Mohon tunggu...
Sudewantoro
Sudewantoro Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Halo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi

23 Desember 2020   21:45 Diperbarui: 23 Desember 2020   22:04 682
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 7 The trends of total mentions by media types pada topik "Pariwisata Yogyakarta" | dokpri

Pada era digital saat ini, kemajuan teknologi dan informasi seiring berjalannya waktu menciptakan perkembangan internet melaju pesat. Perkembangan teknologi menjadikan internet sebagai bagian dari kehidupan modern. Internet juga dapat menghubungkan pengguna yang terdapat di seluruh belahan dunia di dalam suatu jaringan di manapun dan kapanpun. 

Apalagi di era wabah COVID-19 masih menjadi ancaman di tengah kehidupan masyarakat. Angka penularan hingga hari ini masih terus bertambah. Ditengah kondisi tersebut, jelas pencegahan penularan COVID-19 masih harus terus diupayakan. Diwaktu saat ini lebih cocok dalam penjualan suatu barang dilakukan dengan online.

Para pelaku bisnis tentunya membutuhkan media pemasaran yang efektif untuk memperluas pangsa pasarnya. Sebagai pemasaran, media sosial juga terkait dengan komunikasi pemasaran. 

Dalam komunikasi pemasaran terdapat bauran pemasaran yang salah satunya adalah promosi. Promosi adalah suatu aktivitas yang dilakukan antar perusahaan agar dapat memberikan manfaat dari produknya untuk konsumen dapat percaya dan dapat membeli produk tersebut. 

Fungsi promosi yaitu media komunikasi yang digunakan untuk memperkenalkan, mengajak, meningkatkan, dan memberikan informasi kepada masyarakat sebagai target sasaran agar dapat memahami segala berita tentang produk, barang atau jasa yang disampaikan melalui berbagai macam media promosi. Secara umum terdapat dua jenis media promosi yang biasa dilakukan yaitu media promosi berbasis cetak dan berbasis elektronik atau digital.

Salah satu contoh media berbasis elektronik atau digital yaitu media sosial. Media sosial yang dikenal orang Indonesia sangat beragam. Menurut hasil riset oleh 'We Are Social' diantara sekian banyak jenis media sosial, media sosial yang paling diminati orang Indonesia saat ini yaitu Twitter (Puspitarini and Nuraeni 2019). Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menggunakan Twitter. Menggunakan Twitter itu mudah, hanya membutuhkan sedikit waktu dan dapat meningkatkan penjualan serta pengetahuan konsumen. 

Perusahaan dapat menggunakan Twitter untuk promosi produk mereka dan dapat memberitahu pembaca tentang  berita penting mengenai perusahaan. Twitter adalah situs yang dioperasikan oleh Twitter Inc. yang berbasis web, yang menawarkan jejaring sosial berupa microblog sehingga penggunanya dapat mengirim dan membaca pesan yang disebut tweet. Tweet adalah teks yang ditampilkan di halaman pengguna. Tweet juga mudah dilihat, tetapi pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman mereka. Pengguna dapat melihat tweet pengguna lain, yang disebut pengikut (followers) (Dewi and Nurjaman 2017).

Melalui penelitian ini diharapkan dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang penggunakan media sosial Twitter sebagai media promosi dalam menginformasikan, mempengaruhi dan mengingatkan pasa sasaran atas perusahaan dan produknya.

Didalam era saat ini yaitu di era Pandemi COVID-19, banyak yang terdampak baik dari segi kesehatan maupun dari segi ekonomi terutama untuk para pedagang. Untuk saat ini solusi yang tepat dalam mempromosikan produk yang mereka miliki yaitu dengan menggunakan social media. Penggunakan Twitter menurut saya adalah tempat yang cocok sebagai media promosi karena masyarakat di Indonesia juga banyak yang menggunakannya dan selain itu penggunaannya yang mudah. Dan dengan pengguna yang sangat banyak di Indonesia dapat memudahkan dalam mempromosikan suatu barang.

Berikut data yang dikategorikan topik "Nitip Jual" (Anon n.d.)

Gambar 1 The trends of total mentions by media types pada topik "Nitip Jual" | dokpri
Gambar 1 The trends of total mentions by media types pada topik "Nitip Jual" | dokpri
Gambar 2 Mentions by weekday pada topik "Nitip Jual" | dokpri
Gambar 2 Mentions by weekday pada topik "Nitip Jual" | dokpri
Pada gambar 1 dan 2 menunjukkan bahwa topik "Nitip Jual" sangat banyak digunakan masyarakat per Desember 2020. Rata -- rata pada tiap minggunya mencapai lebih dari 500 mentions. Dan biasanya mentions akan meningkat ketika hari libur yaitu hari minggu.

Berikut data yang dikategorikan topik "Pariwisata Jatim" (Anon n.d.)

Gambar 3 The trends of total mentions by media types pada topik "Pariwisata Jatim" | dokpri
Gambar 3 The trends of total mentions by media types pada topik "Pariwisata Jatim" | dokpri
Gambar 4 Mentions by weekday pada topik "Pariwisata Jatim" | dokpri
Gambar 4 Mentions by weekday pada topik "Pariwisata Jatim" | dokpri
Pada gambar 3 dan 4 menunjukkan bahwa topik "Pariwisata Jatim" jarang digunakan masyarakat per Desember 2020. Rata -- rata pada tiap minggunya mencapai kurang dari 10 mentions. Dan biasanya mentions akan meningkat ketika hari libur yaitu hari minggu.

Berikut data yang dikategorikan topik "Pariwisata (New Normal)" (Anon n.d.)

Gambar 5 The trends of total mentions by media types pada topik "Pariwisata (New Normal)" | dokpri
Gambar 5 The trends of total mentions by media types pada topik "Pariwisata (New Normal)" | dokpri
Gambar 6 Mentions by weekday pada topik "Pariwisata (New Normal)" | dokpri
Gambar 6 Mentions by weekday pada topik "Pariwisata (New Normal)" | dokpri
Pada gambar 5 dan 6 menunjukkan bahwa topik "Pariwisata (New Normal)" sering digunakan masyarakat per Desember 2020. Rata -- rata pada tiap minggunya mencapai kurang dari 20 mentions. Dari hasil data tersebut mentions meningkat dihari kamis.

Berikut data yang dikategorikan topik "Pariwisata Yogyakarta" (Anon n.d.)

Gambar 7 The trends of total mentions by media types pada topik "Pariwisata Yogyakarta" | dokpri
Gambar 7 The trends of total mentions by media types pada topik "Pariwisata Yogyakarta" | dokpri
Gambar 8 Mentions by weekday pada topik "Pariwisata Yogyakarta" | dokpri
Gambar 8 Mentions by weekday pada topik "Pariwisata Yogyakarta" | dokpri
Pada gambar 7 dan 8 menunjukkan bahwa topik "Pariwisata Yogyakarta" sering digunakan masyarakat per Desember 2020. Rata -- rata pada tiap minggunya mencapai kurang dari 70 mentions. Dan mentions meningkat saat hari selasa.

Berdasarkan hasil penelitian tentang Penggunakan Media Sosial Twitter Sebagai Media Promosi, penulis dapat menarik kesimpulan yaitu terhitung bulan Desember 2020 pada topik "Nitip Jualan" sebesar 5882, topik "Pariwisata Jatim" sebesar 15, topik "Pariwisata (New Normal)" sebesar 38 dan topik "Pariwisata Yogyakarta" sebesar 135. Dinyatakan angka diatas, hal ini menunjukkan pengaruh promosi melalui Twitter terhadap topik "Nitip Jualan" lebih banyak digunakan atau dicari yang dilakukan dibandingkan dengan topik "Pariwisata". Pada saat hari -- hari besar atau hari libur, topik ini melonjak.

Berdasarkan urian peneliti dan hasil penelitian mengenai penggunaan media sosial Twitter dengan menggunakan data Drone Emprit Academic Open Data sebagai media promosi, datanya meliputi "Nitip Jualan", "Pariwisata Jatim", "Pariwisata (New Normal)" dan "Pariwisata Yogyakarta". Jika peneliti dapat menyarankan hal -- hal berikut untuk dapat ditindaklanjuti

  • Berdasarkan hasil data tersebut maka disarankan untuk memposting produk yang akan mereka jual pada hari -- hari besar atau hari libur. Karena rata -- rata penggunakan atau pencarian topik tersebut banyak dilakukan pada hari itu.
  • Topik -- topik seperti "Nitip Jualan", "Pariwisata Jatim", "Pariwisata (New Normal)" dan "Pariwisata Yogyakarta" yang dianggap bermanfaat, dapat dijadikan perhatian khusus bagi para pengusaha kecil khususnya StartUp membuat akun di media sosial yang bersifat resmi untuk mempromosikan produknya secara online.

DAFTAR PUSTAKA

Anon. n.d. "SDGs - Drone Emprit Academic - Supported by Universitas Islam Indonesia." Retrieved December 21, 2020a (https://academic.droneemprit.id/#/search/view/id/1074).

Anon. n.d. "SDGs - Drone Emprit Academic - Supported by Universitas Islam Indonesia." Retrieved December 21, 2020b (https://academic.droneemprit.id/#/search/view/id/998).

Anon. n.d. "SDGs - Drone Emprit Academic - Supported by Universitas Islam Indonesia." Retrieved December 21, 2020c (https://academic.droneemprit.id/#/search/view/id/965).

Anon. n.d. "SDGs - Drone Emprit Academic - Supported by Universitas Islam Indonesia." Retrieved December 21, 2020d (https://academic.droneemprit.id/#/search/view/id/990).

Askaria, Alda Oktitania. 2019. "Pengaruh Promosi Melalui Media Social Twitter Pada Online Shop Shopee @SHOPEEID Terhadap Keptusan Pembelian (Survei Terhadap Followers Akun Twitter @SHOPEEID)." Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis 6(2):104--10. doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6689.

Dewi, Rosanti Utami, and Zam Zam Nurjaman. 2017. "Penggunaan Jejaring Sosial Twitter Sebagai Media Promosi Pada Restoran Ranjang 69." Komunikasi Dan Media 1(2):51--67.

Maryati, Lilis. 2019. "STRATEGI KOMUNIKASI PENGGUNAAN TWITTER DALAM KEGIATAN PROMOSI KULINER." Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689--99.

Pawestri, Iva Anjar. 2014. "Twitter Sebagai Media Promosi Wisata Kota Semarang." An-Nida 6(2):101--10.

Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. 2019. "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi." Jurnal Common 3(1):71--80. doi: 10.34010/common.v3i1.1950.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun