Digital Marketing belakangan ini menjadi istilah yang semakin banyak terdengar dalam berbagai kesemapatan. Terutama dalam dunia pemasaran atau marketing bisnis perusahaan. Metode pemasaran yang satu ini semakin banyak dipilih sebagai salah satu strategi branding bagi perusahaan ataupun UKM.
Secara umum, konsep dan tujuan utama dari penggunaan digital marketing adalah untuk mendongkrak penjualan dari suatu perusahaan. Sehinga diharapkan penggunaan konsep digital marketing atau pemasaran secara digital tersebut akan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan revenue perusahaan.
Apa Itu Digital Marketing?
Meskipun sudah menjadi salah satu istilah yang cukup banyak menjamur, namun istilah digital marketing tersebut masih cukup asing bagi sebagian orang. Terlebih bagi orang-orang yang memang tidak terlalu update atau mengikuti perkembangan teknologi dan industri pemasaran.
Singkatnya, Digital Marketing adalah suatu rangkaian kegiatan pemasaran atau promosi dari suatu brand atau produk yang dilakukan dengan menggunakan media digital dan internet. Sehingga proses iklan atau pemasaran tidak lagi menggunakan metode-metode konvensional seperti pada umumnya.
Tujuan utama dari proses pemasaran secara digital adalah agar bisa menarik konsumen dan juga calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Harapannya, proses akusisi user dengan menggunakan pemasaran digital ini bisa berjalan secara lebih cepat dan efektif daripada proses pemasaran secara konvensional.
Baca Juga :Â Pemberdayaan UMKM Melalui Edukasi Digital Marketing
Perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat, membuat proses pemasaran secara digital menjadi lebih mudah. Bahkan membuat metode pemasaran yang satu ini menjadi opsi utama bagi perusahaan untuk proses marketing-nya.
Imbasnya, para perusahaan pun akan menjadi semakin kompetitif dalam menghasilkan konten yang baik untuk strategi pemasaran mereka. Konten marketing yang menarik, umumnya bisa membuat calon konsumen menjadi lebih tertarik dengan produk yang diiklankan tersebut.
Teknik pemasaran secara digital pun terdiri dari berbagai macam metode. Masing-masing metode tentunya memiliki segmentasi dan efektivitas yang berbeda sesuai tujuan marketing yang hendak dicapai.
Beberapa contoh metode yang sering ditemukan dalam aktivitas digital marketing antara lain adalah teknik SEO, email marketing, content marketing, influencer, SEM, dan lain sebagainya. Para digital marketer harus cermat dalam memilih teknik yang sesuai agar proses pemasaran tersebut bisa berjalan secara efektif dan efisien.
Keunggulan Digital Marketing Untuk Pengembangan Bisnis dan UKM
Pemasaran secara digital semakin banyak digunakan oleh berbagai lini bisnis dan perusahaan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh digital marketing. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa keunggulan yang akan bisa didapatkan saat Anda menggunakan digital marketing untuk pengembangan bisnis dan UKM.
1. Jangkauan Digital Marketing yang Lebih Luas
Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Digital Marketing adalah jangkauan yang lebih luas bila dibandingkan dengan iklan konvensional. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa digital marketing akan memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana utamanya.
Secara umum, jangkauan internet relatif sangat luas dan bahkan tidak memiliki batas. Hal ini memungkinkan Anda bisa melakukan pemasaran produk secara lebih luas jangkauan geografisnya. Iklan pemasaran tersebut bisa menjangkau banyak orang dan dalam ruang lingkup yang luas asalkan terkoneksi ke internet.
Baca Juga :Â Lima Hal Penting dalam Membangun Kekuatan Marketing
Anda hanya membutuhkan beberapa langkah mudah dan sederhana untuk membuat campaign tersebut bisa menjangkau banyak calon konsumen. Kemudahan dalam proses penggunaan dan jangkauan yang sangat luas menjadikan Digital Marketing menjadi aktivitas yang sangat powerfull untuk mendongkrak brand awareness dan revenue.
2. Proses Distribusi Campaign Marketing yang Cepat
Kelebihan berikutnya yang juga menjadi keunggulan dari Digital Marketing adalah proses distribusi campaign yang relatif cepat. Seperti yang sudah diketahui bahwa internet merupakan sarana dengan tingkat distribusi yang sangat cepat.
Berbagai jenis konten marketing ataupun konten lainnya bisa menjangkau banyak pengguna dalam waktu yang relatif singkat. Bahkan jangkauan tersebut pun bisa real time sehingga akan membuat proses pemasaran secara digital menjadi lebih terukur.
Anda tidak perlu lagi harus menunggu waktu yang lama untuk memantau iklan-iklan tersebut terdistribusi. Sebab dengan banyaknya tools marketing yang beredar saat ini akan membuat proses manajemen pemasaran digital menjadi semakin mudah.
3. Pemasaran Digital Lebih Mudah Dievaluasi
Pemasaran digital juga cukup mudah dievaluasi oleh para marketer. Sehingga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh metode pemasaran tersebut.
Sekarang ini sudah cukup banyak tools yang bisa digunakan untuk membuat campaign marketing. Kemudian, tools-tools tersebut juga sudah menyediakan dashboard yang bisa digunakan untuk memantau campaign yang sudah dibuat sebelumnya.
Dengan demikian, setiap digital marketer bisa memantau pergerakan informasi iklan secara lebih lengkap dan akurat. Misalnya terkait data jangkauan iklan, lama konten ditonton, geografi jangkauan iklan, dan lain sebagainya.
Baca Juga :Â Seberapa Efektifkah Digital Marketing bagi Sebuah Brand?
Berbekal dengan adanya data-data tersebut, maka proses evaluasi iklan pun akan bisa dilakukan secara lebih mudah. Sehingga setiap marketer bisa mengecek mana iklan yang baik dan iklan yang kurang efektif. Sehingga bisa dilakukan perbaikan baik metode ataupun kontennya di periode campaign selanjutnya.
4. Tersedia Banyak Tools Untuk Pemasaran Digital
Keunggulan lain yang juga bisa menjadi daya tarik bagi digital marketing adalah tersedia cukup banyak tool yang bisa digunakan. Sehingga akan membuat proses campaign iklan bisa berjalan secara lebih optimal.
Beberapa tools yang umum digunakan oleh para marketer antara lain adalah Google Analitik, Facebook Ads, Ahref, Google Ads, dan lain sebagainya. Dengan adanya tools-tools tersebut, maka proses pembuatan iklan dan targetting calon konsumen pun bisa dilakukan secara lebih efektif.
5. Harga yang Relatif Terjangkau
Secara umum, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran secara digital relatif lebih rendah daripada pemasaran tradisional. Proses pengaturan budget untuk iklan digital bisa lebih terpantau ketimbang pemasaran secara tradisional. Sehingga anggaran perusahaan pun bisa lebih tertata.
Biaya campaign yang lebih terjangkau membuat pemasaran digital semakin banyak dilirik. Terlebih metode pemasaran ini menawarkan tingkat efektivitas target user yang lebih optimal ketimbang pemasaran tradisional.
Itulah pembahasan tentang pengertian dan kelebihan digital marketing yang perlu Anda ketahui. Mengingat perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, pemasaran secara digital adalah solusi yang perlu dipertimbangkan bagi para pemilik bisnis dan UKM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H