Mohon tunggu...
Kelvin
Kelvin Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Write About Fintech Update

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Menjaga Customer Retention dengan Customer Exeperience yang Baik dalam Bisnis!

20 September 2022   22:24 Diperbarui: 20 September 2022   22:48 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo Customer Deal by Alena Darmel

Customer experience menjadi salah satu faktor yang bisa membantu menjaga customer retention. Bisa dibilang customer experience yang dirasakan oleh customer akan mempengaruhi customer retention.

Perlu diketahui, customer experience dan customer retention merupakan hal penting dalam bisnis yang bisa memengaruhi pendapatan yang dimiliki loh.

Untuk kamu yang belum tahu, customer experience merupakan tingkat kepuasan atau hal yang dirasakan pelanggan / customer terhadap pelayanan di bisnis kamu.

Sedangkan untuk customer retention merupakan berbagai tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan customer menggunakan atau membeli produk mereka.

Customer experience sendiri bisa dibilang sangat berpengaruh terhadap customer retention saat ini. Pastinya kamu bertanya-tanya bagaimana bisa customer experience berpengaruh terhadap customer retention?

Customer Experience Yang Baik Membuat Customer Retention Yang Baik

"Customer is The King" bisa dibilang sebagai salah satu pribahasa yang cocok untuk menjelaskan kenapa customer experience berpengaruh terhadap customer retention.

Tanpa adanya customer experience yang baik, customer tentunya akan meninggalkan bisnis kamu atau bahkan tidak akan membeli produk kamu lagi.

Kekecewaan customer sendiri bisa sangat mudah terjadi karena beberapa hal. Mulai dari pelayanan yang kurang terhadap customer hingga after sales yang nilai kurang.

Bisa dibilang kekecewaan customer bisa dengan mudah membuat customer berpindah hati ke kompetitor kamu loh. Oleh karena itu, kamu pastinya harus memastikan customer merasa puas akan pelayanan bisnis kamu.

Customer yang merasa puas biasanya akan merasakan customer experience yang baik juga. Adanya customer experience yang baik akan membuat customer mengingat dan terus membeli produk yang bisnis kamu tawarkan.

Penjelasan itu lah yang menggambarkan bagaimana customer experience yang baik bisa membuat customer retention yang baik juga pada bisnis.

Membuat Customer Experience Yang Baik

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat atau menciptakan customer experience yang baik dalam bisnis kamu jalankan saat ini.

Salah satu caranya adalah melalui penggunaan platform komunikasi yang mumpuni untuk melayani customer baik saat ingin membeli atau pelayanan setelah membeli (after sales) yah.

Melalui penggunaan WhatsApp Business Platform sebenarnya bisnis akan dengan mudah menciptakan pelayanan yang maksimal untuk customer.

Hal ini karena platform komunikasi WhatsApp Business Platform memiliki berbagai fitur yang membantu komunikasi berjalan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, jangkauan yang mudah karena menggunakan platform komunikasi WhatsApp Business Platform juga menjadi salah satu faktor yang membuat customer experience lebih baik.

Dengan mudahnya bisnis dihubungi, customer tidak akan merasa ditinggalkan oleh bisnis setelah membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan loh.

Pastinya setelah membaca penjelasan di atas, kamu bertanya-tanya bagaimana caranya saat ini bisnis kamu bisa menggunakan WhatsApp Business Platform?

Jawabannya sendiri sangat mudah, saat ini tersedia banyak penyedia layanan WhatsApp Business Platform yang ada di Indonesia dengan menawarkan berbagai macam fitur dan layanan.

Salah satu contoh penyedia layanan WhatsApp Business Platform yang saat ini ada di Indonesia adalah Wappin yah. Tentunya banyak fitur dan layanan yang ditawarkan sesuai kebutuhan bisnis.

Nah, jadi kamu sudah paham bukan bagaimana cara menjaga customer retention dalam bisnis saat ini? Jadi tunggu apa lagi, kamu bisa coba cara yang sudah dijelaskan yah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun