Mohon tunggu...
Stefani P
Stefani P Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Surat Terbuka Online Shop Akun Instagram @woohoo_jkt

26 Januari 2017   22:52 Diperbarui: 7 Juli 2017   14:29 1617
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Selamat malam semuanya,

Bagi para netizen pecinta sepatu, pasti sudah tidak asing dengan akun Instagram yang berjualan sepatu atau sneakers, salah satu akunnya yaitu @woohoo_jkt

Disini, saya tidak membahas tentang sepatu yang dijual oleh @woohoo_jkt melainkan pelayanan yang diberikan oleh @woohoo_jkt yang sangat tidak menyenangkan dan cenderung kepada modus penipuan.


Pada tanggal 29 Desember 2016, saya melakukan transaksi pembelian sepatu online di Instagram milik akun @woohoo_jkt. Sebelum melakukan transfer ke rekening BCA 0919008832 a/n TINA MALINDA HARAHAP sudah tercapai kesepakatan antara saya sebagai pembeli dan admin LINE @woohoo_jkt sebagai penjual, bahwa barang yang saya pesan yaitu Adidas Neo Baseline "White/Pearl" akan dikirimkan menggunakan gojek di hari yang sama saat saya melakukan pembayaran ke rekening BCA 0919008832 a/n TINA MALINDA HARAHAP.

chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (02)
chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (02)
chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (03)
chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (03)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (04)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (04)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (05)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (05)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (06)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (06)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (07)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (07)
Saya sudah menunggu proses pengiriman oleh @woohoo_jkt sampai pukul 20.15 WIB, akan tetapi chat saya baru ditanggapi oleh @woohoo_jkt keesokkan harinya, tanggal 30 Desember 2016 dengan permintaan maaf. Pada chat tersebut, pihak penjual yaitu @woohoo_jkt juga menjanjikan untuk melakukan pengiriman barang saya berupa sepatu pada hari tersebut.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (08)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (08)
Sampai pada pukul 13.54 WIB barang saya tidak kunjung tiba dan chat saya tidak ditanggapi oleh pihak @woohoo_jkt. Pukul 18.37 WIB saya menanyakan kembali tentang pengiriman gojek yang dijanjikan oleh @woohoo_jkt.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (09)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (09)
Chat saya tidak ditanggapi sama sekali oleh @woohoo_jkt dan pada pukul 01.02 WIB saya meminta agar sepatu saya dikirimkan sebelum 31 Desember 2016 pukul 14.00 WIB atau jika tidak memungkinkan, saya meminta refund dari @woohoo_jkt. Tidak sampai 1 jam, @woohoo_jkt sudah menanggapi chat saya dan meminta no rekening saya.

Sempat menjadi pertanyaan saya, mengapa chat yang sudah saya kirimkan dari 30 Desember 2016 pukul 13.54 WIB baru ditanggapi setelah hampir 12 jam. Logikanya, jika @woohoo_jkt tidak memiliki itikad buruk dan merupakan online shop terpercaya dengan chat LINE yang menumpuk, saya yang selalu melakukan re-chat tidak mungkin ada pada posisi paling bawah untuk langsung dibalas. Akan tetapi, setelah saya menentukan deadline pengiriman barang dan refund, admin @woohoo_jkt langsung menanggapi chat saya. Agak aneh ya?

Pada tanggal 31 Desember 2016, saya menunggu paket barang yang seharusnya dikirimkan oleh @woohoo_jkt. Akan tetapi, hingga pukul 15.00 WIB tidak ada paket yang datang dan tidak ada konfirmasi dari pihak penjual yaitu @woohoo_jkt apakah barang akan dikirim atau di-refund. Hari itu juga, saya bertanya tentang refund yang dijanjikan oleh @woohoo_jkt. Saya sadar ada terms and condition yang diberlakukan oleh @woohoo_jkt bahwa waktu re-fund membutuhkan 4 hari kerja.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (10)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (10)
Saat itu, bertepatan dengan tahun baru dan pihak penjual yaitu @woohoo_jkt tidak memberikan informasi tentang hari kerja mereka, sehingga pada tanggal 03 Januari 2017, saya melakukan chat lagi untuk bertanya tentang refund  yang dijanjikan oleh pihak penjual yaitu @woohoo_jkt.
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (11)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (11)
Dari pihak @woohoo_jkt hanya memberikan balasan klasik para penjual yaitu sudah diberikan laporan refund-nya kepada admin. Saya masih mencoba bersabar dan tidak langsung memiliki kesimpulan bahwa @woohoo_jkt melakukan penipuan. Pada tanggal 08 Januari 2017 pukul 13.31 WIB, saya mencoba berkomunikasi lagi dengan @woohoo_jkt melalui media sosial LINE dengan user ID: woohoojkt.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (12)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (12)
Seperti biasa, chat saya tidak ditanggapi oleh admin @woohoo_jkt hehehe. Jadi saya melakukan spam chat yang berisi meminta agar uang saya dikembalikan atau di-refund dan meminta pihak @woohoo_jkt untuk menunjukkan itikad baik dan komunikasi yang jelas tanpa menyimpulkan atau menuduh bahwa @woohoo_jkt adalah online shop penipu.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (13)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (13)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (14)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (14)
Akhirnya, strategi untuk spam LINE @woohoo_jkt berhasil juga dan dibalas oleh admin @woohoo_jkt. Isi chat tersebut berisikan admin @woohoo_jkt menawarkan saya untuk mengirimkan barang yang saya pesan pada 29 Desember 2016 (11 hari yang lalu). Saya tentu meminta konsistensinya karena kesepakatan pada 31 Desember 2016, pihak @woohoo_jkt sudah setuju untuk melakukan refund apabila barang tidak sampai ke alamat saya pada 31 Desember 2016 pukul 14.00 WIB.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (15)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (15)
Itikad baik @woohoo_jkt yang menawarkan untuk mengirimkan barang saya terima. Oleh karena itu saya masih menunggu refund untuk dilakukan pihak @woohoo_jkt sampai tanggal 11 Januari 2017. Waktunya cukup panjang dari tanggal 08 Januari 2017 ke tanggal 11 Januari 2017, pas 4 hari kerja sesuai dengan terms&conditions yang ditentukan sendiri oleh pihak penjual yaitu @woohoo_jkt. Akan tetapi, lagi lagi refund saya belum dilakukan hehehe

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (16)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (16)
Ini juga jawaban klasik ala penjual atau sudah bisa saya menyimpulkan bahwa @woohoo_jkt adalah penipu? Masih dengan alasan yang sama "nanti juga dikabarin", saya sudah mulai malas untuk berbaik-baik menanggapi @woohoo_jkt

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (17)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (17)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (18)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (18)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (19)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (19)
Alasan klasik penjualnya muncul lagi nih hehehe "Proses bertahap" dan kelanjutannya hanya membela dirinya yang menurut saya sudah pasti salah. Saya sudah mulai capek untuk menanggapi online shop @woohoo_jkt ini. Bisa saya simpulkan disini bahwa @woohoo_jkt memang adalah online shop penipu. Sehingga pada chat-chat berikutnya, saya hanya memaparkan mengapa saya anggap @woohoo_jkt tidak memiliki itikad dan komunikasi yang baik, serta pelayanannya yang sudah melanggar terms and conditions yang sudah dibuat sendiri oleh pihak penjual yaitu @woohoo_jkt

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (20)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (20)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (21)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (21)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (22)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (22)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (23)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (23)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (24)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (24)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (25)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (25)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (26)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (26)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (27)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (27)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (28)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (28)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (29)
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt (29)
Setelah saya menjelaskan duduk persoalannya kepada @woohoo_jkt, chat saya kembali tidak ditanggapi oleh @woohoo_jkt. Oleh karena itu, saya memberikan informasi kepada @woohoo_jkt apabila dana saya tidak dikembalikan dalam 24 jam semenjak saya chat, maka saya akan memperkarakan hal ini baik secara sosial maupun secara hukum. Dan tanggapan @woohoo_jkt sebagai penjual hanya "oke" hehehe

Saya sudah memberikan banyak waktu untuk @woohoo_jkt berubah pikirannya. Sampai sebelum saya mengirimkan laporan ke Cyber Crime Polri, saya masih menunggu itikad baik @woohoo_jkt untuk mengembalikan dana saya.

sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt melalui DM instagram
sumber: chat pribadi saya sebagai pembeli dengan @woohoo_jkt melalui DM instagram
Saya juga sudah mengirimkan informasi yang sama ke akun Instagram milik @woohoo_jkt sehingga tidak ada alasan bahwa  @woohoo_jkt tidak membaca informasi bahwa saya akan memperkarakan hal ini secara hukum dan sosial apabila tidak ada itikad baik dari  @woohoo_jkt untuk mengembalikan dana saya

sumber: dok pribadi - email pelaporan ke cyber crime polri (01)
sumber: dok pribadi - email pelaporan ke cyber crime polri (01)
sumber: dok pribadi - email pelaporan ke cyber crime polri (02)
sumber: dok pribadi - email pelaporan ke cyber crime polri (02)
Saya bukan lulusan hukum atau seseorang yang bisa main hakim sendiri. Oleh karena itu, seluruh kronologi dan bukti berupa screenshoot chat saya sebagai pihak pembeli dan  @woohoo_jkt sebagai pihak penjual, sudah saya laporkan ke Cyber Crime Polri melalui email resminya yaitu cybercrime@polri.go.id pada tanggal 21 Januari 2017 pada pukul 14.32 WIB. Semoga pelaporan saya bisa segera diproses oleh Cryber Crime Polri dan tidak ada korban penipuan lagi dari @woohoo_jkt maupun online shop lain (jika ada). sp.

sumber: dok pribadi - screenshoot instagram @woohoo_jkt
sumber: dok pribadi - screenshoot instagram @woohoo_jkt
bukti penipuan lain yang dilakukan oleh @woohoo_jkt bisa diakses disini(1) dan disini(2)

-

update per hari ini tanggal 27 Januari 2017. Penjual langsung melakukan refund setelah saya menerbitkan surat terbuka ini. Saya tidak akan berhenti disini untuk menyebarkan bahwa @woohoo_jkt tidak memiliki itikad dan komunikasi yang baik. Ada beberapa orang yang saya kenal, belum dikembalikan uangnya dan transaksi yang mereka lakukan jauh lebih dahulu daripada saya.

sumber: dokumen pribadi 27 Jan 2017 (1)
sumber: dokumen pribadi 27 Jan 2017 (1)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun