Mengapa Pengelolaan Kelas Sangat Penting dalam Membangun Lingkungan Belajar Positif?
Selama sebulan, saya selaku wali kelas mendorong anak wali untuk terlibat penuh dalam mendesain kelas idaman. Sebab, kelas yang nyaman akan memberikan dampak positif bagi murid saat belajar. Jika kelas nyaman akan membuat murid terasa seperti rumah sendiri dan akan mudah melakukan interaksi bersama rekan sekelas dalam mewujudkan budaya positif di kelas dan menebalkan laku dalam penerapan keyakinan  kelas yang telah disusun.
Sebagai wali kelas bisa menerapkan tipe pengelolaan kelas sehingga berdampak pada penerapan pendekatan yang berbeda dalam hal kita sebagai wali kelas bagaimana mengelola sikap murid, interaksi di kelas, dan proses persiapan hingga pelaksanaan dalam mewujudkan kelas idaman sesuai keinginan murid di kelas.
Sebagai praktik nyata di kelas, saya menggunakan tipe permisif yang memiiki ciri wali kelas memberikan kebebasan yang besar kepada semua murid di kelas dengan sedikit batas ataupun ketentuan. Selain itu, guru mendorong murid untuk mengeksplorasi dan mengambil keputusan sendiri.Â
Hal ini memiliki dampak positif yakni meningkatkan daya kreativitas dan rasa percaya diri murid di kelas serta mendorong pembelajaran mandiri. Namun, guru tetap sebagai pengamat yang memberikan motivasi dalam mendukung keterlibatan semua murid di kelas agar terjadi kekompakan.
Pengelolaan kelas merupakan salah aspek paling penting dalam dunia pendidikan sebab memiliki peran besar dalam membentuk lingkungan belajar yang kondusif dan positif. Lingkungan belajar yang kondusif dan positif dapat mempengaruhi motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar murid di kelas. Dengan begitu, guru mendorong semua murid di kelas bagaimana upaya menciptakan kelas yang ideal versi mereka.
Langkah pertama yang dilakukan seorang wali kelas dalam proses manajemen kelas yang efektif yakni menentulan kondisi kelas yang ideal. Wali kelas perlu tahu dan paham dengan kondisi kelas yang menurut penilaiannya akan membelajarkan murid secara efektif dan efisien. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa kelas yang nyaman merupakan idaman bagi guru dan juga semua murid di kelas sehingga menjadi tempat yang nyaman dan membuat betah bagi murid belajar.
Kelas nyaman memiliki suasana yang hangat, media belajar yang mencukupi, dan tata letaknya tidak jauh serta mudah dijangkau. Hal ini perlu direncanakan secara bersama-sama dan memelihara jika telah diwujudkannya melalui kesepakatan kelas dan prosedur kelas yang mudah dingat dan dilaksanakan.Â
Hal ini sebagai bentuk disiplin positif yang menguatkan laku murid dalam menerapkan keyakinan kelas yang telah dibuat dan disepakati. Ini menjadi dasar penerapan sikap dan perilaku murid selama di kelas dan sekolah.Â