Perbedaan antara managerial dan administrasi sangat tipis.
mereka kelihatan serupa, tapi sangat berbeda satu sama lainnya
perbedaan manajemen dan adminitrasi juga ga bergitu berpengaruh pada prakteknya.
ingin tau lebih lengkap mengenai perbedaan administrasi dan manajemen?
langsung aja yuk simak pembahasannya pada artikel di bawah ini:
1. Administrasi
Administrasi yaitu keseluruh kegiatan pencatatan tertulis dan tersusus rapi secara sistematis, dari keterangan yang ada buat mempermudah dalam informasi yang dibutuhkan
fungsinya yaitu pembentukan dari :
a. rencana
b. kebijakan
c. aturan
d. prosedur
e. pengaturan tujuan serta objek
f. menegakkan regulasi serta tujuan dan
h. lain sebagainya
administrasi ini mewakili lapiran yang paling tertinggi dari hirarki manajemen sebuah organisasi yang bersifat birokratis
berikut contoh dari administra yaitu:
1). saat ada pekerja di sebuah pabrik yang meminta THR Bmaka mereka akan diminta menunggu keputusan dari manajemen
2). saat kamu melakakukan pengurusan dokumen di sebuah lembaga, instansi, atau kantor. maka kamu akan selalu dimintai kompensasi atau dokumen tersebut dengan istilah biaya administrasi
2. Manajemen
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan milik orang lain atau bisa didefiniskan sebagai suatu tindakan mengelola pekerjaan dan karyawan buat bisa mencaoai tujuan organisasi
funsi manajemen yaitu merencanakan, memimpin, mengontrol, memotivasi, mengelola, membuat koordinasi dan juga keputusan.
5M yang harus ada didalam manajemen diantaranya yaitu:
- Men (Orang)
- Material (Bahan)
- Machines (Mesin)
- Method (Metode)
- Money (Uang)
Perbedaan utama dari Administrasi Vs Manajemen
Peran :
Administrasi :Â Menentukan
Manajemen : Pelaksanaan
Menentukan :
Administrasi : Apa yang harus diselesaikan?
dan kapan pekerjaan tersebut selesai?
Manajemen : Siapa yang melalkukan pekerjaan?
dan bagaimana pekerjaan tersebut dapat diselesaikan?
Kewenangan :
Administrasi : Level atas
Manajemen : Level Menengah bahkan bawah
Pekerjaan :
Administrasi : Menentukan tujuan, menyusun kebiajakan, dan formulasi dari rencana
Manajemen : Â Kebijakan sebagai aksi dan menerapkan rencana
Diterapkan pada :
Administrasi : Kantor pemerintah, klub, militer, rumah sakit, perusahaan bisnis, organisasi pendidikan dan agama, serta lain sebagainya
Manajemen : Hanya organisasi bisnis. karena organisasi bisnis menghasilkan profit
Berpusat pada :
Administrasi : Menentukan alokasi terbaik yang memungkinkan dari sumber daya ayang terbatas
Manajemen : Melaksanakan Pekerjaan
Wilayah Operasi :
Administrasi : Â Memiliki kontrol penuh atas semua aktivitas di organisasi
Manajemen : Manajemen bekerja di bawah administrasi
Juru Kunci :
Administrasi : Administrator
Manajemen : Manajer
Mewakili :
Administrasi : Pemilik yang mendapatkan imbala pada modal yang diinvestasikan oleh mereka
Manajemen : Karyawan yang bekerja untuk pemberian upah
Nah dibawah ini penjelasan lebih lengkapnya tentang perbedaan administrasi dan manajemen "
Manajemen yaitu cara sistematis mengelola orang dan hal- hal dalam organisasi. sedangkan administrasi didefinisikan sebagai tindakan mengelola seluruh organisasi oleh sekelompok orang.
Manajemen merupakan kegiatan bisnis dan tingkat fungsional. sedangkan administrasi merupakan kegiatang tingkat tinggi
Manajemen berfokus pada implementasi kebijakan. sedangkan formulasi kebijakan dilakukan administrasi
Fungsi administrasi termasuk undang- undang dan penentuan. sebaliknya. fungsi manajemen bersifat eksekutif dan mengatur
Administrasi mengambil semua keputusan penting dari organisasi, sedangkan manajemen membuat keputusan di bawah batas yang diterapkan oleh administrasi
sekelompok orang yang merupakan karyawan organisasi secara kolektif dikenal sebagai manajemen. sedangkan disisi lain administrasi mewakili pemilik organisasi
Manajemen bisa dilihat dalam organisasi yang menghasilkan laba seperti perusahaan bisnis. sedangkan administrasi ditemuka di kantor- kantor pemerintah dan militer, klub, rumah sakit, Â organisasi keagamaan, serta semua perusahaan nirlaba
Manajemen merupakan semua tentang rencana dan tindakan. sedangkan, administrasi berkaitan dengan kebijakan framing dan menetapkan tujuan
jadi, kamu bisakalau administrasi itu di atas manajemen. semoga artikel ini bermanfaat yaaÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H