Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Membangun UMKM Indonesia

18 April 2016   06:01 Diperbarui: 18 April 2016   07:11 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Saat ini semakin jelas tantangan ekonomi bagi Indonesia. Selain oleh karena semakin derasnya arus impor barang-barang dari luar negeri, khususnya negeri China, juga semakin banyaknya orang yang masuk dan bekerja di Indonesia.

Semua ini oleh karena satu hal, besarnya pasar (market) di Indonesia. Semua negara berlomba-lomba bekerjasama dengan Indonesia untuk mendapatkan berbagai kemudahan, termasuk negara-negara yang mungkin selama ini jarang dan belum pernah bekerjasama dengan Indonesia.

Nah, apakah kita akan berdiam diri saja ?

Pada  saat  maju  dalam  pemilihan  presiden  dan  wapres  yang  lalu, pasangan  Jokowi-JK  mengusung  visi “Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”,  visi  yang  kurang  lebih  adalah  konsep  Trisakti  Soekarno yaitu:

1). Berdaulat dalam Bidang Politik;

2). Berdikari dalam Bidang Ekonomi; dan

3). Berkepribadian dalam Bidang Kebudayaan.  

Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam 7 misi serta 9 agenda prioritas atau yang terkenal dengan sebutan “Nawacita” .  Dengan  visi misi itu, pasangan Jokowi-JK berhasil meyakinkan 71 Juta atau 53,15% rakyat Indonesia untuk memilih mereka sebagai  presiden  dan  wakil  presiden  Republik Indonesia  2014-2019. 

Tiba saatnya kita mendukung NAWACITA ini dengan lebih nyata berperan. Apa yang bisa kita lakukan ?

Dalam ilmu Marketi

ng, 4P (Produk, Price, Place, People dan Promotion). Kelima hal ini yang bisa membuat UMKM berkembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun