Matematika berasal dari bahasa latin mathemata yang berarti belajar atau hal yang dipelajari, dalam bahasa Belanda disebut wiskunde atau ilmu pasti yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran Supatmono (2009: 34). Jadi matematika merupakan ilmu pasti yang dipelajari mengenai pola pikir, pembuktian secara logika, pola mengorganisasikan dan beberapa konsep mengenai bilangan yang mempunyai hubungan satu dengan yang lain dengan jumlah yang banyak. (Aditya, 2018)
Mata pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sangat penting karena matematika merupakan ilmu yang berkaitan dengan ilmu yang lain seperti fisika, ekonomi, teknologi dan lain-lain. Tetapi banyak sekali siswa yang menganggap bahwa matematika itu sulit untuk dipelajari dan dipahami. Siswa mudah menyerah apabila mengerjakan soal matematika yang rumit. Oleh karena itu banyak guru yang membuat inovasi dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu siswa dalam belajar matematika.
Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju menuntut setiap individu untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Manfaat teknologi informasi dalam perkembangan kehidupan sehari-hari memang sangat banyak, terutama untuk pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan bidang lainnya.
Penggunaan smartphone dikalangan siswa yaitu untuk saling berkomunikasi dengan siswa yang lain mengenai pembelajaran di sekolah, sebagai sumber belajar, dan menambah wawasan siswa. Namun belakangan ini smartphone sudah menjadi trend dikalangan siswa banyak siswa yang membeli smartphone dengan model yang bermacam-macam. Biasanya siswa yang memiliki smartphone hanya untuk mengikuti trend semata tidak dapat memanfaatkan penggunaannya dengan baik dan bijak contohnya hanya untuk bermain game dan berselancar di dunia maya atau yang lebih dikenal dengan sosial media.
Penggunaan smartphone bagi siswa memang banyak memiliki dampak positif untuk mendukung siswa dalam pembelajaran di sekolah namun smartphone juga memiliki dampak negatif yang dapat mengganggu aktivitas belajar siswa. Terlebih, Kibona dan Mgaya (2015) memperlihatkan tingginya pemakaian smartphone dapat mengganggu proses pembelajaran sebagaimana penggunaannya bisa mencapai 5 sampai 7 jam per hari untuk sosial media. Durasi ini jauh melebihi pemanfaatan smartphone remaja pada konteks akademik. Contohnya penggunaan aplikasi Facebook, sebagai media sosial terpopuler, bila terjadi secara berlebihan dapat memprediksi semakin rendahnya prestasi akademik (Junco, 2012). (Pusponegoro, 2019)
Maka dari itu guru dapat memberikan pengarahan terkait penggunaan smartphone terhadap siswa nya agar dapat menggunakannya sebaik mungkin dan dapat bermanfaat bagi pembelajaran di sekolah. Guru pun dapat menjelaskan kepada siswa nya untuk disiplin dalam menggunakan smartphone agar tidak menjadi berlebihan dan menyebabkan kecanduan. Memang tidak ada salahnya untuk menggunakan smartphone sebagai sarana hiburan namun harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam pemanfaatannya.
Pada saat ini banyak guru atau pun orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan mulai memanfaatkan teknologi khususnya smartphone sebagai sarana pembelajaran bagi siswa. Seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri banyak sekali aplikasi, website, game dan lain-lain yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tentunya ini merupakan sebuah dampak positif bagi siswa yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Oleh karena itu saya membuat website yang bernama " WILD FLOWER CLASS" sebagai media pembelajaran matematika yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika diperuntukkan siswa Sekolah Menengah Pertama. Website ini berisi tentang materi pembelajaran, contoh soal, video pembelajaran dan tips belajar. Siswa dapat mengakses website ini dimanapun dan kapanpun. Website ini juga dapat diakses di smartphone dan komputer.
Pada halaman pertama yaitu halaman muka website berisi perkenalan apa itu "WILD FLOWER CLASS". Lalu pada halaman kedua yaitu power point berisi power point materi mulai dari kelas 7, 8 dan 9 yang dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar, file power point tersebut nantinya dapat didownload oleh siswa atau pun dilihat secara online. Lalu pada halaman ketiga yaitu kumpulan video pembelajaran berisi beberapa video yang saya semat kan dari youtube yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Lalu pada halaman ketiga yaitu kumpulan soal-soal berisi beberapa soal matematika beserta pembahasan nya. Lalu pada halaman keempat yaitu tips belajar berisi tentang artikel yang saya semat kan dari berbagai sumber dan video dari youtube yang saya semat kan, halaman ini memuat beberapa tips belajar yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran.
Berikut adalah link websitenya : https://sites.google.com/view/wild-flower-classÂ
Berikut adalah beberapa tampilan dari website "WILD FLOWER CLASS" :
Aditya, P. T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB PADA MATERI. Jurnal Matematika Statistia & Komputasi, 15(1), 64--74.
Pusponegoro, S. D. (2019). DAMPAK NEGATIF ADIKSI PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP ASPEK-ASPEK AKADEMIK PERSONAL REMAJA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1–14.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H