Mohon tunggu...
Sri Ira Herawati malang09
Sri Ira Herawati malang09 Mohon Tunggu... Guru - PGP Angkatan 4

A teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pekan Bakti Murid (Untuk Aksi Nyata Modul 3.3)

15 Juli 2022   15:40 Diperbarui: 15 Juli 2022   15:42 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Latar Belakang, Proses dan Hasil Aksi

Pandemi mengubah banyak hal dalam keseharian hidup kita, termasuk pada kehidupan murid-murid. Banyak hal terjadi, salah satunya adalah proses belajar murid dari yang berinteraksi secara langsung setiap hari menjadi proses belajar secara daring. 

Proses pembelajaran daring ini memberi efek pada kurangnya kepedulian murid pada lingkungan sekitar. 

Berlatar belakang hal ini maka program ini diajukan untuk membangun kepedulian murid pada lingkungan serta untuk mewujudkan dimensi mandiri, kreatif dan gotong royong dalam Profil Pelajar Pancasila.

Salah Satu bentuk kegiatan Pekan Bakti Murid oleh murid-murid jurusan Pembangkit Listrik
Salah Satu bentuk kegiatan Pekan Bakti Murid oleh murid-murid jurusan Pembangkit Listrik
Program Pekan Bakti Murid adalah program bakti sosial pada lingkungan asal murid dan diharapkan akan memberikan kontribusi positif pada murid serta pada lingkungan sasaran program. Mereka diharapkan kembali pada lingkungan asal mereka dan menyumbangkan ide dan tenaga untuk kebaikan lingkungan tersebut. 

Mereka boleh memilih apakah mereka kembali ke tempat mereka tinggal  atau ke sekolah/ almamater asal mereka. Program ini adalah perwujudan dari student  agency untuk menampung voice,choice dan ownership murid. Pelaksanaan dilakukan pada akhir tahun ajaran sebagai salah satu kegiatan class meeting. 

Perencanaan kegiatan secara detil dilakukan dalam kelas dengan bimbingan guru sesuai potensi yang dimiliki lingkungan sasaran Pekan Bakti
Perencanaan kegiatan secara detil dilakukan dalam kelas dengan bimbingan guru sesuai potensi yang dimiliki lingkungan sasaran Pekan Bakti
Murid memulai dengan membagi dirinya menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan lingkungan berdasar aset yang mereka identifikasi di lingkungan tersebut. Mereka juga bisa memilih sendiri peran apa yang akan mereka jalankan dalam kegiatan, bagaimana mereka akan membiayai program ini, bagaimana mereka harus melakukan pendekatan pada para pemangku kepentingan.  Ini merupakan wujud VOICE serta CHOICE murid dalam voice, choice dan ownership dalam student agency.   

Setelah rencana kegiatan tersusun, murid-murid mulai menjalankan kegiatan tersebut di lingkungan sasaran. Kegiatan yang telah mereka jalankan keudian mereka dokumentasikan sebagai laporan dan refleksi apakah kegiatan ini tepat pada sasaran atau memerlukan perbaikan lagi. Dokumentasi yang mereka ambil mereka unggah pada media sosial mereka sendiri sebagai perwujudan dari OWNERSHIP dalam student agency. Murid-murid merasa memiliki dan mempunyai kebanggaan bahwa mereka telah berbuat baik.

Briefing sebelum kegiatan dimulai
Briefing sebelum kegiatan dimulai
Kegiatan yang dijalankan murid-murid hingga saat ini adalah bersih-bersih masjid, bersih jembatan, servis alat-alat elektronik dan masih banyak lagi. Masyarakat sekitar lingkungan asal dan sekolah asal mereka menyambut dengan baik dan terbuka. 

Mereka bahagia dan bangga bahwa anak-anak usia 15-16 tahun telah terpikirkan untuk memberikan kontribusi positif pada lingkungan. Sebaliknya dengan murid-murid tersebut, mereka menjalankan program ini dengan kesungguhan dan ketulusan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun