Mohon tunggu...
Fransiskus Stefanus
Fransiskus Stefanus Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

10 Prospek Kerja untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

2 Oktober 2023   14:36 Diperbarui: 2 Oktober 2023   14:37 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Ilmu Komunikasi (Sumber: Freepik/Pressfoto)

Ilmu komunikasi merupakan salah satu program studi yang merupakan bagian dari ilmu sosial. Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari penyampaian pesan agar dapat ditujukan kepada khalayaknya, baik secara verbal maupun non verbal. 

Jurusan ilmu komunikasi juga memiliki banyak peminatnya, karena memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Salah satu cabang atau peminatan dari jurusan Ilmu Komunikasi adalah broadcasting, jurnalistik, komunikasi massa, marketing communication, public relation, dan periklanan.

Skill-skill penting untuk ilmu komunikasi diantaranya adalah public speaking, riset, kreatif, marketing, penulisan, videografi, dan fotografi.

Menjelang semester 7, biasanya pada hari libur perkuliahan dipakai untung waktu magang sesuai minat dari program studi masing-masing. Dengan tujuan magang yaitu mengembangkan kemampuan dari perkuliahan untuk persiapan dunia kerja pada lulus nanti, menambah relasi atau hubungan antar pribadi, dan pengalaman magang untuk mempermudah melamar kerja.

Biasanya, lulusan ilmu komunikasi bekerja di bidang media, industri kreatif, dan teknologi. Akan tetapi bisa jadi menyebrang ke jurusan lain atau minat yang bersebrangan.

Banyak prospek atau peluang kerja yang cocok untuk jurusan ilmu komunikasi. Berikut ada 10 prospek kerja yang cocok untuk jurusan ilmu komunikasi:

1. Jurnalis

Menjadi jurnalis tentu saja harus berani berbicara di depan publik, karena dituntut memiliki skill multifungsi, seperti menulis berita, mendengarkan penyampaian narasumber, dan juga public speaking tentunya.

Berbagai media massa juga membutuhkan jasa tersebut, karena jurnalis menjadi sumber penyebaran berita dari media massa agar mendapatkan perhatian khalayak mengenai apa yang diberitakan.

2. Public Relation

Public relation (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas) adalah seseorang duta merek dari suatu perusahaan yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan suatu brand/merek kepada masyarakat.

Tak salah pekerjaan ini memiliki peminat terbanyak dari berbagai jurusan. Karena kunci utamanya adalah skill komunikasi, yang mendapat mempengaruhi suatu tindakan agar mendapatkan fearless/kepercayaan dari masyarakat sekitar atau dari beberapa elemen.

3. Copywriter

Copywriter adalah seseorang yang tugasnya menuliskan suatu teks iklan atau materi publik yang dapat mempengaruhi orang lain. Akan tetapi, copywriter tidak hanya fokus pada periklanan saja. 

Peran utama dari copywriter yaitu menulis konten, membahas ke klien untuk pesan yang ingin disampaikan, membuat copy yang menarik dan kreatif, dan menerima feedback dari berbagai kalangan.

4. Content Writer

Content Writer adalah seseorang yang menuliskan pesan atau mengumpulkan informasi yang akan disebarluaskan kepada khalayak. 

Content Writer biasanya membuat tulisan berupa artikel/blog. Tetapi juga bisa menuliskan pesannya dengan perpaduan promosi atau marketing.

Sama dengan peran dari Copywriter, tetapi perbedaannya adalah tujuannya. Tujuan Content Writer adalah meningkatkan tingkat pembaca atau pengunjung untuk melihat pesan yang ditulisnya, dan Copywriter bertujuan meningkatkan penjualan dan promosi.

5. Content Creator

Pekerjaan ini sebenarnya idaman dari berbagai kalangan. Content Creator adalah seseorang yang membuat konten dengan tujuan menghibur, memberikan informasi, atau mendidik melalui media berupa foto atau video kepada khalayak.

Content Creator dituntut memiliki skill komunikasi, riset, berpikir kreatif, organisir, dan kolaboratif.

Selain membuat konten untuk mendorong jumlah penonton, content creator bisa berupa media promosi untuk penjualan atau pesan kepada khalayak.

Maka tidak salah, content creator menjadi peminat terbanyak, karena menjadi content creator juga bisa dilakukan seorang diri dan mahir secara otodidak. 

6. Videografer/ Video Editor

Menjadi videografer dipastikan prospek dari lulusan ilmu komunikasi, karena salah satu peminatan wajib dari jurusan broadcasting yang mempelajari dasar-dasar viedografi dan video editing.

Tugas utama videografer adalah seorang yang merekam atau memproduksi video, sedangkan video editor adalah seseorang yang menyunting sebuah video. Videografer bekerja pada tahap produksi, sedangkan video editor berkerja pada tahap pasca-produksi.

Videografer dan video editor tentu saja memiliki prospek kerja un tuk bidang ilmu komunikasi, jika memiliki portfolio tugas, project, ataupun magang berupa video yang terkait bidang media massa atau industri kreatif tersebut.

7. Event Organizer

Pekerjaan dari Event Organizer atau Planner yaitu suatu kelompok yang tujuannya adalah  mempromosikan dan membuat suatu acara dengan tema yang menarik. Seperti contoh pesta ulang tahun, job fair, meeting kantor, dan pesta pernikahan.

Event organizer harus memiliki skill terorganisir dan keterampilan dalam kelompok/organisasi. Selain itu, event organizer juga harus bisa menulis atau membuat rancangan konten untuk acara-acara besar yang akan berjalan tersebut.

8. Master of Ceremony (MC)

Master of Ceremony adalah seseorang yang memimpin/ memandu berjalannya suatu acara besar, MC juga menyampaikan rangkaian acarayang berurutan secara sistematis.

Kunci penting menjadi MC adalah durasi dalam penyampaian pesan dan intonasi nadanyanya yang seimbang. Jika salah satu terdapat kesalahan, maka acara tidak akan berjalan dengan mulus.

Menjadi MC tidak hanya bekerja secara full-time saja, akan tetapi bisa part-time bahkan freelance.

9. Social Media Specialist

Social Media Specialist adalah seseorang yang bekerja merancang postingan untuk suatu akun sosial media. Biasanya, postingan yang dibuat adalah sebagai media promosi atau pemasaran untuk berbagai produk yang di iklankan melalui sosial media.

Selain itu, pekerjaan tersebut juga melakukan strategi sosial media untuk kampanye suatu produk atau jasa periklanan ke sosial media ataupun organik.

Untuk jenjang karier dan gaji sangat menjanjikan untuk pekerjaan tersebut.  

10. Digital Marketing

Pekerjaan ini memiiliki jenjang karier yang sangat jelas, dan dibutuhkan oleh hampir seluruh elemen-elemen perusahaan. Tujuannya adalah meningkatkan daya beli atau promosi suatu produk, jasa, atau promosi sejenis lainnya kepada khalayak melalui media digital seperti sosial media, email, atau website. 

Secara umum, pekerjaan ini bisa diterima oleh seluruh jurusan, akan tetapi skill wajib dari digital marketing adalah berpikir kreatif, riset, skill desain, content marketing, paham dengan SEO, SEM (Search Engine Marketing), analisis data, strategi konten, dan paham teknologi.

Tanggung jawab utamanya digital marketing adalah meningkatkan presentasi yang mewakilkan dari suatu perusahaan/organisasi yang dapat meningkatkan suatu pendapatan secara keseluruhan.

Dan itulah 10 prospek kerja yang ada dalam jurusan Ilmu Komunikasi. Pekerjaan yang dicatat diatas merupakan pekerjaan yang populer oleh lulusan ilmu komunikasi. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat buat job seekers.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun