Mohon tunggu...
Suhaimi Arza
Suhaimi Arza Mohon Tunggu... Guru - Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Guru dan Sekaligus Fasilitator Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Delapan Komponen Pembelajaran dalam Pendidikan

11 Februari 2023   10:30 Diperbarui: 11 Februari 2023   10:36 1372
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hubungan komponen Pembelajaran (sum.jendalaantik.blogspot)

Apabila merujuk kepada KBBI yang dimaksud komponen belajar adalah usaha atau cara yang digunakan untuk memperoleh ilmu. 

Menurut Oemar Hamalik (2011:57) yang dimaksud dengan komponen pembelajaran adalah unsur unsur atau peralatan yang saling melengkapi dan mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa komponen belajar adalah segala sesuatu yang berkaitan langsung terhadap proses belajar dan mengajar. 

Menurut Heri Rahyubi (2012: 234) komponen belajar meliputi 

1. Tujuan Pembelajaran 

Ini adalah apa yang ingin dicapai dari proses pembelajaran, misalnya pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
(Kognitif, efektif dan spikomotorik).

Tercapaianya visi dan misi yang  telah dicanangkan oleh sekolah/madrasah.

2. Kurikulum 

Kurikulum adalah satuan rencana,tujuan, materi dan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam proses penerapan mengajar untuk mencapai target dari pembelajaran  kurikulum yang telah ditetapkan.

3. Guru 

Tak ada yang dapat menggantikan guru  walaupun kecanggihan teknologi berjibun. Guru menjadi aktor utama dalam proses pembelajaran.  Perancang program dan proses berjalannya pembelajaran berada pada guru yang berperan penting membentuk sumber daya manusia yang potensial. 

Peran guru di era melenial saat ini sudah sedikit adanya perubahan, mereka menjadi  sebagai komunikator, motivator, ispirasi, pembimbing dalam pengembangan karakter. 

4. Siswa 

Mustahil jalannya pendidikan tampa adanya yang mau belajar, disinilah komponen yang berhubungan dengan pendidikan adanya siswa untuk menjalannya cita cita nasional pendidikan.

Siswa adalah bagian dari  faktor internal yang mempengaruhi proses pembelajaran, seperti suasana kelas menjadi tentram karena saling adanya pengertian, suasana menjadi kritis dan hidup, hingga proses pembelajaran terkendala juga bisa disebabkan oleh peserta didik.

5. Materi 

Ini adalah materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran, misalnya teori, konsep, atau aplikasi atau disebut juga teks yang telah disusun secara garis besar untuk membantu aktivitas belajar mengajar.

Peran  kurikulum dan guru sangat penting pada materi yang disediakan di dalam proses pembelajaran, sebgaimana halnya saat ini mengenai kurikulum merdeka bagaimana seorang guru membuat materi atau modul ajar dari tema atau bab yang telah diberikan untuk dituntaskan dengan metode metode yang mendukung tercapainya tujuan dari kurikulum tersebut.

6. Media Pembelajaran

Media  adalah alat atau teknik yang digunakan untuk menyampaikan konten pembelajaran, seperti buku, multimedia, atau praktik langsung. Sumber daya yang tersedia bagi peserta didik untuk mempelajari konten, seperti buku teks, sumber online, atau mentor.

Media untuk saat ini sangat luas terbuka, dengan pemanfaatan teknologi terlebih pemanfaatan teknologi virtual reality (VR).

Media teknologi Metaverse merupakan dunia maya yang  menjadi ruang digital yang  hidup, seolah olah nyata dan bersifat real time dan live. Siswa dapat langsung melihat akan apa yang sedang mereka pelajari dan menemukan pemecahan permasalah yang sedang dilakukan.

7. Metode Pembelajaran

Ini adalah cara bagaimana seorang guru menggunakan atau mengimlementasi rencana pembelajaran yang telah disusun untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan kurikulum, seperti ceramah, diskusi, atau pembelajaran berbasis proyek.

Kurikulum merdeka sangat menganjurkan pemecahan masalah, kritis, berinovasi, penyelidikan, diskusi sesama agar siswa dapat menyerap dan menyelesaikan projeck dalam setiap pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan dilingkungannya.

8. Evaluasi Pembelajaran

Ini adalah cara untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai, melalui tes, tugas, atau observasi.

Pada tahapan evaluasi  Mengukur sejauh mana sudah tercapai  kinerja pembelajaran untuk membuat keputusan selanjutnya.

Semua komponen pembelajaran harus bekerja sama secara efektif agar proses belajar dan mengajar menjadi efektif dan menghasilkan hasil belajar yang optimal.

Semoga bermanfaat.
kreator: Suhaimi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun