Mohon tunggu...
Suhaimi Arza
Suhaimi Arza Mohon Tunggu... Guru - Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Guru dan Sekaligus Fasilitator Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru Wajib Mengetahui, 3 Level Kognitif Soal Tingkat SD/MI

2 Desember 2022   10:04 Diperbarui: 2 Desember 2022   13:20 1764
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Level Soal (Sum. edit pribadivia Canva)

Ujian tinggal menghitung hari apabila merujuk kepada kelender pendidikan.  Sebelum peserta didik menghadapi ujian semester genap, ganjil guru terlebih dahulu mempersiapkan soal yang akan dijawab saat pelaksanaan penilaian. 

Guru harus paham dan mengetahui tingkatan soal yang akan diajukan kepada peserta didik agar nilai atau point yang diberikan pada soal berbeda beda  sesuai dengan tingkatan kesulitannya.  Tingkatan kesukaran  yang dimaksud terletak pada level kongnitif.  

Level kognitif adalah tingkat kemampuan peserta didik baik secara individual maupun kelompok dalam memahami materi pembelajaran.  Tingkatan soal dibutuhkan agar siswa bisa menyelesaikan soal berbasis HOTS (higher order thingking skills) . Jenis soal ini untuk melatih kemampuan literasi membaca dan numerasi yang sedang digalakkan kegiatanya oleh madrasah.

Puspendik mengklasifikasikan level kognitif menjadi 3 tingkatan yaitu level 1 (pemahaman) level 2 (aplikasi) dan level 3 (penalaran) dikutip dari buku Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiyah Karya  Albert Efendi Pohan, dkk (2020).

Berikut penjelasan tentang level kognitif pada soal yang penulis rangkum dari buku Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Karya Dr. Joko Subando (2022) yang harus dikuasai dan dipahami oleh guru dalam membuat soal : 

1. Pengetahuan dan Pemahaman (Level 1)

Level 1 mencakup dimensi proses berfikir mengetahui dan memahami, biasanya mengukur pengetahuan faktual, konsep dan prosedural. 

Untuk membuat soal level 1 guru harus mengingat rumus dan peristiwa, menghafal defenisi dan menyebutkan prosedur tertentu. Contoh kata yang sering digunakan yaitu menyebutkan, menjelaskan, membedakan, menghitung, mendaftar, menyatakan, dan lain lain. 

Contoh Soal level 1 : Berapakah hasil dari 54 + (-25) + 3-12 = ........ 

                                     2.  Sebutkan alasan kenapa   ikan  tidur  di balik bebatuan  ?

pada soal level 1 diatas siswa dapat mengenal dan memahami  pengetahuan  dari perhitungan dan pemahaman materi dari siklus ikan. 

  2. Aplikasi (Level 2)

Soal level 2 membutuhkan kemampuan lebih tinggi dari level 1. Kognitif aplikasi  mencangkup dimensi proses berfikir , menerapkan dan mengaplimentasikan sesuatu.  Guru saat membuat soal level 2 harus  mengukur pengetahuan  faktual, konseptual dan prosedural siswa, karena pada soal ini siswa diminta menerapkan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Contoh KKO yang sering digunakna adalah menerapkan, menggunakan, menentukan, menghitung, membuktikan, dan lain lain.

Contoh Soal Level 2 : 1. Perpustakaan madrasah mendapatkan sumbangan buku buku dari orangtua murid sebanyak 30% adalah buku cerita fiksi , 0,25 buku pelajaran, dan sisanya buku ensiklopedia. Berapakah bagian dari semua buku yang disumbangkan  merupakan buku ensiklopedia ?

Soal level 2 diatas siswa mengaplikasikan proses berfikir  antara 30%  dan 0,25  agar  siswa dapat menyelesaikan masalah dari soal yang sedang dikerjakannya. 

3. Penalaran (Level 3)

Penalaran merupakan level 3 dengan menggunakan ketrampilan berfikir tingkat tinggi yan biasa digunakan dalam soal HOST.  untuk soal level 3 siswa harus mampu mengingat, memahami  dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, serta prosedural. Siswa juga dituntut memiliki logika danpenalaran tinggi untuk memecahkan masalah masalah konsektual berupa situasi yang tidak lazim. Pada level ini mencakup proses berfikir menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.

Dalam soal level 3 siswa dilatih kemampuan untuk menspesifikasi aspek aspek atau element,menguraikan, mengorganisir, menbandingkan serta menemukan makna tersirat pad sebuah soal, agar siswa mampu menyusun hipotesis, mengkritik, memprediksi , dan menilai sesuatu.

Contoh Soal Level 3 :  Cerita Sepeda Motor  : pernahkah kamu terbangun dan merasakan ada sesuatu yang tidak beres ? itulah persisi yangsaya rasakan pada suatu hari. Saya duduk  di tempat tidur. Tidak berapa lama kemudian membuka tirai jendela, terlihat dilur  cuacanya buruk sekali -hujan turun sangat deras. Kemudian saya melihat kearah halaman rumah saya . Aduh! Ternyata benar! Itu dia - sepeda motor saya. Kondisinya dalam keadaan rusak berat seperti keadaan tadi malam. Dan kaki saya mulai terasa sakit.

Pada soal cerita diatas  guru  membuat soal level 3  yang dapat membangkitkan proses berfikir siswa agar mampu mengeluarkan  aspek aspek yang tertera pada level ini. 

Soal 1.  Sesuatu telah terjadi pada orang dalam cerita di atas malam sebelumnya. Apakah peristiwa itu ? 

A. Cuaca buruk telah merusak sepeda motornya.

B. Cuaca buruk telah menyebabkan dia tidak jadi keluar rumah.

C. Orang itu telah membeli sepeda motor baru

D. Orang itu telah mengalami kecelakaan sepeda motor.

Soal 2. pada cerita di atas ada ungkapan : "Aduh!" Mengapa orang dalam cerita mengucapkan kata itu ? 

A. Orang itu telah berhasil mengerjakan sesuatu yang sulit.

B. Orang itu baru saja menyadari bahwa cuaca hari itu tidak jelek.

C. Orang itu baru saja menyadari memang ada sesuatu yang tidak beres.

D. Orang itu merasakan senang dapat melihat sepeda motornya kembali.

Pada soal 1. rincian kompetensi yang dilahirkan adalah menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta element intriksi   dari cerita. Kejadian berdasarkan informasi rinci di dalam teks satra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Pada Soal 2 .  memahami dan mengindentifikasi perubahan elemen intrinsik pada teks satra.

Soal untuk tingkatan SD/MI berkisar pada level 3 sedangkan jenjang berikutnya SMP/MTS dan SMA/MA semakin meningkat hingga level 6. 

Terimakasih semoga bermanfaat salam guru Indonesia. Salam Literasi 

Penulis dan Editor Suhaimi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun