Â
LK. 1.1. Identifikasi Masalah
Â
Â
Jenis Permasalahan
- pedagogik, literasi, dan numerasi.
Masalah yang Diidentifikasi
- Pedagogik: Guru monoton atau tidak memiliki inovasi dalam pembelajaran PKn
- Literasi: Minat baca peserta didik kurang untuk mempersiapkan apalagi untuk pengayaan  pelajaran PKn
- Numerasi: Pembelajaran PKn kurang mengembangkan pembelajaran berbasiskan numerasi
Analisis Identifikasi Masalah
- Pedagogik : Guru belum maksimal menggunakan model, strategi dan metode pembelajaran, penguasaan konten materi kurang dan tidak ada inisiatif mengembangkan diri, belum maksimal dalam pengelolaan kelas, tidak disiplin, sering terlambat, kurang motivasi untuk mengembangkan diri, susah menerima informasi yang baru, nyaman dengan pengetahuan lama, padahal banyak hal yang hasrus berubah
- Literasi : Sekolah belum memliki perpusatakaan yang memadai sehingga peserta didik lemah dalam pembiasaan literasi
- Numerasi : Kemampuan dasar peserta didik dalam mengingat, mengaitkan dan menghubungkan masih lemah
=========================================
Jenis Permasalahan
- kesulitan belajar peserta didik termasuk peserta didik berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman peserta didik saat menjadi guru.
Masalah yang Diidentifikasi
- Kemampuan peserta didik di sekolah saya cukup variatif
Analisis Identifikasi Masalah
- Peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda-beda
- Ada peserta didik yang memiliki kecerdasan kinsetetik, sehingga tidak mau diam
- Ada peserta didik yang memiliki kecerdasan sapsial visual sehingga malas kala mendengarkan ceramah
- Ada peserta didik yang lemah di numeurasi atau literasinya
=========================================
Jenis Permasalahan
- membangun relasi/hubungan dengan peserta didik dan orang tua peserta didik.
Masalah yang Diidentifikasi
- Peserta didik kurang memiliki motivasi belajar di pelajaran PKn dan beberapa PBM lainnya
- Ada beberapa peserta didik yang sulit diatur
- Ada peserta didik yang merokok atau sering melakukan pelanggaran
Analisis Identifikasi Masalah
Kurangnya hubungan relasi/motivasi guru, orang tua dan  peserta didik:
- Peserta didik broken home, pola asuh tidak stabil oleh paman, uwak atau nenek-kakaeknya
- Orang tua melakukan pola asuh secara submission; memberikan peserta didik sesuai dengan keinginnanya tanpa ada aturan,memberikan segala yang diinginkan oleh peserta didik.
- Orang tua membiarkan dan bahkan bersama-sama dengan peserta didik merokok atau ada orang tua yang selalu membela peserta didik walapun salah.
- Orang tua sibuk dalam bekerja
- Guru dan atau wali kelas berhubungan dengan peserta didik hanya formalitas sekedar menyampaikan materi ajar saja
- Minimnya komunikasi yang dibangun antara guru dan orang tua peserta didik
- Dikarekpeserta didikan sekolah berasarama, guru/wali kelas sebagai pengganti orang tua kurang memiliki kedekatan dengan peserta didik
=========================================
Jenis Permasalahan
- pemahaman/ pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan peserta didik.
Masalah yang Diidentifikasi
- Peserta didik pasif tampak malas mengikuti PBM PKn
Analisis Identifikasi Masalah
Guru kurang memahami konsep pembelajaran inovatif di sekolah berdampak :
- Guru PKn kurang bisa mengembangkan metode / model strategi pembelajaran sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik
=========================================
Jenis Permasalahan
- Materi terkait Literasi numerasi, Advanced material, miskonsepsi, HOTS.
Masalah yang Diidentifikasi
- Dalam PBM PKn peserta didik kemampuan bertanya sudah muncul tetapi belum menggambarkan tingkat berpikir kritis
- Saya sebagai Guru PKn belum maksimal mengintegrasikan tingkat berpikir tinggi /HOTS dalam RPP. Misalnya: Dalam tujuan pembelajaran dan Penilaian
- Pelaksanaan literasi sekolah belum konsisten
- Tingkat literasi para peserta didik masih rendah
Analisis Identifikasi Masalah
- Pengetahuan dan pemahaman guru-guru termasuk saya terkait proses pembelajaran yang mengintegrasikan HOTS masih kurang
- Belum terbiasanya guru PKn  melakukan pembelajaran dan penilaian dengan HOTS
- Butuh membiasakan taksonomi bloom C4 s/d C6, komunikasi, berpikir kritis, kolaborasi dan kreatif dalam proses pembelajaran
- Buku perpusatakaan minim
- Kontroling pimpinan tidak konsisten
=========================================
Jenis Permasalahan
- pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran.
Masalah yang Diidentifikasi
- Mayoritas guru belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi (TIK) dalam pembelajaran
- Peserta didik lebih mengetahui aplikasi-aplikasi  hiburan di Medsos daripada menu-menu di microsft word atau power point untuk mengerjakan tugas-tugas.
Â
Analisis Identifikasi Masalah
- Guru lebih dominan menggunakan metode media visual saja, misalnya : hanya menonton video, menampilkan gambar yang ditempelkan di karton dan jarang menggunakan teknologi informasi untuk menganalisa, mengevaluasi atau mengkreasi
- Waktu luang yang dimiliki oleh peserta didik lebih banyak dipakai untuk bermain gadget pada fitur-fitur  hiburan/game/video
- Guru-guru kurang banyak melatih/menugaskan peserta didik dengan memanfaatkan media digital
Â
=========================================
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H