Sebagai seorang customer tentunya tidak ingin mengalaman penglaman komunikasi yang sulit atau buruk dengan bisnis yang ada. Sebaliknya, bisnis juga pasti ingin memberikan pelayanan terbaik salah satunya dari pengalaman komunikasi yang dirasakan customer.
Hal ini sendiri bisa dibilang sebagai hal wajar yah karena pengalaman komunikasi customer sangat lah penting untuk perkembang bisnis kedepannya dan juga untuk customer retentation.
Dewasa ini sendiri sebenarnya sudah banyak bisnis sudah memperhatikan pengalaman komunikasi yang dirasakan oleh customer atau calon customer mereka.
Namun, masih ada juga bisnis yang tidak memperhatikan pengalaman komunikasi yang dihadapi oleh customer dan hanya berfokus pada pendapatan perusahaan.
Hal ini sebenarnya tidak disarankan, karena bisnis yang ingin berkembang lebih baik lagi sebaik memperhatikan komunikasi dengan customer yang ada di bisnis.
Menciptakan pengalaman komunikasi customer yang mudah dapat membuat customer experience yang dirasakan oleh customer juga meningkat.
Dengan meningkatnya customer experience customer bisa dibilang bisnis memiliki peluang berkembang lebih baik lagi. Apa lagi customer experience menjadi indikator apakah bisnis sukses dalam melayani customer atau tidak.
Customer yang merasakan customer experience yang baik dari sebuah bisnis tentunya akan menjadi loyal customer dan bisa memungkinkan melakukan pembelian kembali loh.
Menciptakan pengalaman komunikasi customer yang mudah sebenarnya saat ini tidak sulit. Ada beberapa platform komunikasi yang bisa membantu bisnis untuk meningkatkan pengalaman komunikasi customer.
Salah satu contoh platform komunikasi itu sendiri adalah WhatsApp Business Platform. Tentunya mungkin WhatsApp Business Platform sudah tidak asing digunakan sebagai platform komunikasi dalam bisnis.
Jika kamu pernah mendapatkan pesan dari kontak WhatsApp dengan tanda verified atau centang hijau bisa dibilang bisnis tersebut menggunakan WhatsApp Business Platform pastinya.
Dengan penggunaan WhatsApp Business Platform sebenarnya banyak fitur yang ada yang bisa membantu bisnis membangun komunikasi dengan lebih mudah kepada customer.
Sebagai contohnya saja, fitur chatbot dan chat panel menjadi fitur yang bisa membantu customer service agent menjawab pesan dari customer secara real time dan cepat.
Melalui chatbot, customer service agent dapat dengan mudah menjawab pertanyaan dari customer. Biasanya pada bisnsi fitur chatbot digunakan diluar jam kerja customer service agent untuk membantu customer yang menghubungi dapat segera dilayani dan tidak kecewa.
Lalu jika melalui chat panel, customer service agent dapat langsung melayani customer dan menjawab pertanyaan dari customer tanpa harus merasakan kendala atau delay.
Pesan yang dikirimkan secara langsung melalui chat panel akan langsung masuk secara real time. Sehingga tentunya ini akan membantu customer service agent dalam melayani customer lebih cepat.
Selain kelebihan di atas yang sudah disebutkan, masih ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh customer service jika menggunakan WhatsApp Business Platform. Namun, tentunya tidak dapat dijelaskan semua yah.
Nah, pastinya kamu pensaran bagaimana WhatsApp Business Platform saat ini dapat digunakan pada bisnis? Jawabannya sendiri mudah.
Untuk bisnis dapat menggunakan WhatsApp Business Platform saat ini, cukup hubungi penyedia layanan yang ada loh. Saat ini untuk penyedia layanan WhatsApp Business Platform yang ada di Indonesia tentunya sangat banyak.
Salah satu contoh penyedia layanan WhatsApp Business Platform yang ada di Indonesia sendiri adalah Wappin yah. Tentunya banyak fitur dan layanan yang disediakan sesuai dengan kebutuhan customer.
Pastinya kamu sudah paham bukan bagaimana pengalaman komunikasi dengan customer yang mudah dapat membuat bisnis kamu lebih baik lagi?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H