Kresna dan Semar adalah dua tokoh dalam.pewayangan yang dikenal mumpuni selalu memihak kebenaran namun berbeda posisi. Yang satu raja, yang satunya lagi adalah " Batur" atau punakawan atau pembantu. Kesamaannya, kedua tokoh ini disematkan pula gelar Batara. Batara Kresna dan Batara Ismaya (Semar). Keduanya dekat dengan Pandawa, yang selalu dipersonifikasikan dengan kebenaran. Berbeda tetapi sama, ini yang menarik dari kedua tokoh ini.
 Asli Nusantara
   Tokoh Kresna ada dalam Mahabharata India, kita bisa menemukan tokoh ini dalam kehidupan nyata, sebagai person yang dihormati hingga dipuja sebagai Hare Kresna. Dalam wayang, Kresna muncul sebagai seorang raja titisan Betara Wisnu, yang tidak hanya sakti mandraguna tetapi pandai dan bijaksana. Dikenal sebagai penasehat Pandawa.Â
   Sebaliknya Semar, kita tidak akan menjumpai pada Mahabharata. Ia benar benar tokoh yang hanya ada dalam kisah wayang. Namun ada sebagian orang yang menganggap Semar itu memang benar benar ada bukan tokoh rekaan. Ia berperan sebagai pembantu, pengasuh sekaligus teman bahkan setingkat penasehat. Tampil bersama 3 anaknya yaitu Gareng, Petruk dan Bagong. Mereka benar benar setia pada Pandawa dalam suka dan duka.Â
   Jadi dalam pewayangan kita melihat posisi penasehat ada di atas dan di bawah. Di atas ada Kresna, di bawah ada Semar.Â
   Uniknya, menurut wayang, ilmu dan posisi Semar lebih tinggi dibandingkan Kresna karena ia sebenarnya adalah kakak Betara Guru atau Betara Manikmaya. Dikisahkan sebenarnya ia lebih sakti dan lebih senior dibandingkan Betara Guru penguasa para dewa.  Ia ditugaskan turun ke bumi untuk mengawal para satria yang berpihak pada kebenaran dengan posisi sebagai pelayan. Nama aslinya adalah Betara Ismaya. Sedangkan Kresna lahir dari manusia biasa, sebagai putra raja Mandura, Prabu Basudewa. Biarpun demikian ia sedemikian dekat dengan Pandawa sehingga dapat dikatakan sebagai penasehat. Kedekatan ini pada Bharata Yudha sama dalam kisah Mahabharata, walaupun diceritakan dengan perspektif lain.
Kebijaksanaan LokalÂ
   Sekalipun Kresna dianggap pintar dan bijaksana, namun wayang Nusantara tidak memposisikan lebih tinggi ketimbang Semar. Ini tergambar pada kisah Samba Sebut, atau lahirnya Suteja atau Prabu Bomanarakasura. Kisah kisah rekaan ini menunjukkan bahwa Kresna masih memiliki kesalahan karena membela yang salah. Ia dianggap mengutamakan anak sendiri yang sebenarnya salah. Harusnya ia bersikap adil. Ini sifat kebijaksanaan di atas, yang terkadang adil namun ada kalanya " tumpul " ketika berhadapan dengan kepentingan sendiri. Ini wajar karena sang tokoh masih bergulat dengan posisinya yang di atas.Â
   Dalam kisah Samba, yang salah, ia mendua. Juga ketika Pandawa berseteru dengan anaknya, Prabu Bomanarakasura memperebutkan tanah perbatasan Titis Tunggarana. Sekalipun anaknya salah, tetapi Kresna masih membela mati matian. Pada saat itu, Semar memberi petunjuk agar Pandawa bisa mengalahkan anak Kresna. Tidak hanya itu, ia juga mengingatkan pada Prabu Kresna untuk bertindak adil sekalipun kepada anaknya sendiri.Â
   Juga pada saat perang Bharatayudha, beberapa kali ia memberikan saran pada Pandawa untuk melakukan tindakan yang tidak etis. Ini membuat Kresna berada pada posisi tidak sempurna. Sekalipun ia beranggapan apa yang dilakukan berlandaskan kebenaran, tetapi kebenaran itu masih sulit diterima.
   Berbeda dengan Semar yang dianggap tokoh yang sedemikian sederhana. Kesederhanaan yang terlukis dengan posisinya sebagai punakawan. Kebenaran menurut Semar selalu diterjemahkan dalam.bahasa sehari hari. Dari postur tubuh yang gemuk, mata seperti berlinang, wajah jelek, namun ramah, nampak tua. Semar selalu berbahasa Jawa halus jika berbicara dengan para satria, karena memposisikan diri sebagai pembantu (Batur dalam bahasa Jawa). Para satria sebaliknya berbahasa Jawa ngoko atau kasar untuk menunjukkan keakrabannya.Â