LATAR BELAKANG
Penggunaan media dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Terlebih lagi apabila guru tersebut mengajar di tingkat Sekolah Dasar. Usia peserta didik tingkat Sekolah Dasar berada pada tahap operasional konkret dimana mereka meniru apa yang dilihat dan didengar. Hal ini, menjadi landasan guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat.
Dipilihnya media berupa alat peraga Bunga Pecahan dilatar belakangi oleh seringnya mendapati peserta didik merasa kesulitan dalam mengerjakan permasalahan-permasalahan yang bekaitan dengan materi pecahan dalam pembelajaran matematika. Untuk itu penulis berupaya untuk membuat cara atau alat berupa "Bunga Pecahan" yang dapat membantu peserta didik dalam kesulitannya menyelesaikan permasalahan mengenai materi pecahan agar menjadi lebih mudah.
Â
PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran di atas, dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut: "Bagaimana meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik kelas III dalam pembelajaran Matematika materi pecahan di SD Negeri 5 Tulakan dengan menerapkan alat peraga Bunga Pecahan?
TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan alat peraga " Bunga Pecahan " ini antara lain adalah:
Meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran pecahan menggunakan alat peraga " Bunga Pecahan ".
Mendeskripsikan cara penggunaan alat peraga " Bunga Pecahan.
MANFAAT
Adapun manfaat yang diharapkan dalam pembuatan alat peraga " Bunga Pecahan " ini adalah sebagai berikut :
Bagi Peserta didik
Hasil pembuatan alat peraga " Bunga Pecahan" dapat menumbuhkan minat dan semangat belajar peserta didik serta dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi pecahan.
Bagi Guru
Hasil pembuatan alat peraga " Bunga Pecahan " dapat dijadikan sebagai bahan acuan/ kajian ilmu yang bisa dikembangkan dalam membuat alat peraga yang berkaitan dengan materi pecahan.
Bagi Sekolah
Hasil pembuatan alat peraga " Bunga Pecahan" dapat dijadikan sebagai bahan acuan/ kajian ilmu dalam memilih alat peraga yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
DESKRIPSI ALAT PERAGA BUNGA PECAHAN
Alat peraga " Bunga Pecahan " merupakan suatu alat sederhana yang ditujukan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami konsep materi pecahan dalam muatan pelajaran Matematika. Media ini berbentuk seperti bunga sepatu yang di tengah kelopak bunganya bisa di tempeli dengan contoh penyebutan pecahan.Dengan adanya Bunga Pecahan, maka akan memudahkan peserta didik untuk memahami konsep Pecahan.
GAMBAR ALAT PERAGA
ALAT DAN BAHAN
Berikut ini merupakan alat-alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan alat peraga "Bunga Pecahan".
Pisau cutter
Gunting
Solatip
Penggaris
Bolpoin
Kertas manila
Kardus
 Lem
Tutup kaleng berbentuk lingkaran
LANGKAH PEMBUATAN ALAT PERAGA
Berikut  merupakan  langkah-langkah  dalam  " Bunga Pecahan":
Buatlah lingkarangan dengan menggunakan penutup kaleng di kertas manila.
Setelah membuat lingkaran buatlah mahkota bunganya.
Buatlah lingkaran lagi yang lebih kecil di kardus dengan menggunakan solatip sebanyak 3 atau 4.
Buatlah lingkaran lagi yang lebih kecil dengan menggunakan solatip di manila sebanyak 3 atau 4.
Gunting lingkaran yang telah di buat pada kardus dan kertas manila.
Tempel kardus yang dibentuk lingkaran dengan kertas manila.
Tempelkan lingkaran yang kecil tadi di tengah bunga, sehingga membentuk kelopak bunga.
Siapkan tangkai yang terbuat dari kenas manila di gulung memanjang.
Selanjutnya buatlah gambar di kertas manila dengan bentuk daun lalu potong gambar tersebut.
Setelah jadi tempelkan di antara tangkai-tanggkai bunga.
Ambil lingkaran yang telah di potong tadi pada kertas manila dan di tulis bentuk-bentuk nilai pecahan yang diinginkan lalu tempelkan di kelopak bunga yang telah tersedia.
CARA PENGGUNAAN ALAT PERAGA
Penggunaan alat peraga " Bunga Pecahan" sangatlah mudah. Agar lebih jelas lagi, berikut prosedur penggunaan media pembelajaran " Bunga Pecahan " dalam pembelajaran yaitu:
Permainan ini dilakukan oleh  peserta didik.
Peserta didik dibagi oleh guru beberapa Bunga Pecahan.
Peserta didik di suruh untuk menyebutkan pecahan berapa yang ada pada kelopak bunga tersebut
Dengan adanya bantuan potongan garis yang terdapat pada kelopak bunga maka memudahkan peserta didik dalam menyebutkan jawabannya.
Jika peserta didik sudah memahami konsep pecahan sederhana maka bisa dilanjut dengan materi pecahan yang lebih lanjut lagi.
PENUTUP
Â
Kesimpulan
Penggunaan alat peraga " Bunga Pecahan" pada muatan pelajaran Matematika kelas III dengan materi pecahan dapat membantu meningkatkan pemahaman pembelajaran peserta didik.
Saran
Berikut merupakan saran yang bisa guru berikan setelah menggunakan alat peraga " Bunga Pecahan " ini :
Bagi Guru
Guru hendaknya dapat mengimplementasikan penggunaan alat peraga "Bunga Pecahan" untuk meningkatkan pemahaman konsep materi pecahan dalam pembelajaran matematika.
Bagi Sekolah
Sekolah hendaknya memfasilitasi guru dalam menggunakan berbagai alat peraga sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing sekolah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H