besar mempunyai proyek beda dan tenggat waktu guna dikhawatirkan, konsultan cloud bisa merencanakan dan mengelola semua migrasi.
Terlalu Banyak Downtime
Untuk bisnis yang hendak maju dari kurva atau melulu bertahan di industri masing-masing, tidak terdapat yang lebih merusak kesehatan organisasi daripada downtime. Membutuhkan akses konstan ke email dan perangkat komunikasi lainnya, dokumen, dan data penting, bisnis tidak dapat menjadi gelap guna jangka masa-masa berapa pun.Â
Dengan konsultasi cloud, konsultan kita dapat menolong membuat rencana terperinci dengan kita untuk membicarakan opsi kita dan mencari teknik terbaik untuk Anda guna beroperasi ketika dalam konstruksi virtual.
Penerapan yang lambat
Salah satu guna dari komputasi awan dikomparasikan solusi on-premise ialah penyebaran yang lebih cepat dengan perbedaan sejumlah bulan hingga sejumlah tahun. Tetapi andai Anda tidak memiliki pertolongan dengan migrasi kita dari semua ahli, organisasi Anda bisa dengan gampang menghadapi nasib yang sama dari pemakai di tempat.Â
Mempunyai konsultan cloud meminimalisir waktu yang diproyeksikan sampai penyebaran sebab mereka bisa merencanakan dengan tepat, memutuskan tenggat masa-masa yang wajar, dan menangani masalah yang hadir selama migrasi.
Ketakutan bakal Risiko
Seperti pepatah, dengan risiko besar, datang hadiah besar. Tetapi bukankah bakal jauh lebih menyenangkan, atau paling tidak tidak cukup stres, untuk meminimalisir risiko tanpa pengurangan imbalan yang sesuai? Dengan konsultasi cloud, organisasi Anda bisa bermigrasi ke cloud tanpa butuh khawatir. Dengan mencadangkan data dan menawarkan opsi metode migrasi, konsultan cloud menerbitkan kekhawatiran dari persamaan dan menggantinya dengan keprihatinan atas apa yang benar-benar penting, bisnis.
Pengalaman Cloud Kecil
Anda mungkin lumayan akrab dengan software dan website web berbasis cloud, tetapi tersebut dari perspektif konsumen. Bekerja dari sudut pandang perusahaan dengan segala urusan cloud lebih menuntut masa-masa dan kemampuan teknologi Anda. Salah satu aset terbaik yang ditawarkan konsultan cloud ialah pengalaman. Mereka sudah berurusan dengan sebanyak ekosistem, organisasi, dan industri cloud yang berbeda, sehingga memungut klien baru melulu akan lebih gampang dengan masing-masing migrasi cloud.
Apakah kita Membutuhkan Cloud Consultant Jakarta?
Komputasi awan sudah menjadi begitu luas dalam teknologi ketika ini sampai-sampai Anda bisa menggunakannya tanpa disadari. Proses keseharian seperti penyimpanan file dan berbagi atau menciptakan cadangan data di ponsel Anda memakai cloud, namun kemampuannya jauh mendahului itu. Migrasi software bisnis ke cloud tidak melulu dapat menghemat duit Anda pada penyelesaian data internal tetapi pun memungkinkan bisnis kita menjadi luwes dan terukur tanpa terdapat masalah dengan perkiraan Anda. Dan andai Anda tidak yakin apa dengan kata lain itu, tidak boleh khawatir - konsultan cloud bisa membantu.
Konsultan Cloud Berarti Solusi Data Yang Disesuaikan
Teknologi yang berkembang pesat laksana komputasi awan dapat membingungkan, dan andai Anda mulai kehilangan penyelesaian riset, kita tidak sendirian. Meskipun bermigrasi ke cloud memiliki tidak sedikit manfaat, ia dapat membuat putus asa dan berpotensi mahal andai tidak dilaksanakan dengan benar. Tapi tidak boleh biarkan tersebut menghalangi Anda: terdapat spesialis IT baru di blok ini, dan mereka terdapat di sini untuk menuntaskan masalah cloud Anda.
Konsultan cloud mempunyai serangkaian destinasi dan nilai yang bertolak belakang dari spesialis TI tradisional. Old school IT tidak cukup lebih tentang perangkat keras, apakah tersebut pemeliharaan perlengkapan dan server atau menambah dan mengenalkan teknologi baru yang lebih baik. Itu tidak berarti bahwa TI tradisional tidak menangani perangkat empuk bisnis dan keperluan jaringan, namun tujuannya ialah untuk mendapat  dan menjaga teknologi yang diperlukan oleh bisnis. Konsultan cloud membawa perspektif yang bertolak belakang ke tabel TI.
Karena cloud memungkinkan kita membayar melulu untuk apa yang kita gunakan, konsultasi cloud menyaksikan berapa tidak sedikit nilai yang bisa Anda peroleh dari aset ketika ini, seraya menghilangkan keperluan akan perawatan data on-site yang memakan masa-masa dan mahal laksana sebagai pusat data dan server.
Hal kesatu yang terdapat di pikiran mereka ialah aplikasi bisnis, yang berarti bahwa mereka tahu penyelesaian bukan penyelesaian kecuali tersebut menguntungkan operasi bisnis dan laba. Teknologi cloud dapat menciptakan bisnis lumayan fleksibel guna tuntutan konsumen dan pasar di masa depan, dan kegiatan konsultan ialah meyakinkan kesiapan ketika masa depan tersebut menjadi kenyataan.
Akses sistem - Dari ketika kesatu proyek sampai akhir, konsultan mesti bersikeras guna mempunyai login yang tidak diberikan dengan personil Anda, kontraktor lain, atau software pihak ketiga atau sumber data apa pun. Karena sekian banyak  alasan, kepandaian ini baik guna Anda dan guna mereka, dan tersebut membantu meminimalisir penunjuk jari saat ada sesuatu yang salah. Jika konsultan tidak bersikeras bakal hal ini, kita perlu mengetahui alasannya. Konsultan menemukan poin ekstra untuk meminta sejumlah info masuk (mis., Satu guna pengembangan, satu guna integrasi dan satu guna konfigurasi sistem) pada masing-masing sistem yang disentuh.
Cadangan konfigurasi data dan sistem - Sebelum Anda tidak mempedulikan orang luar masuk ke sistem Anda, Anda mesti mengerjakan pencadangan sarat terhadap data dan metadata sistem. Terlepas apakah kita melakukan tersebut atau tidak, urusan kesatu yang mesti dilaksanakan konsultan ialah membuat cadangan mereka sendiri dari masing-masing sistem yang mereka sentuh guna mempercepat analisis akibat dan menurunkan risiko kekeliruan destruktif. Jika ini bukan unsur dari fase penemuan, Anda mesti memungut poin serius. Namun, andai konsultan akan mengerjakan backup sendiri di akhir masing-masing sprint, mereka menemukan poin tambahan.
Kotak Pasir - Bagi pengembangan sistem, kegiatan integrasi dan migrasi dengan keseriusan apa pun, kotak pasir (atau bahkan kelipatan) sangat urgen untuk kegiatan yang tepat guna dan aman. Ya, ini berarti Anda mesti menunaikan vendor platform, tetapi tersebut akan menghasilkan ongkos proyek dan risiko borongan yang lebih rendah. Konsultan menemukan poin tambahan andai mereka meminta sejumlah kotak pasir (beberapa sarat data, sejumlah tidak) dan bahkan lebih tidak sedikit poin tambahan andai mereka berencana untuk memakai GIT atau sistem manajemen konfigurasi lainnya di seluruh kotak pasir, lokasi pentas dan sistem produksi.
Log Konfigurasi - Seperti diketahui seluruh orang, developer tidak suka menulis arsip atau mengomentari kode mereka. Konsultan Salesforce menemukan satu poin secara cuma-cuma karena Salesforce melacak sejumlah konfigurasi dan evolusi kode dengan sendirinya. Tetapi tidak terdapat sistem yang dapat menyimak pikiran, jadi urgen bahwa masing-masing orang yang bekerja pada sistem menyimpan daftar pribadi mengenai apa yang dia kerjakan setiap jam atau lebih. Ini dapat dilaksanakan sebagai anotasi pada kartu masa-masa atau sebagai teks diskrit atau dokumen spreadsheet, namun media apa juga yang kita gunakan, ini adalahbagian urgen dari kenangan institusional. Tidak terdapat yang akan menilik enam minggu dari kini yang mengerjakan apa yang berubah, kapan atau kenapa ... kecuali tersebut ditulis di sebuah tempat. Melacak pulang keputusan desain atau sekadar membetulkan faktur bulanan jauh lebih sulit andai tugas kecil ini tidak dilakukan, jadi usahakan Anda menguras 30 detik masing-masing jam. Cari tahu apa proses konsultan untuk menyokong ini dan berikan poin tambahan andai file log SFDC dicadangkan masing-masing 90 hari atau lebih (karena ini tidak secara otomatis dicadangkan dan dilupakan di luar batas masa-masa mereka). Poin lebih tidak sedikit harus diserahkan jika log konfigurasi diposting di tampilan sarat dari seluruh peserta proyek.
Media komunikasi proyek dan SLA - Hampir masing-masing proyek bakal melibatkan sumber daya di tempat dan di luar lokasi, dan tidak sedikit di antaranya bakal melibatkan sumber daya lepas pantai. Meskipun telepon dan email mempunyai sifat universal, sekitar masa proyek mereka pun merupakan teknik yang buruk untuk tim untuk bekerjasama di sekian banyak  lokasi. Konsultan butuh mengakomodasi kelaziman klien, namun mereka mesti menunjukkan semua orang untuk memakai platform kolaborasi proyek (baik primitif laksana Google Spreadsheets atau secanggih portal manajemen proyek) untuk seluruh komunikasi yang bermakna. Konsultan pun harus mengaku waktu respons yang diinginkan untuk komunikasi 7x24 (tentu saja, tidak terdapat yang menginginkan respons instan guna item perbuatan yang dikeluarkan pukul 3 pagi pada hari Minggu, tetapi seluruh orang butuh tahu bahwa mereka tidak boleh menginginkan respons sama sekali sampai, katakanlah , 3 senja pada hari Senin).
Penandatanganan - Sebagian besar konsultan akan menuliskan bahwa mereka akan menggali penandatanganan sekitar proyek, namun masalah sebetulnya ada di "kapan" dan "bagaimana" itu. Minimal, butuh ada penandatanganan gamblang untuk setiap evolusi pesanan dan pada solusi proyek. Konsultan yang arif juga meminta penandatanganan secara gamblang pada akhir penemuan (untuk menandakan "ini ialah persyaratan dan prioritas mereka") dan pada tonggak urgen proyek (seperti "fitur selesai" atau "data yang diimpor"; dalam proyek Agile, di akhir masing-masing sprint).
Cloud Platform
Cloud publik ialah serangkaian layanan komputasi yang ditawarkan oleh platform laksana AWS, Azure, dan GCP dan membuatnya tersedia melewati internet. Mereka gampang diakses oleh seluruh yang hendak menggunakan dan / atau membelinya.
Memilih penyedia cloud publik yang tepat menjadi diskusi yang semakin bernuansa yang mendahului skala. Ada tiga pemain utama di arena platform cloud publik - Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform. Perusahaan-perusahaan cloud computing terkemuka sedang menangani pasar yang besar dan terus berkembang. Pada gilirannya, mereka menyediakan pelbagai produk dan layanan berhubungan cloud, tergolong infrastruktur-as-a-service (IaaS), platform sebagai layanan (PaaS) dan penyelesaian perangkat empuk sebagai layanan (SaaS).
Jalur Pembelajaran ini memberi Anda cerminan tentang ketiga platform dan lantas melihat lebih dekat pada setiap platform. Dengan menyaksikan ketiga platform bersama-sama, Anda bakal dapat menyaksikan apa kekuatan dan kekurangan masing-masing, bagaimana mereka menyelaraskan dengan destinasi Anda yang lebih besar, serta mengetahui di mana arah industri ini secara keseluruhan.
Untuk pribadi dan organisasi yang menggali pemahaman yang lebih dalam mengenai ruang komputasi awan, atau arah mana platform guna menyelam lebih dalam tergantung pada arah yang kita tuju, ini ialah titik mula yang bagus.
Apa perbedaan antara cloud publik dan cloud privat?
Perbedaan utama antara kedua cloud ialah bahwa dengan cloud publik kita tidak perlu cemas mengelola penyelesaian hosting. Data Anda ditabung di pusat data host, yang menciptakan penyedia bertanggung jawab untuk merawat pusat data.
Apa perbedaan antara awan publik, pribadi, dan hybrid?
Cloud publik dikelola dan dikelola oleh vendor cloud. Cloud ini mungkin cuma-cuma atau berbasis langganan. Cloud individu dikelola dan dikelola oleh perusahaan Anda. Biaya mula untuk menciptakan cloud individu seringkali bisa menjadi ongkos yang mahal. Awan hibrid ialah perpaduan antara individu dan publik. Hibrida dapat memakai bagian individu dapat dipakai untuk menampung data yang aman atau beban kerja TI, dan lantas menggunakan unsur publik guna mengimbangi lonjakan sporadis dalam kemudian lintas jaringan.
Sumber :Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H