Mohon tunggu...
Akhmad Sujadi
Akhmad Sujadi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Enterpreneur

Entepreneur

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Pentingkah KA Cepat Bandung-Solo?

8 Februari 2018   15:07 Diperbarui: 8 Februari 2018   21:42 891
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
raolaungmaungLaos.com

Belum terealisasi Kereta Api (KA) Cepat Jakarta-Bandung, pemerintah melalui Kemenko Kemaritiman berencana akan membangun KA Cepat Jakarta-Bandung, diteruskan hingga ke Solo.

Pembanguan KA Cepat Jakarta-Bandung harus menembus lereng dan bukit priangan barat pada lintas Purwakarta-Padalarang. Kalau dilanjutkan Bandung-Solo KA Cepat juga harus menembus perbukitan priangan timur. Lereng dan pegunungan antara Cicalengka-Tasikmalaya yang membatasi kecepatan kendaraan kereta api dan kendaraan jalan raya, mungkin akan dipacu dengan KA Cepat.

Bagi Cina sebagai pemegang proyek senang-senang saja dengan penambahan rute Bandung-Solo. Tak peduli dan tak masalah mau menembus gunung atau lautan mereka sanggup membikin KA tembus laut dan tembus gunung.  Yang penting ada dana, Cina bisa membuatnya.

Jawa dengan 46 % dari sekitar 254 juta jiwa komposisi jumlah penduduk sangat menggiurkan bagi investor untuk menawarkan berbagai infrastruktur transportasi. Dengan adanya KA Cepat di Jawa, yang meruapakan pulau terkecil diantara 5 pulau besar di Indonesia ini bakal lengkap infrastruktur transportasinya.

Meskipun pasar pengguna tidak tumbuh signifikan, kota-kota di Jawa diperebutkan oleh transportasi KA reguler, transportasi udara, transportasi darat Bus dan infrastruktur jalan tol sebagai pilihan bagi pengguna mobil pribadi. Banyakanya pilihan transportasi di Jawa menimbulkan Jawa semakin sumpek, sementara lahan pertanian dicaplok perumahan, pabrik dan paling menyita  lahan adalah pembangunan jalan tol.

Jalan tol akan mendorong pertumbuhan kendaraan pribadi. Sekarang hampir semua kota di Jawa macet karena banyaknya kendaraan bermotor tumpah ruah ke jalan raya. Ketersediaan infrastruktur jalan tol di satu sisi memudahkan, mempercepat distribusi, namun bertambahnya kendaraan juga menimbulkan masalah pelik,  subsidi BBM bengkak.

Dibangunya KA Jakarta-Bandung akan melengkapi transportasi Jalan tol, kereta api reguler, pesawat udara, bus, dan mobil pribadi. Banyaknya pilihan transportasi koridor Jakarta-Bandung ternyata tidak  menyelesaikan masalah kecepatan pergerakan kendaraan. Dibangunya jalan tol Cipularang yang diharapkan mempersingkat waktu tempuh malah menyiksa pengendara dan penumpang karena kemacetan.

raolaungmaungLaos.com
raolaungmaungLaos.com
KA yang pada awal dioperasikanya jalan tol ditinggalkan kareena kalah cepat, kini dilirik kembali karena KA Argo Parahyangan bisa lebih cepat dibanding dengan kendaraan pribadi. KA sekarang penuh lagi, sementara kendaraan jalan raya tetap padat, dan  meskipun macet, mereka tetap menggunakan kendaraan pribadi. Entah seperti apa wajah transportasi menuju kota Bandung bila KA Cepat Jakarta-Bandung sudah beroperasi.

Keinginan pemerintah membangun KA Cepat Bandung-Solo merupakan ide bagus namun tidak harus diwiujudkan. Biaya pembangunan yang tidak kecil dan berhutang ke luar negeri, akan lebih bermanfaat untuk membangun jalan di luar Pualau Jawa, khususnya Indonesia Timur. 

Saat ini infrastruktur di Sulawesi, Kalimantan, Halamahera, Papua perlu perhatian pemerintah untuk percepatan pembangunanya. Alangkah bijak bila rencana pembangunan KA Cepat Bandung-Solo dialihkan ke Papua untuk membangun infrastruktur jalan.

Dengan dibangun infrastruktur di luar Jawa akan mendorong pembangunan industri serta mendorong warga tidak harus tinggal di Jawa. Jawa yang sudah padat jangan ditambah penduduknya.

Usaha transmigrasi harus terus didorong. Namun kemasan trasnigrasi harus milenial, sediakan jaringan internet yang saat ini menjadi kebutuhan dasar dengan lahirnya era digital. Kemasan transmigrasi jaman now harus dipersiapkan untuk pemuda pemudi cerdas untuk mengolah alam yang masih perawan. Pemerintah cukup memfasililatasi infrastrukturnya mereka akan bergerak dengan ide dan kreatifitas anak muda.

Batalkan pembangunan KA Cepat Bandung-Solo agar tidak membebani alam, membeani keuangan negara dan membebani generasi muda. Masyarakat tidak butuh KA Cepat Bandung-Solo. Alihkan investasi itu ke luar Jawa. Dorong usahawan berkarya di luar Jawa yang lebih memerlukan. ***  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun