Teori Belajar Sosial menurut Albert Bandura
Teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura merupakan salah satu teori penting dalam psikologi yang menjelaskan bagaimana individu belajar dari lingkungannya. Teori ini menekankan bahwa pembelajaran terjadi melalui pengamatan, peniruan, dan model. Bandura memperkenalkan konsep ini sebagai perpanjangan dari teori perilaku tradisional yang lebih fokus pada hubungan antara stimulus dan respons.
1. Pengertian Teori Belajar Sosial
Teori belajar sosial menyatakan bahwa manusia tidak hanya belajar melalui pengalaman langsung, tetapi juga melalui observasi terhadap perilaku orang lain. Bandura menekankan bahwa proses pembelajaran ini melibatkan empat komponen utama: perhatian, retensi, reproduksi motorik, dan motivasi. Selain itu, ia menambahkan konsep penting tentang self-efficacy, yaitu keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk melakukan tindakan tertentu.
2. Prinsip Utama Teori Belajar Sosial
Beberapa prinsip utama dari teori belajar sosial Bandura meliputi:
a. Observasi dan Imitasi
Pembelajaran melalui observasi berarti individu mengamati perilaku orang lain (model) dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Jika perilaku model mendapatkan penghargaan (reinforcement), individu lebih cenderung meniru perilaku tersebut. Sebaliknya, jika perilaku tersebut mendapatkan hukuman, individu mungkin akan menghindarinya.
b. Modeling
Modeling adalah proses di mana individu meniru perilaku yang diamati. Model dapat berupa:
Model Langsung: Orang yang berinteraksi langsung dengan individu, seperti orang tua, guru, atau teman.