Mohon tunggu...
SRI RAHAYU SANGRA DEMPO
SRI RAHAYU SANGRA DEMPO Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWA

MAHASISWA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Managerial vs Administrative Sama?

9 Februari 2022   08:50 Diperbarui: 9 Februari 2022   09:35 450
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perbedaan antara managerial dan administrasi sangat tipis.

mereka kelihatan serupa, tapi sangat berbeda satu sama lainnya

perbedaan manajemen dan adminitrasi juga ga bergitu berpengaruh pada prakteknya.

ingin tau lebih lengkap mengenai perbedaan administrasi dan manajemen?

langsung aja yuk simak pembahasannya pada artikel di bawah ini:

1. Administrasi

Administrasi yaitu keseluruh kegiatan pencatatan tertulis dan tersusus rapi secara sistematis, dari keterangan yang ada buat mempermudah dalam informasi yang dibutuhkan

fungsinya yaitu pembentukan dari :

a. rencana

b. kebijakan

c. aturan

d. prosedur

e. pengaturan tujuan serta objek

f. menegakkan regulasi serta tujuan dan

h. lain sebagainya

administrasi ini mewakili lapiran yang paling tertinggi dari hirarki manajemen sebuah organisasi yang bersifat birokratis

berikut contoh dari administra yaitu:

1). saat ada pekerja di sebuah pabrik yang meminta THR Bmaka mereka akan diminta menunggu keputusan dari manajemen

2). saat kamu melakakukan pengurusan dokumen di sebuah lembaga, instansi, atau kantor. maka kamu akan selalu dimintai kompensasi atau dokumen tersebut dengan istilah biaya administrasi


2. Manajemen

Sumber: istockphoto.com
Sumber: istockphoto.com

Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan milik orang lain atau bisa didefiniskan sebagai suatu tindakan mengelola pekerjaan dan karyawan buat bisa mencaoai tujuan organisasi

funsi manajemen yaitu merencanakan, memimpin, mengontrol, memotivasi, mengelola, membuat koordinasi dan juga keputusan.

5M yang harus ada didalam manajemen diantaranya yaitu:

  • Men (Orang)
  • Material (Bahan)
  • Machines (Mesin)
  • Method (Metode)
  • Money (Uang)

Perbedaan utama dari Administrasi Vs Manajemen

Sumber: keydifferences.com
Sumber: keydifferences.com

Peran :

Administrasi : Menentukan

Manajemen : Pelaksanaan

Menentukan :

Administrasi : Apa yang harus diselesaikan?

dan kapan pekerjaan tersebut selesai?

Manajemen : Siapa yang melalkukan pekerjaan?

dan bagaimana pekerjaan tersebut dapat diselesaikan?

Kewenangan :

Administrasi : Level atas

Manajemen : Level Menengah bahkan bawah

Pekerjaan :

Administrasi : Menentukan tujuan, menyusun kebiajakan, dan formulasi dari rencana

Manajemen :  Kebijakan sebagai aksi dan menerapkan rencana


Diterapkan pada :

Administrasi : Kantor pemerintah, klub, militer, rumah sakit, perusahaan bisnis, organisasi pendidikan dan agama, serta lain sebagainya

Manajemen : Hanya organisasi bisnis. karena organisasi bisnis menghasilkan profit

Berpusat pada :

Administrasi : Menentukan alokasi terbaik yang memungkinkan dari sumber daya ayang terbatas

Manajemen : Melaksanakan Pekerjaan

Wilayah Operasi :

Administrasi :  Memiliki kontrol penuh atas semua aktivitas di organisasi

Manajemen : Manajemen bekerja di bawah administrasi

Juru Kunci :

Administrasi : Administrator

Manajemen : Manajer

Mewakili :

Administrasi : Pemilik yang mendapatkan imbala pada modal yang diinvestasikan oleh mereka

Manajemen : Karyawan yang bekerja untuk pemberian upah

Nah dibawah ini penjelasan lebih lengkapnya tentang perbedaan administrasi dan manajemen "

Manajemen yaitu cara sistematis mengelola orang dan hal- hal dalam organisasi. sedangkan administrasi didefinisikan sebagai tindakan mengelola seluruh organisasi oleh sekelompok orang.

Manajemen merupakan kegiatan bisnis dan tingkat fungsional. sedangkan administrasi merupakan kegiatang tingkat tinggi

Manajemen berfokus pada implementasi kebijakan. sedangkan formulasi kebijakan dilakukan administrasi

Fungsi administrasi termasuk undang- undang dan penentuan. sebaliknya. fungsi manajemen bersifat eksekutif dan mengatur

Administrasi mengambil semua keputusan penting dari organisasi, sedangkan manajemen membuat keputusan di bawah batas yang diterapkan oleh administrasi

sekelompok orang yang merupakan karyawan organisasi secara kolektif dikenal sebagai manajemen. sedangkan disisi lain administrasi mewakili pemilik organisasi

Manajemen bisa dilihat dalam organisasi yang menghasilkan laba seperti perusahaan bisnis. sedangkan administrasi ditemuka di kantor- kantor pemerintah dan militer, klub, rumah sakit,  organisasi keagamaan, serta semua perusahaan nirlaba

Manajemen merupakan semua tentang rencana dan tindakan. sedangkan, administrasi berkaitan dengan kebijakan framing dan menetapkan tujuan

jadi, kamu bisakalau administrasi itu di atas manajemen. semoga artikel ini bermanfaat yaa 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun