Mohon tunggu...
SRI HARTONO
SRI HARTONO Mohon Tunggu... Supir - Mantan tukang ojol, kini buka warung bubur ayam

Yang penting usaha

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Penyebab Orderan Ojol Lama Diterima

10 Juni 2022   05:58 Diperbarui: 11 Juni 2022   05:47 886
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ojol (KOMPAS.com)

Pernahkah Anda merasa kesal, marah, kecewa berkaitan dengan orderan ojol yang kelamaan?

Apalagi jika Anda sudah kelaparan, namun makanan yang dipesan tak kunjung datang. Kemarahan dan kelaparan bisa sampai di ubun ubun. Jika situasinya demikian, omelan atau bintang jelek hampir pasti diterima sang driver. 

Tunggu, sebaiknya Anda jangan menyalahkan driver terlebih dahulu. Siapa tahu kemarahan Anda salah alamat. Belum tentu driver adalah satu satunya pihak yang harus disalahkan. Ada situasi atau kondisi yang membuat order Anda datang terlambat. 

Berikut ini hal hal yang bisa menyebabkan mengapa orderan ojol Anda kelamaan diterima, terutama bagi pelanggan GO-JEK. 

1. Faktor alam dan lingkungan

Mendung, hujan, angin sangat mempengaruhi kekuatan sinyal. Jika terjadi cuaca yang ekstrim, pemancaran dan penerimaan sinyal sebuah handphone bisa terganggu.

Hal itu menyebabkan komunikasi antara pelanggan dan driver tidak lancar. Ketika kedua pihak menginginkan konfirmasi pesanan atau alamat kondisi itu membuatnya menjadi terhambat. Proses pengiriman menjadi lebih lama akibat menunggu komunikasi lancar kembali. 

Cuaca buruk juga bisa menyebabkan bencana alam. Banjir, pohon tumbang dan efek lain yang membuat perjalanan driver menjadi terganggu dan memperlama waktu pengantaran pesanan. 

Selain cuaca dan bencana alam, lingkungan dimana pelanggan dan driver bisa mempengaruhi komunikasi. Posisi di dalam lift, gedung tertutup, ruangan dengan jenis atap tertentu (misalnya dibawah cor coran), lokasi dengan pengacak sinyal (markas militer) bisa mengakibatkan kondisi tanpa atau minim sinyal. Akibatnya sama seperti kondisi dalam cuaca buruk komunikasi terganggu, pengiriman barang menjadi kelamaan. 

2. Restoran, warung atau tempat dimana order diinginkan

Resto/warung tutup, ramai pelanggan, baru buka alias belum siap, barang kurang atau habis, pegawai libur adalah hal yang belum diketahui pelanggan ketika membuat order.

Sering pula kejadian handphone penerima order dibawa pergi/tidak ditempat. Dalam situasi ini driver kesulitan mendapat pin. Akibatnya driver harus menunggu lagi untuk mendapatkan pin dari pihak resto agar orderan bisa diproses. 

Semua hal diatas juga membuat pengirim menjadi terhambat karena driver memerlukan konfirmasi ke pelanggan atau resto agar order bisa dijalankan. Seringkali driver juga harus pergi ke tempat lain untuk membelikan barang pesanan pelanggan. 

3. Pelanggan

Kadang kadang dari pihak pelanggan sendiri berkontribusi terhadap lamanya barang diterima. Dibawah ini beberapa hal penyebabnya;

Order tidak lengkap. Saat membuat pesanan sering pelanggan tidak menuliskannya secara terperinci. Contoh yang sering terjadi dalam order GO-FOOD atau Go-Shop adalah tidak adanya; level pedas, pilihan rasa, merk, berat barang, warna dll. Driver yang menerima order seperti itu akan mengkonfirmasi pesanan tersebut.

Jika pelanggan mudah dihubungi, pesanan akan diproses secara cepat. Namun jika terjadi kondisi sebaliknya, order tidak bisa segera dijalankan dan pengiriman menjadi terlambat. 

Oleh sebab itu, agar order Anda bisa diproses dan dikirim dengan cepat, sebaiknya membuat pesanan yang jelas dan terperinci. 

Alamat tidak sesuai. Walaupun Anda sudah mengetik alamat sesuai dengan lokasi pengiriman, hal itu tidak menjamin bahwa alamat yang tertulis dalam orderan sesuai seperti yang ditulis, alamat lainlah yang muncul di aplikasi driver sehingga mereka harus mencari alamat yang semestinya. Hal itu disebabkan titik handphone Anda bergeser. 

Karena kondisi tertentu, titik handphone pelanggan tidak persis dilokasi Anda berdiri. Beberapa penyebabnya; susah sinyal, cuaca buruk, Anda belum melakukan update aplikasi, kekuatan bateri tinggal sedikit, RAM terlalu kecil dan memori HP penuh. 

Jika masalah berkaitan demgan HP, Anda perlu secara rutin mengupdate aplikasi ojol dan membersihkan cache. Dokumen dan aplikasi yang tidak diperlukan juga harus dikurangi. Kondisi memori HP yang lega membuat kinerja lebih maksimal dan GPS Anda lebih presisi. 

Salah alamat. Penyebab lain yang berkaitan dengan alamat kirim adalah salah alamat. Sering terjadi pelanggan tidak mengecek alamat kirimnya setelah melakukan pemesanan. Contoh: seorang pelanggan sukses melakukan pesanan dengan alamat kirim kerumahnya, lalu dia melakukan lagi pesanan ketika dia kantor. 

Pelanggan ini tidak sadar bahwa alamat kirim pesanannya masih ke rumah. Akibatnya driver menjadi salah alamat. Dua duanya menjadi uring uringan saling menyalahkan. Padahal keduanya salah karena tidak melakukan konfirmasi. 

Untuk mempercepat pengiriman, sebaiknya Anda memberikan alamat lengkap disertai ciri ciri lokasi Anda, misal; rumah tingkat warna hijau, sebelah gapura biru, ada pohon mangga dll. Jangan lupa mengecek kembali alamat kirimnya sebelum pesanan dilakukan. 

Alamat dan pesanan ditulis lengkap - dokpri
Alamat dan pesanan ditulis lengkap - dokpri

4. Driver ojol 

Aplikator Go Partner mempunyai Standar Operating Procedure (SOP) dalam bentuk buku dan elektronik di setiap aplikasi driver. Namun sayangnya SOP yang bagus itu tidak tersosialisasikan dengan baik. Para driver, terutama rekrutan baru, tidak mendapat pelatihan yang cukup untuk memahami dan menjalankan tata tertib itu. Akibatnya pelayanan para driver berbeda beda, tergantung karakter mereka. 

Ada driver yang dengan sigap menjalanlan order, melakukan konfirmasi dengan pelanggan mengenai barang/makanan dan alamat pelanggan serta selalu memantau pesanan. Namun ada pula oknum yang bersikap santai ketika mendapat order. 

Para oknum driver itu ketika order masuk tidak langsung berangkat. Ada yang masih bermain game atau melihat video, minum, ngobrol atau melakukan hal lain. 

Sesampai dilokasi dan melakukan pemesanan, mereka tidak memantau order atau melihat chat pelanggan. Seringkali terjadi, makanan atau barang sudah jadi, si driver tidak tahu sehingga pesanan tertahan lama. Kadang karena tidak melihat chat, pesanan khusus atau tambahan pelanggan tidak diketahui. Pengiriman menjadi lebih lama, pesanan tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. 

Sebenarnya ada cara untuk mengetahui apakah driver itu sigap atau lelet. 

Yang pertama dengan melakukan chat

Anda bisa memantau driver saat melakukan percakapan. Jika driver cepat dan sigap penjawab chat tersebut, itu berarti dia berkonsentrasi penuh terhadap order Anda. 

Cara kedua dengan memantau lokasi driver

Dalam aplikasi Anda (GO-JEK) posisi driver bisa dilihat setelah Anda mendapatkan drivernya. Titik driver berupa sepeda motor kecil berwarna hijau disertai garis kuning yang menandakan jalur yang harus dilalui. 

Dalam kondisi cuaca normal, sinyal bagus dan tidak macet, motor hijau itu akan terus bergerak sesuai perjalanannya. Anda bisa mengecek apakah driver itu sudah sesuai tujuan dan waktunya. 

Cara ketiga dengan mengecek kondisi makanan

Jika Anda memesan makanan panas dan masih panas ketika sampai di tangan, berarti driver cepat dan sigap. Demikian pula jika memesan minuman dengan es, Anda bisa melihatnya dengan besar kecil/sedikit banyak es yang sudah mencair. 

Namun pelanggan juga harus memperhatikan jarak, cuaca, jumlah pesanan dan packagingnya. Tidak bisa langsung memastikan bahwa makanan dingin atau es banyak mencair berarti drivernya lelet. 

Dalam kondisi normal, makanan yang dipesan akan diterima dalam keadaan fresh. 

Cara keempat dengan melihat waktu pemesanan yang ada di nota pembelian

Cara ini kadang kadang bisa dilakukan karena di beberapa resto, ada nota diberikan dan didalamnya ada pencatatan waktu ketika driver melakukan pemesanan. 

Anda bisa mengetahui berapa lama driver sampai ke resto dan melakukan pemesanan serta lama proses pembelian dan pengantaran ke alamat pemesan. 

Selain beberapa tindakan diatas, untuk menghindari situasi kelamaan nunggu order padahal Anda butuh cepat, sebaiknya dilakukan hal berikut. 

1. Pesan di tempat/resto yang tidak terlalu jauh dari lokasi Anda. 

2. Pesan makanan/barang yang tidak memerlukan banyak proses misalnya; dimasak, disusun, dipacking, dihias, ditulisi. 

3. Pesan makanan yang sudah tersedia, misalnya nasi padang, bakso. 

4. Beri waktu yang cukup untuk driver memproses dan mengantar orderan Anda. Jika istirahat kantor antara jam 12 -13 siang, sebaiknya jam 11.30 sudah dilakukan pemesanan. 

5. Pilih resto/warung yang tidak terlalu banyak antreannya, terutama di jam makan. 

Demikian penyebab mengapa orderan kelamaan diterima dan beberapa trik mengansipasinya. 

Semoga bermanfaat. 

Salatiga 090622.116

Penulis adalah driver ojol

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun