Mohon tunggu...
Kelvin
Kelvin Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Write About Fintech Update

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apa Saja Customer Experience yang Akan Jadi di 2023?

20 Desember 2022   22:25 Diperbarui: 20 Desember 2022   22:39 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo Customer Service by Anna Shvets

Customer experience menjadi salah satu hal yang harus selalu diperhatikan oleh bisnis setiap saat. Pada 2023 sendiri ada beberapa tren customer experience yang tentunya harus diketahui bisnis.

Hal ini agar bisnis dapat menyesuaikan layanan mereka dengan keinginan customer dan tetap mempertahankan customer experience yang baik.

Sebenarnya perubahan tren customer experience pada 2023 tidak jauh berbeda pada 2022 yah. Namun, untuk lebih pastinya kamu tentunya harus mengetahui lebih lanjut apa saja tren tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini penjelasan tentang berbagai tren customer experience yang akan hadir pada 2023 dan bisa menjadi referensi untuk bisnis kamu. Yuk simak!

VR Customer Service

Virtual Reality merupakan salah satu teknologi yang cukup menarik perhatian apalagi pada beberapa tahun belakangan ini loh.

Hadirnya Virtual Reality atau VR ini juga ternyata mulai dimanfaatkan untuk customer pada beberapa bisnis.

Biasanya VR Customer Service ini memiliki tujuan untuk membuat customer yang menghubungi merasa langsung berbicara dengan customer service tersebut.

Sayangnya teknologi dalam membuat VR Customer Service saat ini masih cukup terbatas pasalnya dibutuhkan alat tambahan bagi customer untuk menghubungi VR Customer Service.

Namun, pada 2023 teknologi ini sendiri diperkirakan akan semakin berkembang dan semakin banyak muncul serta digunakan oleh bisnis yah.

Chatbot dan Self-Service Customer Service

Untuk yang satu ini tentunya kamu sudah tidak asing atau bahkan bisa dibilang sudah sering dijumpai. Chatbot dan self service customer service pada 2022 menjadi salah satu tren customer service yang ada.

Memang melalui chatbot dan self service customer service customer akan mendapatkan customer experience yang baik karena pelayanan yang cepat yah.

Selain itu penggunaan chatbot dan self-service dalam bisnis penerapannya tidak sesulit yang kamu bayangkan loh.

Saat ini sendiri menggunakan chatbot dan self service customer service sudah tidak sulit karena bisnis bisa memanfaatkan berbagai platform yang ada.

Salah satu contohnya adalah memanfaatkan WhatsApp business Platform untuk mendapatkan fitur chabot dan self service customer service.

Physical dan Digital (Phygital) Experience 

Seperti yang diketahui, physical atau fisik dan digital experience kepada customer sangatlah penting. Pada 2023 sendiri penggabungan kedua hal ini diprediksi akan menjadi tren customer experience.

Hal tersebut disebut sebagai Phygital (Phyiscal dan digital) experience yang dimana merupakan kombinasi antara keduanya.

Tentunya hadirnya tren ini untuk mengurangi ketidakpuasan customer yang biasanya hanya dilayani secara digital saja.

Namun, penerapan tren customer experience ini biasanya hanya bisa dilakukan pada beberapa bisnis tertentu seperti bank atau perusahaan asuransi.

Nah, jadi itu dia beberapa hal yang akan menjadi tren customer experience pada 2023 mendatang loh. Bagaimana menurut kamu tentang tren customer experience pada 2023?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun