Mohon tunggu...
Akhmad Sujadi
Akhmad Sujadi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Enterpreneur

Entepreneur

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Layanan Bus Antar Kota Pasca Peresmian Jalan Tol Jakarta-Surabaya

17 Desember 2018   07:49 Diperbarui: 17 Desember 2018   09:11 893
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Interior bus eksekutif (Ft. Dok.Otto Bus)

Layanan Bus Spesial J10S-2019 Aman Nyaman

Pembangunan jalan tol Trans Jawa yang sudah rampung memberikan peluang bagi pengusaha bus antar kota membangun kembali bisnis yang sudah lama tertidur akibat kalah bersaing dengan lingkungan bisnis.

Pembangunan jalan tol Jakarta-Surabaya telah rampung, meskipun masih perlu penyempurnaan terus menerus,  selesainya jalan tol sepanjang 745 km itu membuka pelaung bisnis baru bagi perusahaan otto bus di Indonesia, khususnya di Jawa.

Setiap Minggu malam saya termasuk salah satu pengguna bus antar kota. Saya pemerjalan dari Bobotsari-Jakarta. Senangnya naik bus ketika dalam perjalanan bus-bus terbaru menampakkan kekekarannya, keunikan bentuknya dan warna cat yang indah dengan desain terkini. Kecuali bus yang sering saya tumpangi, busnya mercy  namun sudah jadul, maklum bus negara.

 Selesainya pembangunan jalan tol Jakarta-Surabaya (JS) memberikan harapan inovasi baru bagi pengusaha otto bus. Pengelola bus bisa lebih profesional dengan mengemas produk J-10-S-2019 artinya Jakarta-Surabaya ditempuh dalam 10 jam pada 2019 mendatang.

Tampilan bus eksekutf (ft. dok. Otto bus)
Tampilan bus eksekutf (ft. dok. Otto bus)
Layanan bus ini menggunakan bus super eksekutif yang aman, nyaman dan menyenangkan ini perlu ditawarkan kepada pengguna jasa bus yang bukan lagi berkocek rempeyek. Menggunakan bus bukan karena terpaksa, namun karena fanatisme banyak pula orang berada memilih bus eksekutif.

Redup dan lesunya angkutan bus antar kota di Jawa yang harus bersaing dengan pesawat udara, kereta api, travel dan kemacetan terobati dengan adanya jalan tol Jakarta-Surabaya.

Para pengusaha otto bus di daerah Purwokerto sekitarnya, Semarang-Sekitarnya, Solo sekitarnya, Madiun sekitarnya dan Surabaya sekitarnya dapat menawarkan produk unggulan, produk baru hasil karya anak bangsa JS10-2019 dan produk lainnya yang dikemas dengan  nama kota, trayek dan waktu tempuh yang ditawarkan.

Bagi bus trayek Purwokerto-Jakarta, misalanya,  bisa menawarkan  produk baru Purwokerto-Pemalang-Jakarta melalui jalan tol Pemalang-Jakarta, produknya dikemas PP-7-J-2019. Purwokerto-Pemalang-Jakarta ditempuh dalam tempo 7 jam pada 2019, hal ini sangat memungkinkan.

Pengalaman naik bus swasta dari Bobotasi-Pemalang 1 jam 30 menit. Pemalang-Jakarta dengan jalan tol 5,5  jam. Dengan menggabungkan nama kota, trayek  dan waktu akan memberikan nilai produk.

jalan tol Trans-Jawa (ft Dok. Jasa Marga)
jalan tol Trans-Jawa (ft Dok. Jasa Marga)
Langkah ini pernah dilakukan PT KAI pada 1995 silam. Saat itu PT KAI memberikan asa baru pada HUT RI ke-50 dengan meluncurkan KA Argo Angggrek JS-950. Jakarta-Surabaya ditempuh selama 9 jam diluncurkan pada HUT RI ke-50. Kemudian  Argogede JB 250, Jakarta-Bandung ditempuh 2, 5 jam pada HUT RI ke-50.

KA yang diluncurkan di era Soeharto dan Menristek BJ. Habibie ini bisa menginspirasi para pengusa bus dengan selesainya jalan tol Jakarta Surabaya. Silahkan para pengelola bus menyiapkan bus terbaik, bus terbaru, dapat diluncurkan pada 2019 mendatang. wktu untuk persiapan masih cukup.

Untuk nama Bus bisa dimasukkan dalam produk. Misalnya Sinarjaya PP-7J-2019. Artinya PO Sinar Jaya meluncurkan produk terbaru bus Purwokerto-Pemalang-Jakarta ditempuh 7 jam diluncurkan pada 2019. Untuk moment 2019 adalah tahun peluncuran. Bila mau dikaitkan dengan HUT perusahaan misalnya silahkan dikreasikan.

Dengan produk dan branding baru, para pengusaha bus di Purwokerto, Pekalongan, Semarang, Solo, Madiun, Surabaya dapat mengkreasikan nama perusahaan, trayek, waktu tempuh yang memiliki nilai jual. Sehingga dapat meraih konsumen baru kelas atas. Untuk armadanya cukup berkapsitas 40 seat, dengan layanan super wahid.

Peluang ini harus diambil para pengusha bus agar pembangunan jalan tol Jakarta-Surabaya juga memberikan magnet bagi peningkatan bisnis angkutan bus. Saatnya bus bangkit kembali seiring peresmian jalan tol Jakarta-Surabaya.

Untuk daerah tujuan di Jakarta, bus tidak perlu memasuki dalam kota, cukup di wilayah dekat jalan tol. Untuk bus lintas timur, keberdaan terminal bus Pulau Gedang sangat memadai untuk menjadi tujuan karena akses ke jalan tol sangat dekat, sehingga ketepatan waktu dapat dijaga.

Sembari menunggu jalan tol layang Jakarta-Ckampek selesai, para pengusaha bus bersiap merencanakan produk barunya. Bila perlu bantuan, saya siap berdiskusi membuat produk dan branding baru. Bus adalah kebanggaan kami, transportasi kami. Transportasi di Jawa banyak pilihan, saatnya bus menjadi pilihan bertransportasi aman dan nyaman. ***

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun