Mohon tunggu...
SUDARYANTO
SUDARYANTO Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Universitas Sragen (UNISSRA)

Father, Teacher and Writer

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Pendidik Kuasai Learning Media Interaktif dan Efektif, Nearpod

9 Oktober 2024   02:18 Diperbarui: 9 Oktober 2024   02:29 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kemajuan dan perkembangan jaman akan selalu di ikuti dengan perkembangan teknologi. Tidak bisa kita pungkiri dan hindari bahwa perkembangan teknologi akan mempengaruhi berbagai sendi kehidupan dan segala bidang baik bidang ekonomi, seni, hukum dan lain sebagainya tanpa terkecuali bidang pendidikan dari tingkat pendidikan dasar menengah hingga di perguruan tinggi. 

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri baik bagi peserta didik, mahasiswa dan tentunya juga bagi tenaga pendidik tanpa terkecuali dosen di sebuah perguruan tinggi (Hasbi, 2022).

Salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak perguruan tinggi adalah masih banyaknya para dosen yang notabene sebagai tenaga pendidik kurang atau belum menguasai penggunaan berbagai aplikasi atau media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran kepada mahasiswa. Masih banyak dosen yang bertahan di zona nyaman dengan menerapkan metode pembelajaran manual dan konvensional baik dalam proses pembelajaran dan pengumpulan tugas. Padahal saat ini banyak sekali berbagai aplikasi digital yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran agar lebih efektif dan interaktif (Annisa, 2023).

Salah satu aplikasi digital alternatif yang mungkin belum banyak digunakan oleh para pendidik atau dosen dalam proses pembelajaran adalah nearpod.  Berbagai penelitian telah dilakukan terkait dengan tingkat efektifitas dari penggunaan media pembelajaran Nearpod terhadap minat belajar. Sebut saja penelitian dari Alicia tahun 2021 yang dilakukan di salah satu perguruan tinggi di Indonesia. 

Penelitian dengan judul efektifiktas penggunaan Nearpod terhadap peningkatan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah termodinamika ini menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran nearpod sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa (Hanni Alicia, Tammi Fardisah, 2021).  

Penelitian lainya yaitu penelitian dari (Abdullah et al., 2022) dengan judul "Nearpod use as a learning platform to improve student learning motivation in an elementary school" yang menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran nearpod dapat meningkatkan perhatian, ketertarikan atau minat belajar pada siswa.

Lantas apa itu nearpod, mengapa pendidik perlu mengenalnya dan apa saja fitur yang di dalamnya sehingga aplikasi ini sangat recommended dan sangat membantu tenaga pendidik dalam memberikan materi kepada para mahasiswa? 

Nearpod adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memungkinkan guru dan peserta didik berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung. Seorang pendidik atau dosen dapat membuat media ajar, menyajikan materi hingga evaluasi dan interaktif di media nearpod ini. 

Dengan nearpod memungkinkan pembelajaran menjadi sangat menarik dan fleksibel, pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja karena selain pembelajaran dapat dilakukan secara live atau langsung kita dapat memberikan waktu (tiimer) pembelajaran yang kita berikan. Selama waktu yang kita berikan masih aktif maka mahasiswa akan dapat mengakses (Tarumasely, 2023).

Berikut berbagai fitur dan kelebihan dari nearpod sehingga sangat direcomendasikan bagi para pendidik:

Kita dapat membuat materi ajar (lesson) di nearpod secara langsung dengan berbagai macam template yang disediakan platform ini. Tidak berhenti sampai disitu saja berbagai fitur dapat kita gunakan dan sisipkan di media ajar yang kita buat. 

kita dapat menambakan pdf, slide yang kita buat di powerpoint, membuat slide show (slide dalam slide), menambahkan gambar bahkan suara.

Tidak berhenti sampai disitu kita pun bisa menambahkan video langsung dari youtube dan sejenisnya dengan sangat mudah yaitu mengcopy URL dari sumber video. Di nearpod ini juga kita dapat menambahkan artikel-artikel terkait pembelajaran yang kita sampaikan sama halnya dengan menambakan video kita hanya cukup mencari artikel yang sesuai kemudian mengcopi URL nya ke nearpod. 

Selain itu kita juga dapat menyisipkan berita-berita berupa video dari BBC (pemberitaan luar negeri). Yang lebih menarik lagi kita dapat menampilkan gambar secara 3 dimensi misalnya kita kita ingin menjelaskan anatomi jantung manusia maka kita memanfaatkan fitur Nearpod 3D sehingga kita dan mahasiswa dapat melihat berbagai sudut atau bagian dari organ yang kita jelaskan kepada mahasiswa. 

Dan yang menarik lagi di nearpod juga terdapat fitur FR Fieldtrip sehingga kita bisa menunjukkan berbagai tempat-tempat terkenal di dunia misalnya menara eiffel dan tempat wisata lainya di dalam media pembelajaran kita.

Tampilan fitur game Time to clim di Nearpod/dokpri
Tampilan fitur game Time to clim di Nearpod/dokpri

Guna mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan kita dapat memanfaatkan fitur kuis dan permainan di nearpod. Berbagai pertanyaan dan permainan dapat kita gunakan untuk mengevaluasi peserta didik atau mahasiswa meliputi multiple choice, essay, fill in the blank, drag and drop, memory test dan yang paling menarik adalah time to climb. 

Para peserta didik dievaluasi dengan perpaduan sebuah game yang sangat menarik dan menyenangkan sekali. Untuk melihat hasil evaluasi kita dapat secara langsung melihat skor dari hasil evaluasi yang telah dikerjakan oleh mahasiswa sehingga kita tidak perlu susah untuk merekap secara menual.

Dan yang terakhir di dalam nearpod ini pendidik atau dosen dan mahasiswa dapat terlibat langsung dalam sebuah diskusi dalam fitur collaborate board dimana peserta didik dan dosen bisa langsung menuliskan dengan mencoret langsung dikertas kanvas yang disediakan oleh nearpod.

Itulah salah satu media pembelajaran alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh tenaga pendidik (dosen) dalam meningkatkan minat belajar dan interaktif mahasiswa. Dengan minat belajar dan interaktif serta menyenangkan harapanya akan meningkatkan tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang kita berikan sebagai tenaga pendidik.

PUSTAKA:

Abdullah, M. I., Inayati, D., & Karyawati, N. N. (2022). Nearpod use as a learning platform to improve student learning motivation in an elementary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(1), 121--129. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20421

Annisa, C. dan. (2023). Kurangnya Pemanfaatan E-learning Sebagai Media Pembelajaran. LPM PERSPEKTIF FEB-USK. https://persfe.com/kurangnya-pemanfaatan-e-learning-sebagai-media-pembelajaran/

Hanni Alicia, Tammi Fardisah, Z. M. (2021). Kuliah Termodinamika. JUKATIN: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Informasi, 4.

Hasbi. (2022). Perkembangan Teknologi dalam Bidang Pendidikan. Jurnalpost. https://jurnalpost.com/perkembangan-teknologi-dalam-pendidikan/41610/

Tarumasely, Y. (2023). Pembelajaran Interaktif Berbantu Nearpod: Membangun Kemandirian dan Kecakapan Belajar Siswa (1st ed.). Academia Publication.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun