Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Petani, Ibu dari 1 putri, 1 putra

Penerima anugerah People Choice dan Kompasianer Paling Lestari dalam Kompasiana Awards 2023.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Ternyata Skin Care saja Tidak Cukup untuk Mendapatkan Kulit Wajah Sehat

2 November 2022   11:04 Diperbarui: 2 November 2022   11:27 489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kebiasaan sederhana ini bikin tubuh dan wajah sehat. Foto dari kompas

 

Banyak orang mendambakan tubuh sehat dan kulit wajah glowing. Untuk mendapatkannya berbagai cara dilakukan, mulai dari penggunaan skin care hingga menerapkan gaya hidup sehat.

Namun, terkadang usaha dalam merawat tubuh dan kulit tidak berhasil, salah satunya saya. Sudah memakai produk kecantikan, kulit wajah masih kusam. Kalau kata teman, wajah saya butek siga bajigur.

Kisahnya seperti ini 

Dua tahun setelah menikah, ada teman dari Majalengka berkunjung ke Madiun. Dia kaget melihat saya dan spontan mengatakan kalau kulit wajah saya butek, sangat berbeda dengan masih bujang dulu.  

Awalnya saya anggap bercanda, karena selama ini saya rutin merawat wajah, tetapi, dia malah sering mengatakan itu setiap saya mudik dan menemuinya. 

Saya pun akhirnya terdorong untuk merawat wajah lebih rutin dan ganti produk  perawatan wajah. Namun, ketika ganti skin care, wajah saya malah merah, perih.  

Akhirnya sampai pada satu keputusan, kalau kulit wajah setiap orang itu berbeda dan akan mengalami perubahan. Sepertinya itu hukum alam.

Seperti yang saya kutip dari kompas, "Kulit adalah organ hidup yang berubah dari waktu ke waktu," kata dokter spesialis kulit yang berbasis di Los Angeles, Jessica Wu, MD.

Saya fokus pada satu hal, tetap merawat kulit dan tubuh agar sehat. Kita mendambakan kulit wajah glowing boleh saja, tetapi pastikan harus sehat. Untuk itu saya menyakini tidak perlu melakukan hal-hal ektrim dan instan.

Cara Sederhana Merawat Tubuh dan Wajah agar Sehat

Ilustrasi merawat wajah dengan masker. Foto by suara.com
Ilustrasi merawat wajah dengan masker. Foto by suara.com

Saya fokus merawat wajah dan tubuh selama bertahun-tahun. Ternyata itu pun masih salah, karena suatu hari, tahun 2020 seorang teman lagi mengatakan kalau wajah saya pucat, penuh tekanan, tampak stres. Jleb terasa nusuk ke hati saat beliau mengatakan itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun