Pendahuluan:
1. Konteks Pembelajaran:
Jelaskan mengapa ketrampilan membaca Bahasa Inggris, khususnya pada teks prosedur, penting bagi siswa kelas 7. Diskusikan relevansi kehidupan sehari-hari dan kepentingan memahami petunjuk atau langkah-langkah suatu proses.
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memegang peranan penting dalam membentuk ketrampilan global siswa, termasuk keterampilan membaca. Pada tingkat kelas 7, siswa memasuki fase perkembangan yang kritis dalam penguasaan Bahasa Inggris, yang mencakup kemampuan memahami teks prosedur.Â
Teks prosedur, yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, menjadi landasan penting dalam mengeksplorasi dan memahami langkah-langkah suatu proses. Oleh karena itu, penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) menjadi pilihan yang relevan dan efektif untuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas 7, terutama dalam konteks teks prosedur.
Melalui pendekatan PJBL, siswa tidak hanya belajar dari buku teks, tetapi mereka terlibat secara aktif dalam merancang, menyelidiki, dan mengaplikasikan keterampilan membaca mereka dalam situasi dunia nyata. Proyek ini dirancang untuk memberikan siswa kesempatan untuk tidak hanya memahami teks prosedur dalam Bahasa Inggris, tetapi juga untuk mengaplikasikan pemahaman mereka melalui pembuatan panduan langkah demi langkah yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.Â
Dengan demikian, diharapkan bahwa penerapan PJBL ini akan memberikan dampak positif terhadap kemampuan membaca Bahasa Inggris siswa kelas 7, sambil merangsang minat mereka dalam memahami dan menggunakan bahasa ini secara efektif.
Tetapkan tujuan pembelajaran yang jelas terkait dengan penerapan PJBL untuk meningkatkan ketrampilan membaca. Misalnya, "Siswa dapat memahami dan mengaplikasikan teks prosedur dalam Bahasa Inggris dengan benar."
- Mengukur Pemahaman Teks Prosedur
- Tujuan utama dari penggunaan Quizizz adalah untuk mengukur sejauh mana siswa dapat memahami teks prosedur yang berfokus pada pembuatan makanan tertentu seperti nasi goreng, pisang goreng, es teh, dan bubur instan. Siswa diharapkan dapat mengidentifikasi langkah-langkah dengan benar dan memahami urutan yang tepat dalam membuat setiap hidangan.
- Mengidentifikasi Kata Kunci dan Istilah Khusus:
- Siswa diarahkan untuk mengenali kata kunci dan istilah khusus yang digunakan dalam teks prosedur, seperti bahan-bahan, peralatan, dan tahapan proses. Tujuan ini memastikan bahwa siswa dapat dengan mudah memahami instruksi dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks praktis.
- Mengembangkan Ketrampilan Literasi Teknologi:
- Penggunaan Quizizz tidak hanya bertujuan untuk mengukur pemahaman teks, tetapi juga untuk mengembangkan ketrampilan literasi teknologi siswa. Siswa akan terbiasa dengan penggunaan platform digital untuk mengikuti kuis, memahami umpan balik, dan mengevaluasi hasil secara online.
- Mendorong Pembelajaran Kolaboratif:
- Quizizz dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran kolaboratif. Tujuannya adalah untuk merangsang diskusi dan pertukaran ide di antara siswa, memungkinkan mereka untuk belajar satu sama lain, dan memperdalam pemahaman masing-masing.
- Memberikan Umpan Balik Instan:
- Melalui Quizizz, tujuan ini adalah memberikan umpan balik instan kepada siswa setelah menyelesaikan tes prosedur. Dengan demikian, siswa dapat langsung mengetahui tingkat pemahaman mereka dan mengidentifikasi area di mana mereka mungkin perlu meningkatkan pemahaman mereka.
- Menilai Kemampuan Aplikasi:
- Selain memahami teks prosedur, siswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks nyata. Oleh karena itu, tes prosedur ini diarahkan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan instruksi untuk menciptakan hidangan tertentu.
Melalui pencapaian tujuan-tujuan ini, diharapkan bahwa penggunaan Quizizz sebagai alat evaluasi akan memberikan gambaran yang komprehensif
3. Pengenalan Proyek:
Gambarkan proyek secara umum. Contohnya, "Proyek ini akan memungkinkan siswa membuat panduan langkah demi langkah dalam Bahasa Inggris untuk suatu kegiatan sehari-hari."
Langkah-langkah PJBL:
- Pemilihan Teks Prosedur:
- Mintalah siswa memilih atau berkontribusi dalam memilih teks prosedur yang akan mereka pelajari. Pastikan teks tersebut sesuai dengan tingkat kesulitan kelas 7.
- Rencana Proyek:
- Berikan waktu bagi siswa untuk merencanakan proyek mereka. Diskusikan langkah-langkah yang perlu diambil, sumber daya yang dibutuhkan, dan hasil akhir yang diharapkan.
- Â Penelitian dan Pemahaman Teks:
- Ajak siswa untuk menyelidiki lebih lanjut teks prosedur yang mereka pilih. Fokuskan pada pemahaman langkah-langkah dan kata-kata kunci dalam Bahasa Inggris.
- Kerjasama Tim:
- Dorong siswa untuk bekerja dalam tim. Setiap anggota tim dapat bertanggung jawab atas bagian tertentu dari proyek, seperti penelitian, penulisan, atau presentasi.
- Penulisan Teks Prosedur:
- Siswa diminta untuk menulis panduan langkah demi langkah dalam Bahasa Inggris berdasarkan penelitian mereka. Berikan umpan balik terus-menerus untuk meningkatkan kualitas tulisan mereka.
- Presentasi:
- Siswa diminta untuk mempresentasikan panduan mereka secara lisan di depan kelas. Hal ini tidak hanya melatih keterampilan membaca, tetapi juga keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris.
- Evaluasi dan Umpan Balik:
- Evaluasi proyek siswa dan berikan umpan balik konstruktif. Fokuskan pada kemampuan mereka dalam memahami teks prosedur dan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
4. Penutup:
Diskusikan hasil proyek dan bagaimana pengalaman tersebut dapat meningkatkan ketrampilan membaca Bahasa Inggris siswa. Dorong refleksi individu dan kelompok.Menerapkan PJBL dengan fokus pada teks prosedur di kelas 7 dapat membuat pembelajaran lebih berarti dan terlibat, sambil meningkatkan pemahaman siswa terhadap ketrampilan membaca Bahasa Inggris.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H