Saat ini semakin jelas tantangan ekonomi bagi Indonesia. Selain oleh karena semakin derasnya arus impor barang-barang dari luar negeri, khususnya negeri China, juga semakin banyaknya orang yang masuk dan bekerja di Indonesia.
Semua ini oleh karena satu hal, besarnya pasar (market) di Indonesia. Semua negara berlomba-lomba bekerjasama dengan Indonesia untuk mendapatkan berbagai kemudahan, termasuk negara-negara yang mungkin selama ini jarang dan belum pernah bekerjasama dengan Indonesia.
Nah, apakah kita akan berdiam diri saja ?
Pada saat maju dalam pemilihan presiden dan wapres yang lalu, pasangan Jokowi-JK mengusung visi “Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”, visi yang kurang lebih adalah konsep Trisakti Soekarno yaitu:
1). Berdaulat dalam Bidang Politik;
2). Berdikari dalam Bidang Ekonomi; dan
3). Berkepribadian dalam Bidang Kebudayaan.
Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam 7 misi serta 9 agenda prioritas atau yang terkenal dengan sebutan “Nawacita” . Dengan visi misi itu, pasangan Jokowi-JK berhasil meyakinkan 71 Juta atau 53,15% rakyat Indonesia untuk memilih mereka sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2014-2019.
Tiba saatnya kita mendukung NAWACITA ini dengan lebih nyata berperan. Apa yang bisa kita lakukan ?
Dalam ilmu Marketi
ng, 4P (Produk, Price, Place, People dan Promotion). Kelima hal ini yang bisa membuat UMKM berkembang.