Mohon tunggu...
StratX KG Media
StratX KG Media Mohon Tunggu... Konsultan - stratx.id

Perusahaan riset dan konsultansi marketing. Berbagi konten mengenai data, temuan, dan riset untuk kembangkan brand dari perspektif manusia dan kultur Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Melihat Potensi Wisata Olahraga di Indonesia

10 Desember 2021   10:59 Diperbarui: 10 Desember 2021   11:10 406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah tidak diragukan lagi bahwasanya keindahan alam di Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Banyak wisatawan yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk datang ke sini dan menikmati langsung keindahannya.

Akan tetapi, pandemi yang belum berakhir ini membuat sektor pariwisata di Indonesia sempat lemas. Banyak pelaku pariwisata harus memutar otak agar usahanya di sektor tersebut bisa terus berjalan.

Salah satu strategi untuk terus bertahan adalah mengembangkan potensi yang ada di keindahan alam tersebut. Alih-alih mengekspos keindahan alam, para pelaku pariwisata bisa mulai melihat potensi wisata olahraga di Indonesia.

Tapi, Apa Itu Wisata Olahraga?

Sesuai dengan namanya, wisata olahraga adalah konsep baru yang menggabungkan antara wisata alam dan olahraga. Beragamnya kontur pemandangan di setiap wilayah Indonesia menjadikan negara kita berpotensi untuk mempunyai berbagai wisata olahraga yang menarik.

Wisata olahraga -- dari situs katadata, disebutkan bisa menjadi salah satu fundamental untuk bangkitnya pariwisata di Indonesia. Tidak hanya pemerintah, melainkan masyarakat -- bisa mendapatkan keuntungan dari konsep baru ini.

Seperti Apa Contoh dari Wisata Olahraga? 

Masih dari situs yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan wisata olahraga menjadi salah satu adaptasi dan inovasi di tengah pandemi. Penyelenggaraan acara olahraga besar menjadi salah satu usaha untuk menarik wisatawan dunia datang ke Indonesia.

Menurut Kemenparekraf, inovasi dalam wisata olahraga masih sangat luas dan berpotensi untuk terus berkembang lebih maju. Hal ini tentu akan menguntungkan masyarakat karena salah satu nilai yang bisa diangkat adalah kearifan lokal masing-masing daerah.

Indonesia sendiri sudah mempunyai beberapa wisata olahraga yang terkenal. Seperti Balap Sepeda Tour de Singkarak di Sumatera Barat, Borobudur Marathon di Jawa Tengah, dan Sail Sabang di Aceh. Untuk yang baru-baru ini diselenggarakan -- ada WSBK di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat.

United Nation World Tourism Organization menjelaskan wisata olahraga adalah tren di sektor pariwisata yang mempunyai pasar yang besar. Oleh karena itu, diprediksi perkembangan wisata olahraga di Indonesia tentu akan membawa keuntungan yang sangat besar juga.

Keuntungan atau dampak ekonomi yang ada tentu bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Seperti contoh keperluan wisatawan mancanegara yang memerlukan akomodasi penginapan, transportasi, restoran sampai tempat hiburan -- semua hal ini bisa dimanfaatkan dan dikembangkan oleh masyarakat lokal.

Insight Untuk Brand

Melihat potensi yang begitu besar di wisata olahraga -- brand, marketers, dan pihak lainnya tentu tidak ingin ketinggalan peran di sini. Akan tetapi, mereka harus tahu terlebih dahulu bagian apa yang bisa menjadi landasan untuk pergerakan mereka selanjutnya.

Beberapa insight menarik dari desk research ini adalah:

Kearifan lokal setiap daerah bisa menjadi persona setiap aktivitas dari wisata olahraga tersebut.

Sebelum memenangkan hati target audience -- masyarakat lokal adalah bagian yang didekati terlebih dahulu.

Sponsorship masih bisa jadi dasar landasan pergerakan brand untuk berperan dalam penyelenggaraan wisata olahraga.

Lalu, Apa yang Brand Bisa Lakukan?

Melihat penjelasan singkat serta insight di atas -- ada beberapa langkah yang brand bisa tempuh untuk ikut berperan dalam mengembangkan wisata olahraga di Indonesia.

Langkah pertama yang bisa brand lakukan adalah menggelar riset atau survey untuk mengetahui apa yang masyarakat dan pelaku pariwisata butuhkan dalam mengadaptasi atau berinovasi di kala pandemi khususnya untuk wisata olahraga ini.

Setelah mendapatkan hasil dari riset atau survey tersebut -- brand baru bisa merangkai fundamental dari pergerakan yang akan dilakukan. Sebuah campaign yang bisa memberikan dampak positif untuk para pelaku pariwisata adalah salah satu yang direkomendasikan.

Liputan media yang masif bisa menjadi langkah selanjutnya yang bisa brand lakukan. Eksposur adalah salah satu hal di dalam formula campaign yang bahkan bisa jadi parameter untuk melihat keberhasilan campaign.

Akan tetapi, terlepas dari beberapa hal yang sudah dijelaskan -- salah satu yang cukup penting dan perlu diingat dalam berperan di pengembangan wisata olahraga adalah semangat untuk saling membantu.

Konsep wisata olahraga ini secara tidak langsung adalah gerbang untuk membuka lapangan pekerjaan baru dan dampak ekonomi positif untuk masyarakat lokal dan pelaku pariwisata terkait. Oleh karena itu, brand perlu berhati-hati dalam menentukan nada dan gaya komunikasi jika ingin melakukan campaign seperti ini sebagai usaha untuk ikut berperan di wisata olahraga ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun