Mohon tunggu...
Suhaimi Arza
Suhaimi Arza Mohon Tunggu... Guru - Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Guru dan Sekaligus Fasilitator Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hari Pertama Visit Akreditasi MIN 12 Nagan Raya oleh Asesor Provinsi

26 Oktober 2022   21:18 Diperbarui: 26 Oktober 2022   21:53 1913
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto bersama guru min 12 dengan tim asesor provinsi Aceh. (Foto Suhaimi)

Assalamualaikum Wr Wb . Warga kompasiana dan pembaca yang budiman, Hari ini suhaimi akan menulis pengalaman mengenai akrediatsi yang dilakukan oleh asesor pada hari pertama, semoga tulisan ini menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi madrasah/sekolah yang tahun berikutnya akan melaksanakan akreditasi oleh BASN/M.

Rabu, 26 Oktober 2022. Semua guru MIN 12 menanti tamu istimewa yang sekitar 3 hari lalu telah datang surat pemberitahuan didalam grub akreditasi mengenai anggota asesor yang akan melakukan visit  dan memeriksa segala berkas dan mevalidasi data yang telah di aploud oleh tim akreditasi kedalam server, dua orang tersebut asesor adalah Muhklis, S.Pd, SE, M.Si dan Ade Kurniawan, M.Pd.

Tepat pukul 8.00 selesai kegiatan jam nol  atau kegiatan pagi di MIN 12 yang biasa sudah dimulai pada jam 7.30 hingga jam 8.00. Tim Asesor yang tiba langsung disambut oleh komite MIN 12 Nagan Raya Sayid Muntazar, S.Si yang telah  tiba di madrasah tepat pukul 7.45, didampingi oleh kepala madrasah Cut Rosmiati, S.Pd. Tim asesor langsung memulai pembicaraan dan tujuan diutusnya mereka ke madrasah oleh BANS/M.

Sebelum asesor melaksanakan tugasnya dalam proses  fasilidasi dan pengamatan, asesor terlebih dahulu mengungkapkan tujuan dan proses melaksanakan tugas visitasi yang dilakukan secara efektif, efisien, objektif, adalah supaya mendorong madrasah untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan. Klarifikasi, verifikasi, validasi dan informasi dari madrasah terhadap dukumen yang telah di aploud dalam aplikasi. klarifikasi, verifikasi, validasi dan perolehan informasi kepada Madrasah dilakukan sesuai dengan mekanisme, prosedur, norma, dan waktu pelaksanaan yang telah ditetapkan. Harapannya pihak madrasah dapat menjelaskan secara gamblang dan jelas maksud dan tujuan pengisian instrumen data yang telah di aploud. Dalam melaksankan tugas Asesor pastinya akan  menunjukkan etika yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, yakni sikap kejujuran, independensi, adil, kesejajaran, keterbukaan serta  bebas dari hal hal yang merusak norma dan sifat  intimidasi.

 Dalam pembukaan pertemuan awal ibu kepala madrasah membuka acara temu awal dengan memaparkan sedikit mengenai profil, visi dan misi, kegiatan pembelajaran, mutu guru, sarana dan prasarana , serta hubungan madrasah dengan komite atau orang tua dan juga sebaliknya, setelah itu disilahkan kepada asesor untuk dapat memperkenalkan diri dan menyampaikan tujuan ke MIN 12 Nagan Raya. Dalam hal ini disampaikan oleh Mukhlis, S.Pd, SE, M.Si dalam sambutanya memperkenalkan diri terlebih dahulu Nadengan menyebutkan nama dan tugas selain asesor saat ini adalah Pengawas sma dan Korwas capdin aceh Barat selanjutnya  membuka tentang tujuan asesor melaksanakan visitasi. Salah satu dari sekian banyak adalah IPM : relatif capain secara umum/istrument yaitu mencocokkan hasil dokument yang telah diisi atau diaploud dengan real nyata kejadian dilapangan.

lanjutnya untuk menjadi asesor sangat sulit karena dalam waktu durasinya 2 hari harus dapat menggali informasi dan mengklarifikasi beberapa point. Asesor juga akan lakukan overvasi dikelas melihat langusng kesiapan guru dalam mengajar serta perlengkapan mengajarnya. seterunyadisampaikan bahwa Observasi sekarang berbeda dengan dahulu yang hanya melihat dari jauh sudah cukup sekarang harus hadir dan langsung melakukan penilain kinerja saat dalam kelas., lagi asesor meminta  izin 2 hari untuk berada dimadrasah dan melakukan overvasi.


Menurut mukhlis Intinya supaya akreditasi tetap terbaik, apabila tidak terima dengan hasil yang diperoleh nantinya madrasah bisa melakukan langkah langkah komplint.Harapan asesor selama dua hari tersebut mereka bisa kerja sama dengan semua pihak.  Selesai pertemuan tahap awal asesor akan langsung bertemu dengan komite, dan wali murid agar dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya, tutupnya. Selanjutnya pada penutup kegiatan awal kembali lagi  ibu kepala madrasah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dari guru dan tenaga kependidikan.

Tugas asesor yang pertama adalah adalah melakukan wawancara  kepada komite dan wali murid. (untuk jawaban dan pertanyaan yang diajukan secara lengkap  akan menyusul pada tulisan selanjutnya) namun bocoran yang dapat penulis  tanyakan sedikit dari ketua  komite ada beberapa pertanyaan yang diajukan  oleh para asesor, mulai dari kerjasama dengan Madrasah, kinerja orang tua terhadap Madrasah, Apakah orang tua masih berharap dari dana BOS atau ada  ikut  berkontribusi untuk mutu pendidikan madrasah melalui komite, apakah setiap  persoalan dengan pihak luar ada selalu peran dari komite, Pernahkah rapat dengan wali murid dll.

Sedangkan pertanyaan untuk wali murid atau orang tua siswa madrasah adalah sebagai berikut :

-  Mengapa tertarik masukan anak ke madrasah, kenap tidak ke yang lain? 

-  Setiap progaram yang diadakah di madrasah apakah ada diadakan rapat dengan wali murid terlebih dahulu ?

-  Apakah setiap hasil rekomendasi rapat dilaksankan oleh madrasah ?

- Madrasah adakah memberikan peran kepada orang tua  untuk membantu mutu pendidikan ?

- Sejauh mana  kontribusi orang tua/walimurid  terhadap madrasah  ?

- Harapan dan masukan orang tua ?

- Pernahkan disampaikan keadaan madrasah kepada wali murid , seperti lebih banyaknya guru honorer dibandingkan dengan ASN/PNS ?

- Bagaimana tanggapan pihak orang tua terhadap guru honorer yang berada dilingkungan madrasah ?

Selesai dengan wawancara asesor dengan pihak komite dan 2 orang wali murid yang mewakili para orang tua dilanjutkan dengan observasi kepada waka kurikulum/ koor kurikulum Nurbaiti, S.Pd, beberapa pertanyaan kepadanya yaitu :

- Tata tertib pakaian apakah para siswa mengikuti aturan yang telah diterapkan oleh madrasah

- Bagaimana  proses pemberitahuan mengenai perihal aturan berpakaian kepada siswa dan wali murid .

- RPP guru bagaimana ? kapan RPP dibuat ? proses pelaksanannya bagaimana?

- Mengenai dokument yang telah di apload ! ada beberapa yang salah kamar, laporan  supervisi masuk point refleksi dan beberapa  tambahan mengenai hasil dari dukoment yang  telah di aploud.

- perihal visi dan misi dari Madrasah  

- Penerapan Analisis kompetensi terhadap kompetensi siswa , apakah sudah memahami atau tidak. bagaimana solusi  ?

- Pelaksanaan diseminasi : menyebarluaskan PKB terhadap teman sebaya.

- Proses pelaksanan PBM di madrasah ? jam masuk dan pulang.

- Berjalankah aturan yang telah ditentukan bersama (hasil rapat madrasah dengan semua pihak ) ?

Koordinator kurikulum difasilidasi dan dilakukan pengamatan serta wawancara oleh mukhlis sedangkan untuk koordinator kesiswaan ibu Sri Nanda Juwita, S.Pd.I oleh asesor edi kurniawan, berikut pertanyaan yang diajukan kepada Waka Kesiswaan :

1. bagaimana proses pembinaan bully di madrasah ?

2. Sejauhmana antusias masyarakat terhadap madrasah ? 

3. Bagaimana kegiatan exrakurikuler di madrasah ?

4.Adakah laporan prestasi lulusan bagaimana ?

5. Kegiatan yang dilakukan di madrasah sehari hari ?

6. prestasi madrasah terhadap kegiatan baik didalam maupun diluar madrasah ?

7. Proses pembinaan  mengenai anak anak yang sudah melakukan pelanggaran ?

Semua Pertanyaan yang diajukan oleh tim asesor harus sesuai dengan istrument yang telah diisikan oleh tim akred pada beberapa waktu yang lalu, tulisan selanjutnya pad part berikut adalah hasil jawaban dari komite, orang tua/wali murid, koor kurikulum, koor kesiswaan dan dilanjutkan dengan hasil  observasi dalam kelas 2 orang guru ibu sinta jasmida dan putriani.

berikut dokumentasi akreditasi pada hari rabu 26 oktober 2022.

tim asesor Ade kurniawan bersama koor kurikulum dan Tenaga Kependidikan ibu Nurbadriah (Dokpri)
tim asesor Ade kurniawan bersama koor kurikulum dan Tenaga Kependidikan ibu Nurbadriah (Dokpri)

Tim asesor Mukhlis melihat perangkat pembelajaran di kelas V (Dokpri)
Tim asesor Mukhlis melihat perangkat pembelajaran di kelas V (Dokpri)

Vasilidasi koor kurikulum Nurbaiti mengenai beberapa unggahan dokument (Dokpri)
Vasilidasi koor kurikulum Nurbaiti mengenai beberapa unggahan dokument (Dokpri)

mengamati sarana dan prasarana madrasah  (Dokpri)
mengamati sarana dan prasarana madrasah  (Dokpri)

wawancara dengan komite MIN 12 Nagan Raya (Dokpri)
wawancara dengan komite MIN 12 Nagan Raya (Dokpri)

Asesor mengamati visi dan misi madrasah (Dokpri)
Asesor mengamati visi dan misi madrasah (Dokpri)

Melihat kondisi kantin MIN 12 Nagan Raya (Dokpri) 
Melihat kondisi kantin MIN 12 Nagan Raya (Dokpri) 

Wawancara dengan pihak wali murid MIN 12 Nagan Raya (Dokpri)
Wawancara dengan pihak wali murid MIN 12 Nagan Raya (Dokpri)

Ibu marshinta mengambil dokument saat pengamatan koor kurikulum (Dokpri)
Ibu marshinta mengambil dokument saat pengamatan koor kurikulum (Dokpri)

Koor kurikulum memperlihatkan dokument mentah yang di aploud (Dokpri)
Koor kurikulum memperlihatkan dokument mentah yang di aploud (Dokpri)

Pembukaan awal pembukaan sebelum pelakasanaan dilapangan (Dokpri)
Pembukaan awal pembukaan sebelum pelakasanaan dilapangan (Dokpri)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun