Mohon tunggu...
Euis Novianti
Euis Novianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Life Must Goes On

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta - 20107030016

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Kamu Merasa Salah Jurusan? Atau Cuma Culture Shock Aja? Simak Kiat-kiat Menghadapinya!

11 Maret 2021   19:22 Diperbarui: 11 Maret 2021   19:43 677
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : liputan6.com

Hallo everyone !!

Pernah gak kalian merasa salah mengambil jurusan? Atau kalian menyaksikan teman kalian kesulitan dan merasa salah jurusan? Sebenarnya kenapa sih hal itu bisa terjadi? Kenapa udah tau salah kok masih di ambil?

Baiklah, saya akan menguraikan sedikit pendapat saya tentang kiat-kiat untuk orang yang merasa salah dalam mengambil jurusan dan cara-cara menentukan jurusan ala saya.

Berbicara mengenai salah mengambil jurusan, jujur saja saya juga merasa salah mengambil jurusan pada awalnya. Semua yang saya kerjakan saya merasa sangat tidak cocok dengan apa yang ada pada diri saya. Saya merasa orang paling bodoh yang ada di jurusan saya.

Tetapi setelah saya menyadari bebarapa hal, saya merasa saya bukanlah salah dalam mengambil jurusan. Saya hanya merasa culture shock aja dengan jurusan yang saya ambil. Kenapa demikian? Karena apa yang saya ambil tidak sesuai dengan minat yang saya tekini selama di SMA.

Kesusahan? Tentu saja. Tetapi mungkin setelah kalian membaca tulisan saya ini, beban kalian akan sedikit berkurang.

Lantas apa sih culture shock itu? Culture Shock itu merupakan fenomena untuk menggambarkan respon yang mendalam dan negative dari depresi, feustasi, dan disorentiasi yang dialami oleh individu-individu dalam lingkup budaya baru ( Obreg, dalam Dayakisni, 2012:265).

Hemm... gimana paham gak? Oke saya perjelas ya. Culture shock ialah keadaan dimana seseorang merasa tidak siap menerima kebudayaan/keadaan baru yang sifatnya asing yang datang secara tiba-tiba.

Jadi apakah kalian salah jurusan atau cuma culture shock aja?

Lihat baik-baik diri kalian, pertimbangkan apakah kalian pernah merasa enjoy gak dengan jurusan kalian? Kalau kalian pernah merasa enjoy walaupun cuma sehari saja saya pastikan kalian hanya culture shock aja, bukan salah jurusan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun