Mohon tunggu...
Suci Rifani
Suci Rifani Mohon Tunggu... Socmed Officer -

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Iklan Pariwisata Indonesia Hadir di Bioskop Kesayangan Anda

17 Februari 2016   12:38 Diperbarui: 17 Februari 2016   13:21 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption caption="Artis IOI"][/caption]Indonesia memang negeri yang memiliki potensi wisata yang seakan tak ada habis-habisnya,  keindahan alam berlimpah, keanekaragaman budaya, serta kuliner yang memikat. Namun potensi tinggalah hanya menjadi potensi jika tidak dipromosikan dengan baik. Hal inilah yang membuat Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melakukan berbagai strategi guna menyebarluaskan potensi pariwisata di Indonesia.

Selama tahun 2015 sejumlah prestasi diraih, target kunjungan wisatawan terlampaui bahkan peringkat branding Wonderfull Indonesia meningkat tajam ke rengking  47 dunia mengalahkan branding wisata negara tetangga. Untuk memperkuat promosi pariwisata Indonesia, mengawali tahun 2016 Kemenpar kembali membuat gebrakan dengan menggabungkan branding dengan Industri kreatif dalam hal ini adalah film, ditandai dengan diluncurkannya iklan pariwisata Indonesia di Bioskop pada 15 Februari 2016.

Menteri pariwisata RI menuturkan bahwa penikmat film bioskop merupakan pasar wisatawan nusantara yang potensial. Sebagai contoh nyata adalah film Laskar Pelangi. Belitung menjadi popular sebagai destinasi tujuan wisata berkat kesuksesan film Laskar Pelangi. Menurut data yang dimiliki oleh Kementrian Pariwisata RI, 49%  penonton bioskop di Indonesia akan mulai memasuki studio segera setelah pintu studio dibuka dan mereka akan disuguhkan berbagai iklan yang ditayangkan sambil menunggu penayangan film. Dari jumlah tersebut, terdapat 56% penonton yang masih akan mengingat iklan-iklan yang ditayangkan. Sehingga penayangan iklan pariwisata di Bioskop dinilai sangat efektif.

[caption caption="Menteri Pariiwsata RI menemui awak media"]

[/caption]Iklan Pariwisata yang dilucurkan berupa TVC berdurasi 60 detik dengan berbagai tema dengan mengambil logo dan tagline “Pesona Indonesia”.   Lebih lanjut Bapak Arif Yahya mengatakan ada beberapa startegi yang sudah dan sedang dilakukan untuk mempromosikan Pariwisata Indonesia diantara melalui Iklan berbayar  di media tv seperti discovery chanel, owned media melalui Indonesia.travel, berbagai social media serta endoser baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sementara strategi TVC di Bioskop baru pertama kali dilaksanakan.

Adapun TVC yang akan ditayangkan terbagi kedalam 3 program besar yaitu TVC “Ini Cara Kita” yang menceritakan perjalanan empat orang sahabat mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Indonesia, TVC Wonderfull Indonesia  yang mengambil 4 tema yaitu Adventure, business, family dan love dan dibintangi oleh Nicholas Saputra, serta TVC 15 Destinasi  Pesona Indonesia meliputi Bali, Jakarta, Raja Ampat, Taman Nasional Komodo, Wakatobi, Tanjung Putting, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Toraja dan Flores.

[caption caption="Pesona Raja Ampat"]

[/caption]

[caption caption="Borobudur"]

[/caption]Pada kesempatan itu turut hadir pula sejumlah selebritis yang tergabung kedalam Insight Of Indonesia, Jkt 48 sebagai Brand Ambasador dari Enjoy Jakarta, Andien (endorser Pesona Indonesia), Marcela Zalianty (artis dan produser film), Pevita Pearce dan Amrit Punjabi sebagai perwakilan dari film Ach aku Jatuh Cinta.

Andien mengatakan bahwa promosi Pariwisata melalui bioskop merupakan hal yang sudah tepat karena Industri kreatif adalah media yang paling mudah, efisien dan efektik untuk penetrasi ke masyarakat. Senada dengan Andien, Marcela Zalianty menuturkan bahwa Film adalah bagian dari Industri Kreatif yang powerfull untuk mempromosikan Pariwisata. "Sebagian masyarakat belum tahu. Jadi penting sekali disosialisasikan dan tentunya dengan kerjasama antara perfilman dengan pariwisata akan lebih optimal. Ketika kita cerita tentang pengalaman ke suatu daerah di Indonesia, bisa dishare sehingga lebih optimal, sehingga bisa mendorong lebih besar lagi sektor ekonomi,"

[caption caption="Jumpa Pers Peluncuran iklan pariwisata indonesia di bioskop"]

[/caption]Melody dari JKT48 pun sangat mendukung hadirnya iklan pariwisata Indonesia di Bioskop. Cintailah Indonesia sebelum mencintai negara lain. Sukses terus buat Pesona Indonesia," ucapnya.

Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar menambahkan bahwa iklan ini akan ditayangkan selama sepulu bulan dan sudah dapat disaksikan sejak tanggal 15 Februari 2016. Dengan adanya iklan ini diharapkan dapat mendukung jumlah wisatawan mencapai target sebanyak 260 juta perjalanan.

[caption caption="sumber: ind.travel"]

[/caption]Jadi untuk anda yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Batam, Medan Palembang dan Makasar selamat menyaksikan iklan Pariwisata Indonesia di Bioskop terdekat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun