Mendengar review buku dari pak Tanadi Santoso membahas buku ini, FLIP THE FUNNEL sungguh menarik.
Ini membuat saya bergidik, dan memikirkan ulang kembali semua strategi marketing yang selama ini kami lakukan.Â
Selama ini kita fokus untuk membuat dan menerapkan AIDA :
- ATTENTION / AWARENESS (menarik perhatian pelanggan dengan berbagai cara)
- INTEREST OF CUSTOMER (menumbuhkan ketertarikan, ini bisa berbentuk mengenal dan mempelajari)
- DESIRE (keinginan untuk membeli)
- ACTION (konsumen membeli produk)
Nah membangun AIDA selama ini dilakukan dengan aktifitas marketing secara masif, bisa dalam bentuk IKLAN / ADVERTISING, kemudian memastikan mereka tertarik hingga membeli.Â
Tapi sekarang semua sudah berubah, semenjak 10 tahun lalu, buku FLIP THE FUNNEL telah memprediksikan ini. Dan sekarang menjadi semakin nyata, dengan adanya internet, maka pola marketing pun berubah.Â
Tidak lagi menggunakan biaya marketing besar untuk iklan besar di pinggir jalan, tapi cukup dengan facebook, instagram, youtube marketing. Sehingga funnel kita akan berubah.Â
Untuk perusahaan seperti perusahaan saya yang melayani perusahaan lain (B2B), maka pendekatan seperti Account Based Marketing (ABM) yang paling tepat. Tahapan nya dirubah menjadi :
- Account Selection (Pemilihan akun atau konsumen yang paling berharga)
- Contact Identification (Tentukan kontak kunci dalam perusahaan)
- Nurturing (pilih kontak terbaik)
- Account Conversion (konversi konsumen, ukur terus menerus keberhasilan konversi)
Ada juga pendekatan lain yang mengutamakan Customer Experience (Pengalaman konsumen), dan ini bisa dipakai diÂ
 Fokusnya tetap pada CUSTOMER EXPERIENCE, dimana dimulai dengan :
- Capture Leads (tangkap calon konsumen)
- Educate - build trust (edukasi dan raih kepercayaan)
- Convert the lead (konversikan)
- Process the sales (jadikan konsumen)
- fullfil and wow (buat mereka puas dan happy)
- upsell (jual yang lain ke customer yang sama)
- create advocate (biarkan mereka / konsumen bicara)
Nah, anda bisa coba yang mana yang sesuai dengan bisnis anda.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI