Salam bahagia, Sahabat semuanya,
Sebelumnya kita mengenal namanya DOS, WordStar 5.5, Lotus 2.1, ChiWriter 3.15. Pada Tahun 1990 berkembang menjadi Microsoft Office. Ada banyak aplikasi di dalam Microsoft Office.
Aplikasi yang terdapat dalam program Microsoft Office antara lain, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher, Microsoft Info Path
Namun, yang banyak digemari yakni Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint.  Excel digunakan untuk memudahkan pengolahan angka, pembuatan grafik, mengurutkan, mengedit dan meringkas data.
Microsoft Excel bagi ibu rumah tangga mungkin dianggap tidak penting, padahal dengan perkembangan teknologi rasanya sayang kalau tidak dimanfaatkan. Delapan belas tahun lalu saya biasa menggunakan komputer terutama Microsoft word dan excel. Setelah menikah, ilmu itu tetap saya gunakan walaupun dalam format sederhana.
Microsoft Excel, bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya, sebagai ibu rumah tangga, kita bisa membuat perencanaan keperluan rumah setiap bulannya. Dengan perencanaan kita jadi tahu jumlah kekurangan dana setiap bulannya.
Untuk memulai atau setelah usaha berjalan, excel juga sangat bermanfaat. Kita bisa menyimpan nama berikut harga barang dalam komputer. Selain itu kita juga bisa menghitung berapa persen barang akan dijual, jumlah keuntungan dalam setiap item.
Pada kesempatan ini, saya akan mencoba berbagi sedikit tentang excel dasar bagi ibu rumah tangga.
Gambar 1
Keterangan gambar 1. Buatlah table seperti gambar di atas, ketik saja apa anggaran rumah tangga kita. Setiap orang tentu berbeda, baik pemasukan atau pengeluaran. Pada kolom D baris ke 17 yaitu kolom Jumlah ketik : =SUM(D7:D16)
Catatan : setiap memulai rumus gunakan tanda = (sama dengan)
Ketika sudah ketik = Sum, lalu tanda kurung buka, geser kursor ke kolom paling atas, lalu klik tanda titik untuk mengunci, terus tekan panah bawah hingga kolom terakhir yang akan dijumlahkan, tekan tanda kurung tutup dan tekan enter. Kolom itu sudah menjumlahkan.
Dalam tabel, kita melihat pengeluaran lebih besar dari pemasukan, kurangnya satu juta rupiah. Sebagai ibu rumah tangga, kita harus kreatif. Jika tidak ada pemasukan lagi dari suami, kita bisa memangkas pengeluaran atau menambah penghasilan. Baik saya akan memilih mencari tambahan dengan usaha kecil-kecilan dengan mengambil modal dari tabungan atau biaya tak terduga.
Gambar 2
Untuk kolom yang berwarna putih/kolom E, kita masukkan angka secara manual sesuai barang yang kita beli. Untuk yang berwarna, kita akan membuat rumus satu baris saja. Kita tidak perlu mengisi rumus satu persatu tiap kolom. Excel memudahkan menghitung dalam baris dan kolom yang banyak.
Langkah 1Â : Simpan kursor di kolom F7 (total harga beli sabun cair merek Rinko) tekan =B7*E7
(B7 adalah jumlah barang dan E7 adalah harga beli barang dalam satuan, tanda * adalah kalikan. Berarti jumlah barang dikali harga barang)
Langkah 2 : Simpan kursor di kolom G7 (harga jual barang dalam satuan) tekan =E7+(E7*50%)
(G7 adalah harga barang yang akan kita jual ditambah 50% dari harga beli)
Langkah 3 : Simpan kursor di kolom H7 (Jumlah pendapatan tiap item) lalu tekan =G7*B7
(G7 adalah harga jual dan B7 banyaknya barang jika terjual semua)
Langkah 4 : Simpan kursor di I7 (Jumlah laba/keuntungan) lalu tekan =H7-F7
(H7 adalah total pendapatan tiap item. F7 adalah total harga beli). Untuk mencari laba harga jual dikurangi harga beli
Langkah 5 : Blok dari F7 hingga I7 lalu tekan Ctrl + C
Langkah 6Â : Blok dari F8 hingga I15 tekan paste atau Ctrl + V
Hasilnya seperti gambar 3
Gambar 3
Jika ada banyak kolom dan baris, kita bisa melakukan langkah di atas, Dalam penulisan mata uang, kita tidak perlu menulis angka nol banyak. Cukup menulis angka paling depan, misalnya 5, 50, 500. Blok semua kolom yang akan diubah ke dalam tulisan uang, lalu tekan number. Pada kolom number pilih decimal, bisa dua atau 3 sesuai kebutuhan. Kolom number ada beberapa pilihan yang bisa digunakan seperti comma style (menyisipkan koma), Increate decimal (menambah angka nol), decrease decimal (mengurangi angka nol).
Ternayata excel mudah bukan? Mari mengatur anggaran rumah tangga, anggap saja rumah tangga kita adalah perusahaan besar karena saya yakin perusahaan besar diawali dari manajemen rumah tangga yang teratur.
Semoga bermanfaat, salam hangat
Bahan : 1
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H