Merumuskan Tujuan Pembelajaran di Kurikulum Merdeka
Capain Pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai murid pada setiap fase perkembangan, yang dimulai dari fase Fondasi pada PAUD. Untuk pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. CP Menyangkup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi
Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) murid yang perlu dibangun melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).Â
Alur Tujuan pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir dalam suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hariÂ
Kepada bapak/ibu sesama guru mapel, kepala sekolah, atau pengawas sekolah, kami minta umpan balik secara tertulis pada komentar di bawah ini (jumlah umpan balik minimal 3 orang). Umpan balik tersebut mencakup 2 pertanyaan sebagai berikut:
- Apakah tujuan pembelajaran sudah menunjukkan kompetensi yang perlu murid capai? Jelaskan alasannya.
- Apakah tujuan pembelajaran selaras dengan kompetensi dalam Capaian Pembelajaran? Jelaskan alasannya
Mohon kesediaannya dapat mengisi umpan balik melelui form berikut ini :
https://forms.gle/KsyGDRccfEbGkcH4A
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H