Customer Service yang memiliki respon cepat tentunya sangat diinginkan oleh perusahaan karena bisa sangat membantu meningkatkan pelayanan yang ada.
Biasanya customer service pada perusahaan dengan pelayanan terbaik memang di kenal memiliki respon yang cepat. Sehingga tidak heran banyak perusahaan ingin memiliki customer service yang responnya cepat.
Namun, tahukah kamu bahwa respon cepat customer memengaruhi banyak aspek dalam bisnis tidak hanya dari segi pelayanan loh. Tentunya ada alasan tersendiri juga kenapa customer service harus memiliki respon yang cepat.Â
Berikut ini penjelasan yang mungkin bisa menjelaskan untuk kamu kenapa customer service harus fast respon dalam membalas atau menanggapi customer.
Respon Cepat Customer Service Memengaruhi Customer Experience
Dikutip dari supperoffice.com, customer service dengan respon yang cepat dapat dikategorikan membalas dengan waktu kurang dari 1 menit.
Sedangkan rata-rata waktu membalas customer service yang ada saat ini adalah antara kurang dari 1 menit hingga 12 jam loh.
Masih dari sumber yang sama, hampir 44% customer dalam survei tersebut mengharapkan customer service memiliki waktu respon kurang dari 4 jam loh.
Setelah melihat data di atas, pastinya kamu bertanya-tanya kenapa waktu respon customer service menjadi sangat penting dalam bisnis saat ini?
Hal ini karena menurut survei yang ada, kecepatan membalas customer service memengaruhi kualitas customer experience hingga 75% loh.
Tentunya hal ini tidak kecil, mengingat dengan kecepatan respon yang baik maka bisnis dengan mudah akan membangun customer experience yang baik pula loh.
Customer Suka Customer Service Fast Respon
Tentunya berdasarkan data dan survei yang sudah disebutkan di atas dapat disimpulkan bahwa customer yang memiliki respon cepat lebih disukai oleh customer.
Memang tak bisa dimungkiri, untuk menciptakan customer service dengan respon yang cepat tidak mudah. Apa lagi jika platform komunikasi yang digunakan tidak mempuni sama sekali.
Saat ini sendiri bisnis banyak menggunakan platform komunikasi WhatsApp Business Platform untuk membantu menciptakan komunikasi yang lebih baik.
Bukan tanpa alasan kenapa WhatsApp Business Platform menjadi pilihan para bisnis saat ini. Selain dari kemampuan atau fitur yang dimiliki, layanan yang diberikan pun bisa sangat membantu bisnis loh.
Beberapa fitur yang mungkin dapat menjadi gambaran untuk kamu antara lain adalah chatbot, chat panel, broadcast messages, dan schedule messages loh.
Selain fitur-fitur tersebut, ada juga layanan yang biasa ditawarkan oleh penyedia layanan WhatsApp Business Platform. Seperti layanan full service hingga layanan customer support 24/7 yah.
Setelah membahas tentang WhatsApp Business Platform, pastinya kamu bertanya-tanya bagaimana platform ini dapat digunakan oleh bisnis?
Menggunakan WhatsApp Business Platform sendiri saat ini sebenarnya sudah cukup mudah karena tersedia banyak penyedia layanana WhatsApp Business Platform di Indonesia atau yang disebut sebagai Business Service Provider.
Salah satu contoh Business Service Provider WhatsApp yang ada di Indonesia sendiri saat ini adalah Wappin loh. Tentunya banyak fitur dan layanan yang ditawarkan sesuai kebutuhan bisnis yah.
Nah, jadi kamu sudah pahamÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H