Mohon tunggu...
Suci Qodarul Hikmah
Suci Qodarul Hikmah Mohon Tunggu... Lainnya - Kelas C-7 NPM 10120401, S1 Manajemen

everythingoes

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Evaluasi Bauran Pemasaran pada Seblak Mamah Saleh di Kota Bandung

20 Juni 2024   14:38 Diperbarui: 20 Juni 2024   17:20 812
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Logo Seblak Mamah Saleh/dokpri

Seblak berasal dari kata "nyeblak" yang berarti mengagetkan, adapun yang menyebutkan  berasal dari kata "segak" atau "nyegak" yang berarti menyengat. Bisa disebut jika arti kata mengagetkan dan menyengat ini pas dengan karakter makanan seblak yang membuat kaget dan menyengat karena pedas. Seblak merupakan salah satu makanan asal Sunda tepatnya Kota Bandung yang kini semakin popular di kalangan luas. 

Seblak identik dengan rasa gurih, pedas dengan rempah kencur dengan olahan asal mula seblak awalnya hanya kerupuk mentah yang dimasak dengan bumbu bawang putih dan cabai rawit, namun seiring dengan meningkatnya tingkat polularitas seblak, kini isian seblak sudah menggunakan berbagai macam topping seperti mi, bihun, kwetiau, siomay kering, batagor kering, baso, sosis, sayuran, dsb hingga suki-sukian. Asal-usul seblak bermula dari persediaan kerupuk yang melimpah di Bandung. Kerupuk sudah yang sudah lama saat digoreng tidak seenak kerupuk yang baru dibuat. Karena penumpukan kerupuk ini menyebabkan banyaknya kerupuk yang terbuang, maka muncul berbagai ide dan kreasi dari masyarakat untuk mengolah kembali kerupuk lama hingga terciptanya seblak. Seblak tidak termasuk resep kuliner legendaris khas Sunda, karena asal-usulnya berasal dari kreasi masyarakat Sunda yang senang mengeksplorasi dengan bahan makanan berbahan tapioca.

Maraknya suatu usaha menjadikan salah satu indikator keberhasilan yang memungkinkan usaha tersebut memiliki kemampuan kreatif dan inovatif sebagai dasar, strategi, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju kesuksesan. Dalam situasi yang sangat kompetitif, para pelaku usaha menghadapi menghadapi persaingan yang sangat ketat, semua berlomba-lomba untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha, strategi pemasaran harus dirancang dengan baik. Yang berbeda dan menarik adalah nilai tambah yang diperoleh dari barang dan jasa, yang menjadi kelebihan untuk dijadikan peluang strategi pemasaran yang efektif.

Seblak Mamah Saleh merupakan salah satu tempat usaha seblak di Kota Bandung, cukup terkenal dengan ciri khasnya yang tempatnya dibuat bernuansa prasmanan, dimana pembeli dapat memilih dengan bebas dari varian topping yang ada sehingga tersajikan sesuai selera. Salah satu aspek strategi pemasaran di Seblak Mamah Saleh adalah penggunaan media sosial TikTok live streaming dengan menampilkan proses memasak hingga menyajikan hidangannya dan menunjukkan suasana ditempat yang ramai akan pembeli membuat masyarakat luar yang belum mengetahui Seblak Mamah Saleh menjadi tahu dan penasaran lalu tertarik untuk datang dan mencoba, hal ini menjadikan strategi pemasaran yang khas dari Seblak Mamah Saleh selain dari citra rasa dari kualitas bumbu seblaknya yang juga sudah terkenal kenikmatannya.

Menurut Kotler dan Keller (2016), pemasaran adalah sebuah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Inti dari pemasaran adalah fungsi yang memiliki kontak yang paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu, pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi. Pemasaran meupakan proses sosial dan manajerial dimana pribadi atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan pertukaran nilai dengan yang lain.

Seblak Mamah Saleh merupakan salah satu tempat yang sangat popular dan hits terkini di Bandung terutama viralnya di media sosial TikTok. Seblak Mamah Saleh terkenal dengan bumbu medok yang khas dan berbagai topping yang tersedia, mencapai puluhan varian. Lokasinya yang berada di dalam sebuah gang di daerah Jl. Sukamulya Indah, Kota Bandung, membuatknya menjadi tujuan yang mudah dicapai. Dengan suasana yang ramai dan penuh energi, Seblak Mamah Saleh menjadi tempat yang sangat cocok untuk berbagai acara, seperti gathering dengan teman, kerabat, dan keluarga, atau bahkan hanya sekedar untuk menikmati makanan yang enak apalagi para foodies yang ingin mengeksplor pengalaman kulinernya. Menu yang tersedia sangat beragam, mulai dari varian seblak klasik hingga varian yang lebih modern dan inovatif. Topping yang tersediapun sangat beragam, mulai dari seafood hingga daging, serta berbagai jenis kerupuk yang menjadi bahan utama hingga aneka sayuran.

Kualitas makanan yang disajikan di Seblak Mamah Saleh juga sangat dijamin. Bumbu yang digunakan sangat khas dan memiliki perbedaan dibandingkan dengan kedai seblak lainnya, membuat makanan yang disajikam memiliki rasa yang unik namun tetap enak. Selain itu pelayanan yang diberikan oleh karyawan Seblak Mamah Saleh juga sangat ramah dan professional, membuat pengunjung merasa nyaman dan dilayani dengan hormat. Karena popularitasnya yang sangat tinggi, Seblak Mamah Saleh seringkali menjadi tujuan wisata kuliner bagi para pengunjung luar wilayah Jl. Sukamulya Indah, hingga pengunjung luar kota.

Seblak dapat dijadikan sebagai salah satu usaha penjualan makanan dan memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan penjualan dibidang makanan, terutama di kalangan masyarakat yang memiliki minat pada kuliner. Pemasaran online dengan menggunakan media sosial seperti TikTok dan Instagram dapat memudahkan konsumen yang ingin berkunjung dengan semua informasi yang diberikan dan setelahnya dapat dijadikan wadah untuk konsumen memberikan opini atau pandangan terhadap pengalaman yang telah dirasakan. Dalam hal penjualan Seblak Mamah Saleh dapat meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi bauran pemasaran online yang efektif. Berikut terdapat data hasil penjualan Seblak Mamah Saleh periode dari 2019 sampai tahun 2023:

Sumber: Data Penjualan Seblak Mamah Saleh (2024)
Sumber: Data Penjualan Seblak Mamah Saleh (2024)

Dari catatan tabel diatas menunjukkan hasil penjualan Seblak Mamah Saleh dari tahun 2019 hingga 2023 yang mencakup berbagai aspek yang memberikan gambaran  menyeluruh tentang performa bisnis selama lima tahun terakhir. Pendapatan tahunan Seblak Mamah Saleh menunjukkan peningkatan yang stabil dari tahun ke tahun. Meskipun demikian, terdapat siklus kenaikan dan penurunan omset periode perbulannya yang bervariasi, yang dikatakan Ibu Imas pendapatan perbulan dari awal buka pada tahun 2019 didapatkan penjualan perbulan sebesar Rp. 700.000  hingga Rp. 2.000.000  sampai dengan sekarang dapat meraih penjualan terbesar hingga Rp. 12.000.000 hal ini menjadikan Seblak Mamah Saleh mampu menghadapi siklus naik turunnya omset penjualan namun mampu bertahan dan meningkatkan penjualan yang membuat posisi bisnis Seblak Mamah Saleh semakin kuat dipasarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun