Mohon tunggu...
SRI HARTONO
SRI HARTONO Mohon Tunggu... Supir - Mantan tukang ojol, kini buka warung bubur ayam

Yang penting usaha

Selanjutnya

Tutup

Money

Dear Konsumen, Manfaatkanlah Voucher dan Diskonmu

15 Januari 2022   05:29 Diperbarui: 15 Januari 2022   05:43 680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkapan layar Promo GO-JEK / Dokpri (gambar pertama) 

Memanfaatkan penawaran promo adalah salah satu cara mendapatkan keuntungan saat melakukan transaksi pembelian. 

Kemarin sore saya mendapat order GoFood di gerai kopi Janji Jiwa. Pesanannya berupa 2 buah roti/toast dan minuman kopi Hazelnut seharga 8o ribuan. Dengan pesanan 3 item itu, konsumen harus membayar tunai sebesar 80 ribu lebih walaupun gratis ongkos kirim. 

Saat bertemu Mbak konsumen, saya bertanya apakah mbak tersebut tahu bahwa saat itu Janji Jiwa sedang mengadakan promo. Si Mbak menjawab dia tidak tahu karena tidak pernah mengecek promo yang ditawarkan GO-JEK. 

Saya kemudian membuka aplikasi GO-JEK dan memperlihatkan promo yang dimaksud. Penawaran berupa cashback gopay 63 ribu jika berbelanja minimal 80 ribu memakai pembayaran GO-PAY. 

Tangkapan Layar Promo Gerai Janji Jiwa / Dokpri (gambar kedua) 
Tangkapan Layar Promo Gerai Janji Jiwa / Dokpri (gambar kedua) 

Apabila menggunakannya promo gojek itu, Si Mbak hanya membayar 20 ribuan saja. Dia bisa menghemat 63 ribu rupiah sesuai yang ditawarkan dalam promo. Irit bukan? 

Saya sering menemui konsumen seperti Mbak diatas. Karena ketidak tahuan mereka, promo yang disediakan tidak terpakai. Padahal jika promo tersebut digunakan, konsumen bisa hemat hingga puluhan ribu rupiah tiap transaksi. 

Banyak promo yang ditawarkan oleh aplikator untuk menarik pelanggan. Bentuknya berupa diskon, voucher, cash back, produk dll. 

Ada promo yang diberikan saat momen tertentu misal; ulang tahun aplikator, hari raya keagamaan, ultah kemerdekaan RI, tanggal cantik dll. 

Promo ini biasanya sudah diketahui konsumen sehingga banyak dari mereka yang berbelanja dengan memanfaatkan momen ini. 

Promo bisa juga ditawarkan secara acak sesuai dengan strategi aplikator masing masing. 

Ada yang menyasar ke pelanggan setia dan pelanggan baru. Adapula yang sasarannya ditentukan oleh saldo yang terisi di dompet aplikasi konsumen. Namun banyak pula konsumen yang tiba tiba mendapat promo tanpa melakukan sesuatu. 

Untuk promo yang satu ini, konsumen sendiri yang harus jeli melihat aplikasinya. Walaupun seringkali aplikator memberitahu promonya lewat notifikasi, tetapi banyak konsumen yang tidak menyadarinya. 

Ada promo otomatis adapula promo dengan syarat dan ketentuan (s&k) berlaku. 

Yang dimaksud promo otomatis adalah keuntungan progam promo yang didapatkan konsumen tanpa melakukan sesuatu. Contohnya; konsumen mendapatkan potongan harga atau produk gratis tanpa membeli dalam jumlah atau rupiah tertentu, tanpa harus gopay, tanpa harus memakai voucher dll. 

Sedangkan promo dengan s&k berlaku berarti ada syarat yang harus dipenuhi. Misalnya; promo GO-JEK dan gerai Janji Jiwa diatas. Cash back diberikan dengan s&k berlaku yaitu syarat minimal pembelian (80 ribu) dan metode pembayarannya harus GO-PAY. 

Adapula promo dengan syarat lain; pada kupon/voucher diskon yang ditawarkan ada kata pakai yang harus diketuk. Bila kata pakai tidak diketuk, konsumen akan membayar dengan harga normal tanpa diskon. 

Tangkapan layar Promo Gojek / Dokpri (gambar ketiga) 
Tangkapan layar Promo Gojek / Dokpri (gambar ketiga) 

Hal inilah yang biasanya menjadi salah langkah para konsumen. Tanpa mengetuk kata pakai dan tanpa mengecek perincian pembayaran, konsumen langsung melakukan order. Akhirnya yang terjadi adalah transaksi dengan pembayaran normal. 

Bila dilakukan pembatalan order, hal tersebut akan merugikan driver yang sudah menerima orderannya. Tetapi bila tidak dilakukan pembatalan, konsumen yang akan dirugikan karena harus bayar penuh. 

Lalu bagaimana cara mendapatkan promo dari aplikator? 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapat promo, terkhusus di aplikasi GO-JEK. Diantaranya adalah :

1. Menjadi pelanggan setia. 

Pelanggan setia sudah tentu akan sering mendapat apresiasi berupa promo dari aplikator atau perusahaan. 

2. Menjadi pelanggan baru

Aplikator biasanya memberikan promo menarik agar konsumen bertransaksi dan menjadi pelanggan baru. 

Akibatnya banyak konsumen yang melakukan trik menjadi pelanggan baru dengan mengganti nomor HP mereka dan melakukan registrasi lagi. 

Cara ini agak merepotkan tetapi konsumen bisa hemat puluhan ribu rupiah sekali transaksi. Contoh yang sering dipakai konsumen GO-JEK adalah voucher potongan harga GoMart yang diberikan bagi pelanggan baru. 

3. Mengisi saldo GO-PAY

Walaupun tidak selalu berhasil, cara ini cukup ampuh untuk memancing aplikator memberikan promo menarik.

Banyak driver GO-JEK dan konsumen yang saldo GO-PAY nya tetap terisi walaupun tidak sering melakukan transaksi. 

Saya sendiri sering mendapatkan penawaran promo berupa potongan harga dan gratis ini itu karena selalu meninggalkan saldo di GO-PAY. Saldo yang ditinggalkan tidak harus banyak, cukup 5 ribu saja. 

Konsumen tidak akan rugi jika mengendapkan saldo Gopay berapapun jumlahnya. Tidak ada biaya administrasi yang dikenakan atas saldo tersebut. Jika saldo GO-PAY habis, konsumen bisa top up melalui driver tanpa kena biaya administtasi alias gratis. 

4. Mendapat promo lewat aplikasi milik orang lain. 

Banyak konsumen yang mendapatkan harga lebih murah dengan memakai aplikasi milik keluarga, teman atau tetangga.

Bila hendak melakukan transaksi dan di aplikasinya sedang tidak mendapat promo, mereka biasanya saling bertanya apakah ada promo di aplikasinya. Bila ada dan tak hendak dipakai, promo tersebut bisa digunakan bersama. 

Kami, para driver, sering memakai cara ini. Bila hendak memesan sesuatu, sering bertanya " Siapa punya voucher? "

5. Menjalankan misi sesuai yang diminta oleh aplikator. 

6.  Membeli paket promo yang ditawarkan aplikator. 

7. Memasukkan kode promo (lihat gambar pertama)

Untuk mengetahui kode promonya, silahkan mencari ke akun resmi GO-JEK atau bertanya ke driver. Kode promo ini akan berganti ganti sesuai dengan masa promonya.  

Sebaiknya Anda tidak membabi buta dalam menggunakan promo. Anda juga harus melakukan hitung hitungan agar tidak keblinger. Jangan karena melihat ada promo, Anda langsung memakainya terus menerus tanpa melihat kebutuhan. 

Ada metode sederhana apabila promo itu menguntungkan secara finansial atau titidak

Untuk promo GoRide atau GoSend yang diberikan GO-JEK biasanya nominal potongan akan langsung diketahui seperti contoh pada gambar ketiga. 

Namun diskon untuk GoFood ada hitungan sederhananya. 

Apabila mendapatkan potongan GO-FOOD sebesar 30%, biasanya Anda hanya mendapatkan keuntungan gratis ongkir (jarak maksimal 4 km) dan harga makanan offline. 

Harga makanan offline artinya harga asli makanan tersebut tanpa ditambah biaya administrasi GO-JEK yang dibebankan kepada pemilik warung. 

Contoh : harga ayam geprek  di warung A adalah 10.000 (offline), tetapi setelah ikut GO-JEK, harga tersebut dinaikkan (rata rata 20%) menjadi 12.000 (online) karena ada biaya 20% yang dikenakan GO-JEK kepada pemilik warung. Mereka harus menaikkan harga online nya untuk menutup biaya admin GO-JEK. 

Harga yang dinaikkan 20% tidak terjadi pada restoran yang bertaraf international dan nasional semacam Mc Donald, KFC, Pizza Hut, Janji Jiwa dll. Namun konsumen tetap dikenai biaya pajak 10%.

Anda akan mendapat penghematan biaya yang sebenarnya adalah ketika mengunakan promo diskon 40% ke atas. 

Jika dalam kondisi normal Anda mengeluarkan biaya 50 ribu untuk membeli sendiri ayam geprek ke warung, tetapi dengan mendapat diskon promo 40%, Anda bisa mengeluarkan biaya 40 ribu tanpa harus keluar rumah. 

Besarnya diskon dalam bentuk potongan pembayaran atau cash back bisa dilihat di voucher promonya. Biasanya ada maksimal potongan atau cash back yang diberikan seperti terlihat di gambar ketiga. 

Singkatnya begini cara mengetahui dan memakai promo dari GO-JEK. 

Silakan lihat kembali gambar pertama. 

1. Buka aplikasi GO-JEK Anda. 

2. Lihat sebelah bawah tengah, temukan kata promo. Jika ada tanda merah disitu, berarti ada promo yang ditawarkan. 

3. Ketuk kata Promo tersebut, Anda akan mendapati jumlah voucher yang dimiliki pada sisi kiri agak diatas. 

4. Silahkan lihat dan teliti voucher apa saja yang ditawarkan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ketuklah. 

5. Sebelum memakainya, pahami  syarat syarat yang diperlukan untuk mendapat diskon tersebut. Misalkan bila pembelian minimal 50 ribu, Anda juga harus melakukan transaksi pembelian mimimal 50 ribu. 

6. Jika syaratnya sudah terpenuhi dan transaksinya sesuai dengan keinginan Anda, silahkan ketuk kata pakai yang ada di voucher tersebut. 

7. Cek kembali pesanan Anda apakah sudah sesuai baik jumlah order maupun rupiah yang harus dibayarkan. 

8. Jika sudah betul, silahkan lanjutkan pesan. Jika belum, teliti lagi apakah syarat yang diperlukan sudah terpenuhi dan pastikan bahwa langkah Anda sudah benar. 

9. Jika masih belum sesuai, mungkin sistem GO-JEK sedang eror, tutup/refresh aplikasi Anda dan ulangi langkahnya dari awal hingga potongan harga yang ditawarkan bisa Anda dapatkan.

Silakan memakai voucher dan diskon di aplikasi Anda dan nikmatilah keuntungannya. 

Salatiga 140122.83

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun