Mohon tunggu...
Suhanda Dinata
Suhanda Dinata Mohon Tunggu... Guru - Saya Guru Matematika di SMPN 1 Cariu Kab. Bogor Jawa Barat dari tahun 2007

Assalamualaikum wr wb, salam sehat dan salam bahagia untuk kita semua, mari kita saling sapa saling berbagi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2

2 November 2024   09:40 Diperbarui: 2 November 2024   13:32 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.2 

Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Oleh: Suhanda dinata, S.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 11

Fasilitator: Suci Mustika Hati, M.Pd.

Pengajar Praktik: Budi Santoso, M.Pd

 

Saya menulis jurnal refleksi dwimingguan sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-11. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan).

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

1.         Fact (Peristiwa)

Saya mengakhiri modul 3.2 dengan menyelesaikan tugas di LMS, yakni:

Pengantar Modul Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

Aktivitas Pembelajara

Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi 1 pada tanggal 25 Oktober 2024, Ruang Kolaborasi 2 tanggal 28 Oktober 2024, Unggah Tugas Ruang Kolaborasi tanggal 31 Oktober2024.

Elaborasi Pemahaman

Pada hari senin 01 November 2024, Elaborasi Pemahaman Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

b.         Demonstrasi Kontekstual 

Pada hari kamis, 01 November 2024, saya berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid. Dalam menganalisis video ini, saya kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya. Ini link tugas Demonstrasi Kontekstual

https://youtu.be/GmdcxUsSlMU?si=OwF8ZsalQztXOZKV

2.         Feeling (Apa yang saya rasakan)

Setelah saya mempelajari Modul 3.2, saya merasakan bersyukur atas nikmat dan karunia Allah SWT, karena saya berada di sekolah yang memiliki 7 aset yang sesuai dengan yang saya pelajari.

3.         Finding (Apa yang saya dapatkan)

Di Modul 3.2. saya mendapatkan materi tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Saya memahami jenis -- jenis aset yaitu, 1. Aset Manusia, 2. Aset Fisik, 3. Aset Keuangan 4. Aset Sosial, 5. Aset Lingkungan 6. Aset Agama / Budaya, 7. Aset Politik.

4.         Future (Apa yang akan saya lakukan)

Setelah memahami materi dalam modul 3.2 saya akan berkolaborasi untuk memaksimalkan aset yang ada di sekolah saya.

Demikian refleksi dwimingguan yang saya dapat ceritakan, atas perhatianya saya ucapkan terimaksih. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun