Mohon tunggu...
Sudomo
Sudomo Mohon Tunggu... Guru Penggerak Lombok Barat

Trainer Literasi Digital | Ketua Komunitas Guru Penggerak Lombok Barat | Duta Teknologi Kemendikbudristek 2023 | Penulis Buku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Pembelajaran Daring CGP Submodul 1.2, Seperti Apa?

29 November 2022   08:26 Diperbarui: 29 November 2022   08:49 5025
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai seorang Pengajar Praktik (PP) tentu telah siap dengan tugas yang harus diembannya. Pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 saat ini, tugas PP sedikit berbeda dengan angkatan-angkatan sebelumnya. Pada angkatan 6 ini, PP mendapat tugas tambahan, yaitu mengikuti sesi Ruang Kolaborasi dan Elaborasi Pemahaman. Dalam tugasnya, PP berperan mengamati aktivitas CGP dampingan selama mengikuti sesi. 

Hal ini perlu dilakukan agar PP mendapat gambaran untuk dapat dituangkan dalam Jurnal Pembelajaran Daring CGP. Termasuk saat mengisi Jurnal Pembelajaran Daring CGP Submodul 1.2. Jurnal pembelajaran disusun berdasarkan alur belajar yang dilakukan CGP di earning Management System (LMS) PGP, yaitu MERDEKA. 

Alur belajar ini terdiri dari Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata. PP menyarikan tugas-tugas yang diunggah CGP dalam masing-masing alur ke dalam jurnal pembelajaran ini.

Berikut ini contoh jurnal pembelajaran salah seorang CGP dampingan yang telah diunggah ke LMS PGP sebagai bentuk pemantauan terhadap perkembangan kemajuan belajar CGP.

Mulai dari Diri

Pada alur belajar ini, tugas yang diunggah CGP menggambarkan peristiwa positif dan negatif yang dialami.sepanjang perjalanan hidup. Termasuk dampak emosional yang dirasakan saat mengalami peristiwa tersebut yang dijadikan sebagai penyemangat dalam hidup. Selain itu, juga tergambar nilai dan peran diri dalam berbagi dan berkolaborasi. Secara umum tugas yang dikerjakan telah sesuai dengan pertanyaan panduan yang diberikan. Namun, perlu tambahan gambar trapesium usia.

Eksplorasi Konsep

Sedangkan pada alur belajar ini, CGP ada upaya memberikan tanggapan pada setiap bagian materi melalui kolom your notes and questions. Tugas yang dituliskan menjabarkan tentang nilai inovatif sesuai kebutuhan murid. Selain itu juga menampilkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah sesuai dengan peran guru penggerak. Hal menarik yang bisa diambil, yaitu adanya tutor sebaya.

Ruang Kolaborasi

Secara umum CGP mengikuti kegiatan Ruang Kolaborasi dengan baik. Selain itu, juga aktif berpendapat selama jalannya diskusi kelompok. CGP juga mengunggah tugas yang secara umum sesuai dengan petunjuk pengerjaan tugas. Tugas diunggah dalam bentuk video yang menarik. Selain itu, dilengkapi dengan dokumentasi kegiatan terkait implementasi nilai dan peran guru penggerak.

Demonstrasi Kontekstual

Tugas yang diunggah CGP dalam bentuk video yang mengaktualisasikan nilai dan peran diri CGP sebagai guru penggerak. Gambaran CGP di masa depan adalah seorang guru yang merancang dan menerapkan pembelajaran berpihak pada murid sesuai kodrat alam dan zaman. Adanya upaya membuat kesepakatan kelas sebagai bentuk keberpihakan bagi murid. Adanya keinginan melakukan inovasi melalui pembelajaran yang menarik di antaranya berbasis permainan.

Elaborasi Pemahaman

CGP menuliskan pertanyaan terkait materi modul 1.2. Yang belum dipahami kepada instruktur melalui LMS. Pertanyaan terkait dengan cara mengatur anak di kelas yang beragam dalam proses pembelajaran. Selama sesi elaborasi pemahaman mengikuti rangkaian dengan baik sebagai pendengar aktif.

Koneksi Antarmateri

Refleksi hasil pembelajaran modul 1.1. dan 1.2 disajikan dalam bentuk infografis dengan metode 4P. Peristiwa yang menurut CGP paling berkesan adalah saat diskusi kelompok dalam alur Ruang Kolaborasi. Selama proses belajar, CGP merasa mendapat pencerahan terhadap hal-hal baru terkait upaya peningkatan kebahagiaan murid dalam proses belajar. CGP memperoleh pembelajaran, bahwa murid adalah subjek pendidikan, bukan lagi objek. Ke depannya CGP akan membuat media kreatif untuk proses pembelajaran di kelas yang menyenangkan.Hal menarik dari infografis adalah bahwa menurut CGP mewujudkan pembelajaran yang menghamba pada murid guru harus dapat menerapkan nilai dan peran guru penggerak.

Aksi Nyata

Aksi nyata submodul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak yang telah dilakukan oleh CGP didokumentasikan dalam bentuk video.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Salam Bloger Penggerak,

SUDOMO

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun