Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Customer Relation, Kunci Bisnis Jangka Panjang

6 Oktober 2021   07:57 Diperbarui: 6 Oktober 2021   07:59 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Seringkali banyak para pemilik usaha, baik skala besar hingga kecil sangat memperhatikan marketing dan sales, tapi lupa memperhatikan relasi konsumen, atau Customer Relation.

Marketing sendiri merupakan kegiatan untuk mencari, mendatangkan prospek, calon pembeli atau calon customer. Sedangkan proses Sales adalah untuk mengubah dari prospek, calon pembeli atau calon customer ini menjadi customer kita. Tapi ada bagian yang seringkali terlupa, yaitu menjaga customer kita agar tetap membeli atau berhubungan dengan kita.

Dulu saya punya sales hit-run, itu istilah yang saya berikan untuk jenis sales yang seperti ini. Dia memang bagus untuk mendekati customer, follow up hingga customer akhirnya 'menyerah' dan membeli. Itu ilmu yang sangat bagus dia pelajari dari tempat sebelumnya. Tapi di saya, itu tidak bisa melulu berlaku.

Bisnis itu adalah seperti perkawinan, hubungan kepercayaan jangka panjang. Bila customer telah percaya produk dan jasa kita, kita tidak bisa hanya mengambil manfaat saat kita perlu saja, tapi harus ada hal yang dibina jangka panjang. Itulah customer relation.

Customer relation ini memang seperti orang pacaran. Setelah berhasil jadi pacarnya, kan tidak lantas kemesraan berubah. Tetapi harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Hingga tahapan ini mencapai tahapan selanjutnya. 

Customer relation sangat penting dilakukan saat ini. Terutama di masa pandemi, customer yang 'setia' lah yang akan menggunakan jasa dan produk kita, dan ini yang akan membantu kita bertahan di masa sulit ini. 

Seperti kata Mark Sornborn :

Marketing creates demands

Selling creates transactions

Service creates customers

Ada bagian dari usaha kita yang harus bisa mencari dan mendatangkan pelanggan baru. Ini biasa disebut marketing, atau sekarang digabung menjadi marketing communication. Ada yang berusaha mengubah menjadi transaksi, inilah proses penjualan, dan ada bagian terakhir dan terberat, yaitu menjaga customer kita.

Lakukan bagian customer relation anda dengan tepat, mulai dari menjaga, menyapa pelanggan anda. Memastikan customer anda menggunakan produk dan jasa dengan aman dan nyaman. Hingga melakukan update knowledge untuk para pelanggan kita. Semua bagian ini merupakan upaya menjaga relasi dengan customer. 

Ada usaha tertentu yang sangat memperhatikan ini, sehingga mereka membuat contact center, call center, sehingga pelanggan dapat menghubungi usaha dan bisnis dengan mudah. Ada yang sangat personalisasi, mereka mengirimkan email, hingga whatsapp untuk mengupdate customer mereka. Semua upaya ini dilakukan untuk menjaga, agar kita selalu menjadi top-of-mind dari customer kita.

Sudahkah anda lakukan customer relation untuk usaha anda ? Belum terlambat, mulai sekarang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun