Mohon tunggu...
Suhardy Amir
Suhardy Amir Mohon Tunggu... Guru - Guru - Trainer - Duta Canva Indonesia

Saya adalah seorang guru dan juga sebagai trainer di berbagai platform edutechnology

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Implementasi Presentasi Interaktif Quizizz dalam Model Pembelajaran Game Based Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

7 Oktober 2022   14:11 Diperbarui: 7 Oktober 2022   14:16 1319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pembelajaran jarak jauh yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir ini, banyak menimbulkan efek baik dalam diri siswa maupun guru. Mulai dari munculmya rasa jenuh, hilangnya kesempatan dan kompetensi belajar anak atau yang dikenal dengan istilah Learning Loss, hingga efek negatif anak, orang tua, dan guru menjadi depresi.

Sebagai guru, kita harus selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk mengatasi kejenuhan-kejenuhan yang timbul karena PJJ. Selain melakukan inovasi dalam pembelajaran, guru juga harus terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya agar bisa melakukan inovasi pembelajaran dengan mengikuti berbagai pelatihan yang sesuai dengan bidangnya.

Beberapa sekolah di berbagai wilayah Indonesia telah melaksanakan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas). PTMT ini dilaksanakan dengan model pembelajaran Blended Learning, dengan ketentuan siswa yang hadir di sekolah hanya boleh setengah dari jumlah siswa seluruhnya. 

Dalam kondisi PTMT ini, pembelajaran masih belum bisa dilaksanakan secara utuh seperti dahulu saat sebelum pandemi. Kondisi yang masih serba terbatas inilah, yang mengharuskan guru berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran agar tidak membosankan.

Apa itu Quizizz?

Quizizz adalah platform digital yang memungkinkan guru untuk melakukan penilaian formatif berupa kuis untuk siswa di semua jenjang usia. Quizizz merupakan salah satu inovasi sistem E-Learning. Quizizz didirikan pada tahun 2015 oleh Deepak Joy Cheenath dan Ankit Gupta di Bangalore, India. 

Quizizz ini sangat menghibur karena berbasis permainan dan disajikan dengan tampilan yang penuh warna dan audio yang menarik. Guru bisa membuat kuis dengan berbagai bentuk soal seperti pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian, poling, dan esai terbuka. 

Kuis yang sudah dibuat ini bisa dimainkan dengan berbagai mode, ada mode langsung, PR, kecepatan guru, dan tim. Guru juga bisa mengunduh laporan hasil kuis dalam berbagai bentuk format, seperti web, spreadsheet, dan PDF.

Presentasi Interaktif

Presentasi interaktif adalah sebuah tampilan slide presentasi yang memungkinkan antara narasumber dan peserta melakukan interaksi dan terlibat lebih jauh di dalamnya. Jika presentasi biasa hanya menyajikan tampilan slide-slide materi saja, maka presentasi interaktif membuat kita berkomunikasi dengan peserta di dalamnya dan memberikan umpan balik secara langsung. 

Quizizz memiliki salah satu fitur yang Bernama Lesson atau Pelajaran. Melalui fitur ini, guru bisa membuat slide presentasi dengan menyelipkan kuis di antara slide. 

Tidak hanya memasukkan kuis, tapi guru juga bisa memasukkan audio, video, YouTube, integrasi dengan website tertentu, bahkan bisa terintegrasi juga dengan beberapa aplikasi kekinian seperti Canva, Padlet, dan Rumah Belajar.

Perubahan dari pembelajaran jarak jauh menjadi pembelajaran tatap muka terbatas, memerlukan waktu bagi para siswa untuk beradaptasi dengan kebiasaan barunya. 

Setelah menjalani PJJ sekian lama, rasa jenuh mulai hadir. Salah satu upaya yang penulis lakukan untuk mengatasi kejenuhan belajar selama masa pandemi adalah dengan menghadirkan metode pembelajaran yang variatif. Pemilihan model pembelajaran yang tepat juga akan membantu siswa-siswa mengatasai kejenuhan ini.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Paduan presentasi interaktif dan gamifikasi yang dikemas dalam model pembelajaran Game Based Learning, menjadi salah satu pilihan inovasi yang penulis ambil. 

Presentasi interaktif ini akan dapat dirasakan keseruannya oleh siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran dari rumah secara virtual juga siswa/i yang berada di sekolah. Untuk mengimbangi keseruan kegiatan presentasi interaktif, maka siswa-siswa yang berada di sekolah melakukan permainan tebak soal dengan topik Procedure Text didalam kelas.

Kegiatan diawali dengan pembelajaran di dalam kelas. Penulis membagikan link presentasi interaktif kepada siswa-siswa yang berada di rumah dengan menggunakan Google Meet. Untuk siswa-siswa yang ada di sekolah, mereka akan menyimai tayangan presentasi interaktif secara langsung, kecuali bagi beberapa siswa yang membawa gadget bisa ikut bergabung ke dalam presentasi Quizizz. 

Penjelasan materi sambal diselingi kuis ringan dan ice breaking diberikan melalui presentasi interaktif sehingga siswa/i  merasa  tidak terlalu terbebani dengan kegiatan KBM karena diselingi dengan kuis ringan yang tidak membutuhkan waktu  berpikir yang lama yang tidak membebani siswa.

Bagaimana hasilnya?

Kegiatan yang penulis lakukan bersama siswa-siswa dalam model pembelajaran game based learning memberikan kesan tersendiri bagi siswa-siswa. Mereka bisa tertawa lepas dan ceria kembali setelah diajak bermain. Bahkan berdasarkan wawancara ringan yang dilakukan, mereka mengatakan mereka sangat senang bisa bermain kembali di sekolah. Karena selama pandemi ini mereka hampir kehilangan kesempatan bermain bersama teman. 

Selama PJJ mereka tidak diizinkan bermain di luar rumah. Ketika mereka bisa datang ke sekolah, itu jadi satu kesempatan besar bagi mereka untuk menebus hak bermain mereka. 

Pada initinya, kegiatan pembelajaran dengan model game based learning memberikan satu respon positif dan dampak yang luar biasa terhadap motivasi belajar siswa. Bahkan mereka tidak sungkan meminta lagi untuk diajak bermain jika ada kesempatan.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis selama kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran game based learning berlangsung, siswa-siswa merasakan kegembiraan dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Mereka lebih termotivasi sehingga materi yang dipelajari pun mudah mereka terima.

Dengan atau tanpa teknologi, kita tetap bisa menciptakan pembelajaran yang menarik. Teknologi hanyalah sebuah alat yang seharusnya digunakan untuk mencapai tujuan. Sebagai guru, kita harus selalu aktif, kreatif dan inovatif dalam menciptakan rancangan pembelajaran yang menarik agar siswa-siswa tidak jenuh.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun