Mohon tunggu...
Stefanus Yosua
Stefanus Yosua Mohon Tunggu... Desainer - Penulis

Saya menulis untuk bersenang-senang dan berbagi pengalaman, serta meningkatkan kemampuan saya dalam menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

5 Manfaat dari SEO untuk Sebuah Website

21 Januari 2021   09:12 Diperbarui: 21 Januari 2021   09:27 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Jadi SEO dapat membantu Anda meningkatkan peringkat Anda di hasil mesin pencari.

Ini berpotensi memberi dampak besar pada sasaran terpenting perusahaan Anda, seperti meningkatkan prospek dan penjualan Anda.

Namun jika Anda tidak yakin, teruslah membaca untuk mempelajari lima manfaat terbesar dari mengoptimalkan situs Anda untuk penelusuran.

1. SEO menargetkan lalu lintas berkualitas

Salah satu keuntungan terbesar dari SEO adalah bahwa ini merupakan strategi pemasaran masuk.

Tidak seperti saluran periklanan "keluar" tradisional, yang melibatkan menjangkau konsumen apakah mereka ingin mendengar dari Anda atau tidak, metode masuk berpusat pada memudahkan audiens menemukan Anda ketika mereka menginginkan informasi.

Metode tradisional ini, seperti panggilan telepon, email spam, dan iklan interupsi, dilakukan semata-mata dengan mempertimbangkan tujuan pengiklan.

Dan banyak konsumen menganggapnya sangat menjengkelkan.

Pemasaran masuk, di sisi lain, jauh lebih berpusat pada pelanggan. Alih-alih mengganggu konsumen saat mereka menonton TV atau mendengarkan radio, ini melibatkan pembuatan sumber daya yang berguna dan membuat informasi yang berguna lebih mudah diakses.

Kemudian, saat pengguna siap meluangkan waktu untuk meneliti industri Anda atau mempelajari lebih lanjut tentang opsi mereka untuk jenis produk tertentu, mereka dapat menemukan Anda sendiri.

Ini tidak hanya jauh lebih nyaman bagi konsumen tetapi juga menghasilkan prospek yang lebih berkualitas untuk bisnis Anda.

Faktanya, dalam laporan Status Masuk terbaru HubSpot, 59% pemasar mengatakan bahwa praktik masuk memberikan prospek kualitas tertinggi untuk tim penjualan mereka.

Lagi pula, menurut Anda siapa yang akan lebih menerima upaya pemasaran Anda: Seseorang yang melihat iklan Anda di papan reklame selama perjalanannya, atau seseorang yang menemukan daftar kiat yang Anda publikasikan saat mencari bantuan online?

Jawabannya jelas.

Saat Anda berfokus untuk menarik pengguna yang secara aktif mencari informasi terkait industri, produk, dan layanan Anda, Anda akan jauh lebih efektif dalam menjangkau audiens target Anda.

Selain itu, ini memberi Anda peluang untuk menjangkau audiens Anda saat mereka sedang mempertimbangkan untuk melakukan pembelian atau mengontrak layanan - meningkatkan kemungkinan pesan pemasaran Anda akan diterjemahkan menjadi penjualan dan prospek.

2. Anda tidak perlu membayar iklan di SEO

Peringkat organik Google didasarkan sepenuhnya pada apa yang ditentukan algoritmanya sebagai hasil terbaik untuk kueri tertentu.

Artinya, setelah Anda membuat laman yang dianggap layak untuk diarahkan oleh pengguna mereka oleh mesin telusur, laman tersebut dapat terus menarik lalu lintas ke situs Anda selama berbulan-bulan (atau bahkan bertahun-tahun) setelah Anda memublikasikannya.

Tentu saja, meneliti dan menulis konten berkualitas tinggi membutuhkan investasi. Investasi tersebut dapat berupa waktu, jika Anda memilih untuk membuatnya sendiri, atau uang, jika Anda memilih untuk menyewa agen pemasaran digital untuk membuatnya untuk Anda.

Namun setelah Anda melakukan investasi awal tersebut, tidak ada biaya yang berkelanjutan untuk terus menarik lalu lintas ke konten Anda.

Anda mungkin perlu memperbarui halaman setiap beberapa bulan, tergantung pada sifat topik. Anda juga mungkin perlu menambah dan menyempurnakannya jika pesaing Anda memutuskan untuk menargetkan kata kunci yang sama.

Namun, jika menyangkut masalah itu, tempat berharga Anda di hasil penelusuran tidak dikenai biaya.

Ini adalah perbedaan utama dari iklan PPC, yang melibatkan biaya setiap kali pengguna mengklik dan mengunjungi halaman.

Untuk memberi Anda gambaran tentang seberapa besar keuntungannya, anggap saja biaya per klik (BPK) rata-rata di semua industri adalah $ 2,32.

Dengan SEO, Anda memiliki potensi untuk menghindari pembayaran jumlah ini dan mendapatkan lalu lintas ke situs Anda tanpa biaya berkelanjutan sama sekali.

3. SEO mendapat lebih banyak klik daripada PPC

Meskipun iklan PPC muncul di atas peringkat organik, 71,33% pencarian menghasilkan klik pada hasil organik di halaman pertama.

Sulit untuk mengatakan mengapa demikian, meskipun kesimpulan paling logis adalah bahwa pengguna mempercayai algoritme Google. Mereka tahu tempat mana yang dibayar pengiklan, dan mereka memilih untuk mengunjungi halaman yang telah ditentukan oleh mesin pencari sebagai yang terbaik.

Tentu saja, ini hanya dugaan.

Namun terlepas dari alasan di baliknya, faktanya adalah bahwa mayoritas klik untuk penelusuran tertentu mengarah ke hasil organik.

4. SEO membantu PR

Meskipun SEO dan PR mungkin tampak seperti strategi pemasaran yang sepenuhnya terpisah, Anda dapat menggunakannya bersama untuk memaksimalkan hasil yang Anda lihat dari masing-masing.

Hubungan terbesar antara keduanya terletak pada pembangunan tautan.

Menghasilkan tautan dari situs web terkemuka adalah komponen utama dari strategi SEO apa pun. Ini berarti bahwa salah satu bagian terbesar dari pekerjaan profesional jasa SEO terbaik Jakarta adalah mengidentifikasi peluang penempatan atau liputan di blog industri, publikasi berita, dan lainnya.

5. Anda bisa maju dalam persaingan


Saat ini, SEO secara luas dianggap sebagai pokok dari strategi pemasaran apa pun.

Faktanya, 61% pemasar mengatakan bahwa meningkatkan SEO mereka dan meningkatkan kehadiran online mereka adalah prioritas utama.

Artinya, pesaing Anda kemungkinan besar sudah mengambil langkah untuk menetapkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Dan dengan strategi SEO Anda sendiri, Anda dapat mengikutinya - dan idealnya, terus maju - agar tetap kompetitif dalam industri Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun