Mohon tunggu...
Akhmad Sujadi
Akhmad Sujadi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Enterpreneur

Entepreneur

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Tol Laut, Denyut Ekonomi NKRI

16 Maret 2019   21:25 Diperbarui: 18 Maret 2019   01:42 1418
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tol Laut memang kalah tenar dengan jalan tol darat yang dibangun secara masif di Jawa dengan Trans Jawa, di Sumatera dengan Trans Sumatera. Tak ketinggalan, jalan tol juga dibangun di Pulau Kalimantan.

Meskipun Tol Laut kurang tenar, manfaatnya bagi Indonesia sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau yang didaftarkan ke PBB sebanyak 16.056 pulau pada 2017,  manfaat Tol Laut sangat terasa, terutama  bagi masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal, terpencil, terdepan dan perbatasan (T3P).

Tol Laut berbeda dengan jalan tol darat. Pengertian Tol Laut yang pada awal disampaikan Jokowi- yang membuat heran masayarakat karena sebagian orang mempersepsikan Tol Laut adalah  membangun jalan tol di atas laut.  

Tol Laut merupakan sistem pelayaran langsung dari daerah maju-daerah produsen ke daerah T3P- yang   mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok dan barang penting.

Rute Tol Laut 2018 (Kemenhub)
Rute Tol Laut 2018 (Kemenhub)
Dengan adanya Tol Laut yang merupakan pelayaran liner ke daerah T3P, menjadikan  warga di daerah Natuna, Tarempa, Kepulauan Riau dan Nunukan, Kalimantan Utara.  Demikian pula bagi warga di Moa dan Kisar, Maluku Tenggara Barat, sebagian kebutuhan dipasok dari Timor Leste, dengan adanya Tol Laut,  suplai barang dapat dipenuhi dari dalam negeri.

Tol Laut yang diluncurkan  pemerintah 4 November 2015 ini telah berkembang dari semula 2 rute pada 2015  menjadi 18 pada 2018. Berkembangnya rute Tol Laut ke daerah T3P yang lebih luas menunjukkan Tol Laut sangat bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya menumbuhkan ekonomi di daerah T3P.  Memang pertumbuhanya belum sangat drastis, namun denyut ekonomi daerah T3P, sudah terasa dalam dua tahun belakangan ini.

Tol Laut  yang merupakan pelayaran langsung, terjadwal dan rutin atau liner  ini telah berhasil menurunkan disparitas harga kebutuhan pokok yang lebih  terjangkau masyarakat,  juga memberikan efek ekonomi. 

Sebagian warga di Tarakan, Kalimantan Utara kini mulai merintis berjualan  ayam geprek yang di Jawa menjamur. Harga ayam beku yang lebih murah dari sebelumnya,  membuat remaja di Tarakan merintis,  membuka usaha ayam kripsi dan ayam geprek.

Tidak hanya terjadi penurunan harga di daerah T3P, Pak Hadi, pelaku Tol Laut dari Anambas menuturkan, sebelum ada Tol Laut ikan gurita atau octopus tidak laku. 

kapal ternak, bagian dari Tol Laut (ft. PELNI)
kapal ternak, bagian dari Tol Laut (ft. PELNI)
Sekalipun ada  yang beli hanya dihargai Rp10 hingga Rp15 ribu per kg. Setelah ada Tol Laut, ikan dapat dipasarkan di Jakarta dan harganya naik menjadi Rp40 hingga Rp55 ribu per kg. "Pak Hadi beli ikan dari nelayan yang makin bergairah melaut sejak dijalankan Tol Laut dari Tanjung Priok, Jakarta ke Natuna".

Program Tol Laut juga tidak  hanya mengoperaikan kapal kargo untuk angkutan bahan pokok dan barang penting saja, namun Tol Laut juga mengoperasikan 6 kapal ternak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun