Tips Guru: Membantu Murid Melatih Berpikir Kreatif di Kelas
    Bapak dan ibu guru hebat apa kabar? Tentu kabar baik. Dalam pengembangan diri latihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar terdapat pelatihan mandiri yakni Semangat Guru 2. Adapun topik modulnya luar biasa jika kita dalami sangat menginspirasi untuk diterapkan dalam pembelajaran. Pada pembahasan  modul pertama mengenai berpikir divergen dan konvergen; gagasan baru: bagi saya vs. orang lain; dari kesalahan ke ide orisinal; dan mengambil risiko. Materinya luar biasa mantap sekali. Namun setelah selesai tentu kita diminta untuk membuat video pemahaman sebagai refleksi agar dapat menuntaskan pelatihan mandiri Semangat Guru 2 tentang bagaimana guru terinspirasi dari pembelajaran modul pertama membuat bagaimana tips guru membantu murid melatih berpikir kritis di kelas baru bonusnya kita memperoleh sertifikat yang bisa gunakan sebagai bukti dukung pengembangan pengelolaan kinerja PMM.
     Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang berharga dalam menghadirkan sebuah tantangan di era sekarang. Sebagai guru, kita mempunyai peran penting dalam membantu murid dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Dengan memberikan stimulus lingkungan yang mendukung dan menggunakan teknik-teknik sesuai maka kreativitas murid di kelas dapat tumbuh. Berikut tips yang dapat digunakan untuk membantu murid berpikir kreatif di kelas:
Dorong pertanyaan dan diskusi terbuka
Saat pembelajaran beragam cara yang bisa digunakan untuk menyetimulus murid untuk memotivasi murid untuk bertanya. Salah satunya dengan kalimat pemantik dan buka ruang bagi murid untuk bertanya serta berdiskusi secara terbuka mengenai topik yang sedang dibahas. Dengan begitu, dorogan dari murid untuk mempertanyakan status quo, menemukan alternatif solusi, dan menyampaikan ide-ide kreatif mereka. Dalam hal ini, guru dapat mengunakan berpikir divergen dan konvergen. Lalu, guru dapat memberikan apresiasi pada setiap pertanyaan atau ide yang telah murd sampaikan. Meskipun ide yang disampaikan terdengar tidak biasa atau tidak konvensional sekaligus.
Gunakan metode pembelajaran aktif
Beragam metode yang tepat yang bisa guru gunakan untuk menciptakan pembelajaran aktif di kelas. Penerapan metode pemelajaran aktif di antaranya diskusi kelompok, proyek kolaborasi atau sebuah permainan peran yang mampu memberikan stimulus kreativitas murid. Selain itu, metode ini juga mengaktifkan murid secara fisik dan mental, serta dapat memungkinkan murid untuk mengekspolasi dan berekspresi dengan bebas.
Memberikan tantangan terbuka
Dalam tips ini guru dapat memberikan tugas atau suatu permasalahan yang tidak memiliki jawaban pasti atau sebuah jalan yang sudah ditentukan. Hal ini tentu akan mendorong murid untuk berpikir  di luar batas konvensional dan lalu mencari jalan keluar yang unik dan menarik. Guru terus memberikan dukungan untuk terus mencoba memberikan pendekatan baru dan membuat murid tidak takut untuk melakukan kesalahan. Sehingga dalam hal ini menset dalam pikiran murid dapat menghilangkan sedikit demi sedikit mental block yang membuat stagnan di tempat.
Berikan ruang kreativitas
Guru dapat meciptakan lingkungan belajar yang mendukung ekspresi kreatif. Dalam hal ini, guru memberikan ruang fisik dan waktu yang cukup untuk murid dalam mengekspresikan ide-ide luar biasa secara bebas. Sehingga berpikir divergen dapat muncul sehingga guru dapat membantu murid untuk menyimpulkan mana kategori berpikir konvergen yang sesuai dengan permasalahan yang dibahas dengan memberikan indikator permasalahan dan penyelesaian.
Gunakan teknologi dengan bijak
Adanya teknologi sebagai penunjang pembelajaran dapat membantu memacu kreativitas murid. Guru dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang memungkinkan murid berekpresi dengan digital. Dengan begitu bakat dan minat yang dimiliki dapat membantu menumbuhkan kreativitas yang luar biasa apalagi zaman murid sekarang adalah era teknologi namun tentu guru juga memberikanbBatasan agar pemanfaatan tidak mengganggu fokus mereka.
 Guru melakukan evaluasi yang terpusat pada proses
Saat guru melakukan evaluasi kinerja murid, sebaiknya berfokus pada proses yang menghasilkan ide-ide kreatif, bukan semata pada hasil akhir. Berikan apresiasi sebagai bentuk penghargaan atas usaha murid dalam memikirkan solusi baru dan mencoba memberikan pendekatan inovatif, dan bahkan jika hasilnya tidak sempurna sekalipun.
    Beberapa tips di atas dapat membantu murid berpikir kreatif di kelas. Meskipun banyak cara kreatif lainnya yang bisa guru lakukan. Dengan menerapkan secara konsisten tips-tips  tersebut, maka guru dapat melatih kemampuan berpikir kreatif murid di kelas. Perlu guru ingat bahwa setiap murid memiliki potensi kreatif yang berbeda sehingga di sinilah peran guru untuk mengembangkan potensi mereka, sebab semua murid adalah istimewa. Di tangan guru kreatif, maka akan lahir murid kreatif pula. Semangat memberikan yang terbaik sehingga kelak murid akan mengenangnya dan dapat diaplikasikan pada masa depannya.
Sumber dari intisasri dari materi diklat mandiri Semangat Guru 2 di Paltfom Merdeka Mengajar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H