seni dengan belajar dan  membawakan Tari Nelayan ketika masih kanak-kanak (1975-1978) dan remaja (1988). Sebuah  kenangan indah yang sangat sayang untuk dilupakan.
Aku beruntung karena berkesempatan menjalani kehidupanTari Nelayan sendiri diciptakan oleh Bapak I Ketut Merdana dari desa Tanjung , Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan pada tahun 1936. Tarian ini menghadirkan gerak yang diadopsi dari gerakan-gerakan para nelayan dalam menjalankan aktivitas menangkap ikan. Dengan melibatkan biasanya tiga orang penari berkelompok, tarian ini dimainkan dengan gerakan seperti mendayung, menebar jala dan lain sebagainya. Semua gerakan yang tersaji lebih menggambarkan kerjasama nelayan dalam mencari ikan.Â
Perkembangan dan Karakteristik
Sebelum berkembang menjadi salah satu tarian khas Bali yang sangat populer, pada awalnya, Tari Nelayan hanya ditarikan pada saat ada upacara keagamaan Hindu di Bali. Pada tahun 1950-an, Tari Nelayan mulai dikembangkan sebagai tarian hiburan dan pada tahun 1960-an, Tari Nelayan mulai dikenal secara luas di Bali dan menjadi salah satu tarian khas Bali. Pada tahun 1970-an, tari ini mulai ditampilkan dalam even-even budaya tertentu di Bali dan pada tahun 1980-an, Tari Nelayan mulai dikemas dengan gaya yang lebih modern dan dinamis. Selanjutnya pada tahun 1990-an, tari ini mulai ditampilkan di luar Bali, seperti di Jakarta dan bahkan di mancanegara. Paat ini, Tari Nelayan menjadi salah satu ikon budaya Bali dan sering ditampilkan dalam acara-acara budaya dan pariwisata.
Adapun karakteristik Tari Nelayan adalah gerakan yang dinamis dan cepat dengan diiringi musik gambelan yang menggabungkan seperangkat  instrumen gambelan Bali seperti gong, riong, cengceng, kendang dan suling. Kostum yang dikenakan penarinya mencerminkan pakaian nelayan tradisional dan alur cerita tarinya menggambarkan kehidupan nelayan. Jenis-Jenis Tari Nelayan ada beberapa diantaranya, pertama, Tari Nelayan Klasik: versi asli yang masih mempertahankan gaya tradisional. Kedua, Tari Nelayan Modern: versi yang lebih dinamis dan modern. Ketiga, Tari Nelayan Kontemporer: versi yang menggabungkan elemen-elemen modern dan tradisional.
Menari Untuk Ngayah
Pada mulanya  aku sempat bergabung dengan Kelompok Tari Anak yang yang diinisiasi oleh beberapa Pengurus Banjar Penestanan Kaja Ubud. Desa Penestanan sejak dahulu dikenal sebagai Desa " Young Artist", karena pada era 1970-1990 di desa ini banyak seniman lukis yang menghasilkan lukisan bercorak "Young Artist" dari Arie Smith seorang wisatawan berkebangsaan Belanda yang lama tinggal di Ubud.
Selain Tari  yg dibawakan oleh tiga anak laki: I Ketut Karta, I Made Gede Udhiyana dan aku, dalam Kelompok Tari ini juga ada Tari Panyembrama dibawakan oleh empat penari anak perempuan, Tari Wiranatha, Tari Margapati, Tari Tenun (dibawakan tiga penari anak perempuan) dan Tari Oleg Tambulilingan.
Guru tarinya Bapak I Nyoman Djajus BA (alm.) pemilik sebuah Sanggar Tari di Denpasar dan Bapak I Wayan Redig,  kini beliau aktif sebagai guru yoga dan meditasi di Taman Yoga Banjar Blumbungan Desa Sibangkaja Abiansemal Badung, setelah purnabhakti sebagai  dosen Program Studi Doktor (S3) Kajian Budaya Universitas Udayana Denpasar.
Kami selalu ngayah (kegiatan tulus tanpa imbalan) bersama Kelompok Tari itu dengan diiringi musik gambelan Bali oleh Sekeha Gong Banjar Penestanan Kaja dibawah pimpinan Bapak Njoman Tjakra ketika  ada piodalan di setiap Pura Desa Adat Penestanan Ubud tahun 1975-1978.
Beberapa kali pernah pentas atas pesanan tamu mancanegara di beberapa rumah penginapan atau homestay di Ubud dan Hotel La Taverna di Sanur. Imbalan pentas ini sepenuhnya dikelola oleh Sekeha Gong Banjar Penestanan Kaja.