Mohon tunggu...
SuciatiFDA
SuciatiFDA Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 5 Sijunjung

Guru Bahasa Indonesia, Penulis Novel Online dan sastra yang lainnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SMK Negeri 5 Sijunjung Menggelar Workshop Digital Marketing

14 Oktober 2022   20:49 Diperbarui: 14 Oktober 2022   21:01 530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. San Ahdi, S.Sn, M.Ds

Perkembangan dunia teknologi yang sangat -- sangat maju berdampak sangat signifikan akan perkembangan dunia bisnis di dalam dunia usaha dan dunia industri. 

Salah satunya adalah dengan munculnya suatu cara dalam melakukan usaha atau bisnis yang dikenal dengan dunia "Digital Marketing", dimana setiap usaha atau bisnis yang dilakukan memanfaatkan media sosial yang ada. Mulai dari Instragram, Facebook, Tik tok, Twiter sampai dengan beberapa aplikasi yang tumbuh seperti jamur di musim hujan. 

Ahli ahli teknologi informasi berlomba lomba membuat aplikasi penjualan. Sehingga usaha atau bisnis yang biasanya dilakukan secara konvensional sekarang beralih menjadi digital. Peralihan role mode penjualan yang membutuhkan skill yang sangat kompeten untuk bisa bersaing dalam bisnis yang memakai mode digital marketing.

Perkembangan dunia usaha yang seperti ini membuat pihak sekolah khususnya SMK Negeri 5 Sijunjung harus mengadakan workshop atau pelatihan untuk mengenal dunia digital marketing yang sebenarnya. 

Hal ini supaya guru guru yang ada di SMK Negeri 5 Sijunjung dapat terus meningkatkan potensi dan juga wawasannya dalam dunia marketing, sehingga apa yang di dapatkan guru dalam pelatihan itu bisa melakukan transfer ilmu kepada peserta didik. Guru dan Peserta didik SMK diharapkan mampu memanfaatkan dunia digital marketing  untuk memasarkan produk produk yang dihasilkan melalui teaching factory.

Berdasarkan hal di atas dan juga dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan Program SMK PK (Pusat Keunggulan) tahun 2022 pada program Keahlian Ekonomi dan Industri Kreatif SMK Negeri 5 Sijunjung melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing yang dilaksanakan pada hari Selasa sampai dengan Rabu, tanggal 11 sampai dengan 12 Oktober 2022, di labor V SMK Negeri 5 Sijunjung.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Kegiatan ini diikuti oleh Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Pengawas Pembina SMK Se Kab. Sijunjung, wakil kepala sekolah, ketua program studi, seluruh majelis guru SMK Negeri 5 Sijunjung. Adapun pemateri yang di undang adalah narasumber atau fasilitator yang sudah memiliki sertifikat BNSP untuk dunia digital marketing. 

Seorang nara sumber yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menjelaskan dan membawa seseorang yang tidak mengerti dunia digital marketing menjadi paham dan bisa memanfaatkan digital marketing  untuk menunjukkan produk yang dihasilkan dan mengajak orang orang di luar sana membeli produk yang dihasilkan itu.

Fasilitator atau nara sumber yang didatangkan ke SMK negeri 5 Sijunjung oleh Tim Pembelajaran adalah hasil rekomendasi dari tim Dosen Pendamping dari DKV universitas Negeri Padang yaitu Riri Trinanda, S.Pd, M.Sn dan Hendra Afriwan, M.Sn. Kedua pendamping mengusulkan untuk mendatangkan fasilitator San Ahdi, S.Sn, M.Ds, dosen DKV UNP yang sudah malang melintang menjelaskan tentang digital marketing. 

Pak San Ahdi selain sebagai fasilitator, beliau juga memakai digital marketing untuk memasarkan usaha yang sedang dijalankan oleh Pak San Ahdi, sehingga ilmu dan juga pengalaman yang dimiliki oleh Pak San Ahdi bisa di transfer kepada para guru guru SMK Negeri 5 Sijunjung yang mengikuti workshop digital marketing.

dok. Pribadi
dok. Pribadi
Kegiatan dibuka oleh Bapak Tri Wiyono, S.Pd, M.Si, selaku Kasi SMK di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V yang menyampaikan betapa pentingnya guru dan peserta didik SMK mengetahui dan mempelajari digital marketing untuk kemajuan sekolah. Sehingga produk produk yang dihasilkan oleh siswa melalui kegiatan teaching factory bisa dijual ke khalayak ramai yang tidak hanya di seputaran kabupatan Sijunjung saja tetapi bisa ke kabupaten lain bahkan keluar dari pulau Sumatera.

San Ahdi, S.Ds, M.Ds atau yang biasa disapa dengan Pak San ini memberikan berbagai materi yang sangat menarik kepada guru dengan cara yang sangat mudah dipahami, supaya guru guru yang mengikuti kegiatan pelatihan atau worskhop juga bisa dengan mudah menyampaikan kepada peserta didik. Metode yang dipakai oleh Pak San Ahdi saat melakukan kegiatan workshop adalah metode pendampingan, Pak San Ahdi langsung turun atau langsung mendekati setiap pererta untuk melakukan pembimbingan dalam memanfaatkan media sosial milik peserta workshop.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Pak San menjelaskan mulai dari apa itu kewirausahaan (entrepreneurship), membangun strategi berjualan online, pentingnya sebuah logo atau nama suatu brand, digital marketing serta pengenalan berbagai platform/ aplikasi yang bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk kegiatan digital marketing itu sendiri.

San Ahdi juga mengajarkan kepada para peserta kegiatan worskhop yang berjumlah 35 orang itu bagaimana cara menukar instagram menjadi intagram ads, facebook menjadi facebook ads, whats app menjadi whats app bisnis, begitu juga dengan tik tok menjadi tik tok ads dimana jangkauan yang dihasilkan akan lebih luas dari pada aplikasi yang biasa dipakai. Pada workshop kali ini San Ahdi juga meminta para peserta workshop untuk melakukan kegiatan posting fhoto produk mereka ke dalam aplikasi aplikasi sosial media milik mereka yang sudah berubah menjadi sosial media bisnis.

Sebagai narasumber San Ahdi berharap kegiatan serupa dapat terus digalakkan di SMK Negeri 5 Sijunjung karena guru guru yang ada di SMK Negeri 5 Sijunjung sangat bisa memanfaatkan sosial media yang ada sebagai kegiatan digital marketing. San Ahdi sangat yakin suatu saat apabila teaching factory SMK negeri 5 Sijunjung sudah menghasilkan produk produk yang bermutu, maka guru guru akan bisa melakukan promosi penjualan melalui media sosial mereka masing masing.

San Ahdi meminta kepada setiap guru guru yang ada di SMK Negeri 5 Sijunjung untuk bisa membuat dan mengajak setiap orang orang yang melihat produk yang dihasilkan oleh para siswa dengan menggunakan salah satu ilmu bahasa yang dinamakan dengan copy wryting. Suatu ilmu yang mengajak seseorang untuk membeli produk yang dihasilkan dengan pemilihan bahasa yang digunakan.

Melalui workshop kerirausahaan berbasis digital marketing ini diharapkan SMK Negeri 5 Sijunjung dapat memiliki tenaga pendidik yang kompeten serta menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, kompetitif dan berakhlak. Sekaligus dengan diadakannya workshop dapat memastikan lulusan dari SMK Negeri 5 Sijunjung memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja melalui bekal pengetahuan di dunia digital marketing.

Hal ini selaras dengan visi SMK Negeri 5 Sijunjung untuk menjadi SMK Unggul yang menghasilkan sumber daya manusia atau tamatan SMK yang berkepribadian, bertaqwa, kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi dalam dunia usaha dunia industri.

#SMK BISA # SMK HEBAT #VOKASI KUAT MENGUATKAN INDONESIA # DKV UNP #SMKN 5 MAJU SEREMPAK 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun