Mohon tunggu...
Hsu
Hsu Mohon Tunggu... Administrasi - Seorang manusia biasa

Somewhere Only We Know

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

[Fiksi Penggemar RTC] The Brodoh: Manusia 14.000 Dollar

9 September 2015   21:30 Diperbarui: 9 September 2015   21:43 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di tulis oleh: Hsu (19)

***

Namaku Cecep alias Ncep... Lengkapnya Cecep Gorbacep. Waktu aku tanya sama Emak kenapa Cecep Gorbacep? Jawabannya adalah karena silsilah keluarga yang panjang dan sudah banyak mengalami percampuran suku dan kebudayaan. Rumit jika dibahas. Pekerjaanku sehari-hari bertani dan menggembala kerbau dan kambing. Kalau ada yang nanya cita-cita ya jujur sih aku ingin jadi presiden. Alasannya karena aku prihatin dengan keadaan negaraku tercinta ini. Aku juga punya pacar yang manis dan bahenol bernama Iceu Juice. Iceu emang manis semanis jus jambu merah yang bisa bikin segar hati dan pikiran. Kesamaan di antara kami... sama-sama sederhana dan mohon maklum agak bodoh.

***

20 tahun yang lalu ketika Kakek dari Cecep Gorbacep mengalami sakit berat dan sepertinya sudah di ujung usianya. Ia memanggil anak perempuannya atau Emak dari Cecep Gorbacep dan menitipkan sebuah pesan penting:

"Ini adalah pesan terakhirku... ingatlah ketika ia menginjak usia dewasa dan nilai tukar Dollar Amerika mencapai angka 14.000, maka kamu harus segera membawa anak itu kepada sepupumu si Dayat. Hanya dia yang mengetahui bagaimana cara mengatasi kutukan turunan dari leluhur kita pada anak laki-laki yang lahir tengah malam seperti si Cecep!"

"Iya Abah, Eneng akan selalu ingat pesan Abah".

Abah pun menghembuskan nafas terakhirnya dengan senyuman yang begitu manis.

***

20 tahun terlah berlalu, pada suatu sore di rumah kediaman keluarga Cecep Gorbacep.

"Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika semakin melemah dan ditutup pada level 14.001 Rupiah. Demikian headline news yang bisa kami rangkum pada sore ini..." suara berita di tipi dan Cecep begitu serius sekali menontonnya sambil tersenyum.

Senyuman yang penuh rasa syukur karena ia gagal dalam pencalonannya sebagai presiden harian bagi negeri tercinta ini. karena jika jadi ia pasti nakal dicaci maki habis-habisan karena harga Dollar yang semakin tinggi tegangannya.

Selain itu juga hayalan penuh penyesalan karena sejak hasil terakhir panen kebun jengkol warisan kakeknya tak satu Rupiah pun ia belikan Dollar Amerika.

"CEEEEPPPPPP bagus bener luh ya nonton tipi mulu, tolongin Emak turunin itu tempayan kuningan yang paling gede di rak paling atas!"

"Iye Mak Ncep denger kok dan kagak usah teriak-teriak begitu kalee!"

"Lagian emang Luh nonton apaan siiihh daritadi siang melototin tipi mulu!"

"Ntu Maaakkk Dollar Amerika udah tembus angka 14.000 Rupiah!"

"Haahhh Dollar tembus 14.000??? tuing tuing tuing coba ulangin Luh ngomong apa barusan Ncep???"

"Dollar tembus 14.000... BRAAGGGGG Aduhhhhhh!"

Suara berisik membuat Emak spontan menuju ruangan belakang tempat nyimpen perabotan tua. Begitu tiba dilihatnya cecep jatuh terngkurap sementara bagian kepalanya benjol besar akibat ketiban tempayan tua yang paling besar.

Cecep berusaha bangkit sambil memegang kepalanya... ia diam sejenak kemudian mengibas-ngibaskan rambutnya dan berbalik badan sambil menatap wajah Emaknya.

Mata beradu mata...

"Hai cantik... wajahmu begitu indahnya seperti rembulan malam yang terlihat syahdu dan seksi dipandangi dari bumi yang indah ini!" Cecep berjalan dengan tatapan mata yang romantis ke arah Emaknya.

Emak pun sempat terpesona...

"Wahai pujangga... ahhh tampan sekali dirimu..."

PLAAAAKKK... Tepok jidat sambil kucek-kucek mata... "Astaga ini kutukan yang di maksud Abah gue nih!"

Emak pun berjalan sambil memalingkan muka dan meraih wajan item yang digantung tak jauh dari tempatnya berdiri.

"BRAAAKKK... pingsan dulu luh Cep!"

"Brrruukkk!" Tubuh cecep terjatuh.

Dalam keadaan panik Emak berusaha menyeret tubuh pingsan Ncep sampai ke sebuah balai bambu, menaikkannya dan kemudian mengikat kaki dan tangan Ncep dengan tambang tak lupa juga mata ncep ditutup pakai topo dapur yang udah tahunan gak pernah dicuci.

"Astaga... jadi ini rupanya kutukannya... gilee gue aja yang udah tuwir begini bisa terpesona apalagi cewek yang muda-muda... kacau nih... oiya Gue mesti ke rumah si Dayat secepatnya nih.

Emak pun bergegas tanpa sempat ganti baju pergi ke rumah sepupunya, Dayat.

***

Sepeninggal Emak, Ncep pun sadar tapi tak bisa melihat apa-apa dan juga tangan dan kaki terikat.

Tak lama kemudian...

"Kang... Emak... kok sepi amat ini rumah!"

Neng Iceu Juice kemudian mencoba membuka pintu... "Kagak dikonci, pada kemana yah orang... Kang Ceceeeeepppp!!! Emaaaakkkkk!!!!"

"Neng... Akang di belakang neng... tolong ke sini bukain ini tambang sama topo dapur di badan Akang!"

"Eleuh... Eleuh Akang kok bisa keiket begini atuh? Sok sini Eneng bantuin bukain ya!"

Ketika ikatan tambang sudah terbuka dan tutup mata dari topo dapur terbuka... kedua mata sepasang kekasih ini pun beradu...

"Hai Bidadari... apa yang membuatmu melepaskan sayapmu dan mendatangiku yang hina ini? Sudikah engkau menikah denganku dan menjadi bidadariku semata?"

"Astaga Kang... Eling!"

Namun telat pandangan mata beradu dan Iceu Juice pun berada dalam kuasa Ncep... "Ya Tentu saja Beib... apapun kan kulakukan demi Panglimaku yang gagah perkasa."

"Tolong sediakan Setelah Jas dan Pantopel penjelajah waktu milikku di dalam lemari Bidadariku... kan kubawa kau berkeliling istana yang megah milikku!"

"Ya Cinta."

Iceu Juice bak kerbau dicocok hidung dan menuruti semua kemauan Cecep. Dan mereka pun berjalan kaki keluar keliling kampung tanpa kesadaran.

***

Di rumah Cecep...

"Ya Ampun... Dayat... orangnya kagak ada dan ini iketannya kebuka semua!"

"Udah biarin aja dulu, coba Loe minggir dikit!"

Dayat menatap rak yang isinya banyak tempayan sambil kemudian tangannya meraba satu demi satu pantat tempayannya.

"Nah... ini dia nih kagak salah!" Dayat pun membanting tempayan tersebut.

"Tuh kan bener... buset banyak juga ya ini duit Dollar simpenan Abah Loe Neng!"

Dayat berusaha untuk tidak tergoda. Diraihnya semuanya dan dihitung.

"Nih... semuanya ada 14.002 lembar pecahan 1 Dollar! Nih satu lembar Loe Bakar terus abunya loe campurin air tar kalo ketemu si Ncep loe sembur dia dikit pake itu air. Nah kalo dia pingsan Loe tempelin nih yang 1 lembar lagi ke hidungnya biar dia bebas dari kutukannya. Inget kagak Luh?"

"Iye inget sini buruan... eiiittsss terus ntu sisanya yang segitu banyak mau luh bawa kemana Yat?" 

"Ini kudu gue bagi-bagi ke panti asuhan sama panti jompo, soalnya emang wasiatnya begitu, dan kalo kagak di jalanin si Cecep bakalan jadi Pria paling super karena semua wanita di dunia bakalan takluk sama dia, ngerti kan Luh maksudnya, Ini kutukan emang dahsyat tapi sebenernya menggoda juga hehehe tapi luh tenang aja, gue kagak bakalan makan ini duit satu lembar pun, karena gue juga sayang ama ponakan gue si Cecep."

Mereka pun sepakat dan segera jalanin tugasnya masing-masing.

***

Di tengah jalan sambil celingukan nyariin Cecep soalnya jalanan sepi, biasanya di depan rumah warga ada aja ibu-ibu atau anak perempuan lagi jemur baju, namun ini sepi sekali.

Tiba-tiba...

"Emaakkkk... Emaakkk!"

"Iceu???"

"Iyee Makkk haduuhhh tolongin Kang Cecep Mak, Tolongin Iceu juga, ntu semua perempuan sekampung sekarang pada ngegilain Kang Ncep dan ngikutin kemana pun Kang Ncep Jalan!"

"Nah luh sendiri kok gak ngikutin Iceu?"

"Aye juga tadi sempet kena pesonanya Kang Ncep, tapi pas makin banyak perempuan makin ngerumung tiba-tiba aye kesangkut satu jemuran sempak bolong udah jelek banget kayaknya itu milik ngkong-ngkong yang jarang mandi kayaknya. Nah itu yang bikin Aye sadar Mak!"

"Terus Luh kemanain ntu Sempak?"

"Aye buang Mak soalnya aye muntah-muntah nyium baunya!"

"oh gitu? ya udah berarti tugas luh ya cari lagi ntu sempak!"

"Aduh Mak... emang buat apaan lagian aye kagak sanggup oeekk-oeekk ama baunya!"

"Yah buat bikin pingsan semua perempuan satu kampung yang sekarang ngerumungin si Ncep, Gimana gue mau nyadarin si Ncep kalo dia dikerumunin ama perempuan satu kampung?"

"Iye sih ya, tapi... iya deh demi cintaku sama Kang Ncep... haduhhh"

"Ya udah cepetan tar gue tungguin deket kerumunan si Ncep ya!"

"Iya janji Mak."

***

Mereka berdua akhirnya bertemu kembali...

"Ini Mak barangnya...!!!"

"Hoeeekkkk... bujug bau amat ntu sempak! Udah-udah buruan luh bius-biusin ntu perempuan semua sambil gue usaha buat deketin si Ncep!"

Iceu pun melaksanakan tugasnya... satu demi satu perempuan yang mengejar-ngejar Ncep teler kena biusan sempak bolong super bau... semakin lama semakin sedikit kerumunannya. 

Sementara Emak ngikutin sambil berusaha mendekat sambil sediit malingin muka biar gak ngadu mata sama Ncep.

Dan akhirnya... "fyuuuussshhhhhh" wajah Ncep terkena sembuaran air bakaran 1 dollar dan Ncep pun terjatuh. Selanjutnya sesuai petunjuk Mang Dayar 1 lembar dollarnya lagi di tempelkan di lubang hidung Ncep.

***

Ncep pun siuman dari pingsannya...

"Makkk kok kita ada di lapangan begini Mak?"

"Udah diem luh Cep, bangun terus kita pulang! Ayo buruan!"

"Iye Mak.

***

Dalam perjalanan pulang...

"Neng... Emang seneng banget ya sama ntu sempak kok sampe di tenteng-tenteng kayak sapu tangan aja, perasaan Akang pernah beliin sapu tangan waktu Neng pilek sampe ileran waktu itu?"

"Aiihhh Hoeeekkk..." Neng Iceu sadar dan segera ngelemparin ntu sempak dan nyangkut dihidung kerbau yang lagi makan rumput dan itu kerbau langsung pingsan.

"Makkk... Gimana Mak berita di tipi, berapa duit mak sekarang harganya ntu Dollar?"

"Udah diem luh Ncep... gue lagi nyesel banget kenapa kagak daridulu ntu tempayan gue pecah-pecahin biar gue ngerasain hidup enak sekali seumur hidup... dah diem luh! gue lagi sedih!"

Tuing-tuing Emak nyesel. 

"Iye Mak. Ai Lap Yu pul Mak forever!!!"

Tamat.

 

 

Ilustrasi: "i give you my heart" dari mobavatar.com

Sumber Inspirasi: Film The Six Million Dollar Man

~karya ini orisinil dan belum pernah dipublikasikan~

~Hsu~

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun