Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... Mahasiswa - K-drama Enthusiast

Mahasiswa (pejuang tugas akhir) program studi Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Promosi Bisnis Pakai Media Sosial, Yuk!

11 Mei 2021   16:55 Diperbarui: 11 Mei 2021   17:27 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sudah zamannya digital marketing, seorang pelaku usaha jika ingin berkompetisi di dunia bisnis harus menyesuaikan dengan kecepatan teknologi. Pasalnya, kegiatan transaksi jual-beli kebanyakan sudah menggunakan fasilitas teknologi modern.

Misalnya: menjamurnya e-commerce yang meningkatkan aktivitas jual-beli daring. Konsumen kebanyakan memilih menggunakan e-commerce dengan berbagai alasan, termasuk mengutamakan kemudahan untuk membeli dan mendapatkan barang. 

Nah, kebutuhan memasarkan barang di media sosial tentunya sangat bermanfaat mengingat target konsumen yang lebih memilih bertransaksi menggunakan kemudahan teknologi. Berikut alasan mengapa promosi bisnis lebih baik menggunakan media sosial.

Manfaat media sosial untuk promosi bisnis:

  • Media sosial bisa menjangkau calon konsumen dari berbagai daerah, tanpa batas, bahkan bisa menjangkau sampai ke luar negeri.

  • Zaman sekarang masyarakat lebih suka menggunakan media sosial untuk mencari informasi. Tua, muda, bahkan anak-anak sudah mengakses media sosial

  • Beberapa fitur dari media sosial mempermudah pelaku bisnis untuk memasang katalog produk.

  • Selain untuk keperluan pemasaran, media sosial adalah wadah yang efektif untuk menjalin interaksi antara pemilik usaha dan konsumen.

Promosi bisnis pakai media sosial bisa menggunakan media sosial apapun. Berikut pilihan media sosial yang bisa dipertimbangkan untuk keperluan promosi bisnis:

  • Tiktok

  • Instagram

  • Facebook

  • Twitter

Setiap platform media sosial memiliki ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, gunakan media sosial sesuai kebutuhan promosi bisnis yang diinginkan.

Ilustrasi promosi bisnis menggunakan teknologi smartphone (Pexels)
Ilustrasi promosi bisnis menggunakan teknologi smartphone (Pexels)

Baca juga: Marketing Usaha Kuliner Menggunakan YouTube: Mengapa dan Bagaimana Caranya?

Promosi bisnis pakai Tiktok. Bagaimana caranya?

Wah, Tiktok adalah platform yang tepat untuk Anda yang ingin menciptakan konsep pemasaran bisnis yang kreatif dan kekinian. Tiktok adalah platform media sosial yang membantu Anda memproduksi konten berupa video. 

Anda bisa melakukan berbagai improvisasi pada konten di Tiktok. Misalnya: menggunakan backsound lagu yang sedang viral, isi konten yang informatif namun terselebung promosi bisnis. 

Gunakan strategi copywriting pada isi konten yang Anda buat. Semoga konten Tiktok yang dibuat masuk FYP dan memperoleh engagement yang tinggi dari pengguna Tiktok, ya!

Baca juga: Ide Bisnis Kpopers yang Kreatif dan Laris Manis

Promosi bisnis pakai Instagram. Bagaimana caranya?

Promosi bisnis pakai Instagram tergolong mudah dan sederhana. Anda cukup mendaftar dan memiliki akun Instagram. Unggah foto produk yang ingin dipasarkan, cari endorsement, pakai paid promote, dan biarkan orang-orang mengetahui keberadaan akun bisnis Anda.

Selain itu, biar promosi bisnis semakin menarik Anda bisa mendesain foto katalog sesuai keinginan, lho! Hal tersebut dilakukan supaya produk yang Anda tawarkan menarik perhatian orang banyak di Instagram.

Memanfaatkan kreativitas di media sosial untuk promosi bisnis (Pexels)
Memanfaatkan kreativitas di media sosial untuk promosi bisnis (Pexels)

Promosi bisnis pakai Facebook. Bagaimana caranya?

Jika di Tiktok target pemasaran untuk anak-anak muda, Facebook masih bisa menjangkau target konsumen di usia yang lebih tua. Banyak orang terutama ibu-ibu atau bapak-bapak menggunakan Facebook sekadar untuk bermain media sosial namun juga untuk mencari informasi jualan.

Nah, aktifnya mereka di Facebook bisa jadi kesempatan yang besar untuk melakukan promosi bisnis di Facebook. Bagaimana caranya?

Ada dua cara sederhana, pertama:

  • Bagikan d profil Facebook pribadi

Dengan catatan Anda menerima banyak pertemanan di Facebook. Semakin banyak yang berteman dengan Anda, semakin banyak pula yang mengetahui produk yang ditawarkan.

  • Bagikan di grup jual-beli di Facebook

Bergabunglah dengan grup jual-beli di Facebook. Cari yang sesuai dengan jenis produk yang Anda jual dan tentukan juga daerahnya. Karena grup di Facebook masih ada yang terbagi dari beberapa daerah.

Promosi bisnis pakai Twitter. Bagaimana caranya?

Sama halnya dengan media sosial di atas, promosi bisnis menggunakan Twitter bisa memanfaatkan fitur cuitan dan posting foto. 

Anda bisa menawarkan secara langsung melalui Twitter atau gunakan tagar supaya mendapatkan target yang saat itu sedang membutuhkan produk yang Anda jual.

Promosi bisnis pakai Twitter (Pexels)
Promosi bisnis pakai Twitter (Pexels)
Media sosial hingga hari ini masih menjadi platform favorit bagi masyarakat untuk mencari dan berbagi informasi. Banyaknya pengguna media sosial juga dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk melakukan promosi bisnis di media sosial. 

Anda bisa menggunakannya di Tiktok, Instagram, Facebook, dan Twitter.

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Yuk, promosi bisnis menggunakan media sosial biar usahamu kembali bangkit.

Selamat mencoba!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun