Salah satu perilaku khas sifat manusia adalah cara berkomunikasi antara sesama manusia Artinya, komunikasi merupakan dasar untuk mengadakan kerja sama, interaksi, dan menebarkan pengaruh dalam manajemen organisasi, misalnya dalam hal: pertama, mengambil suatu keputusan berdasarkan informasi yang di terima. Kedua, menyampaikan informasi yang di perlukan untuk mengambil keputusan. Ketiga, memegang peranan penting dalam proses pengawasan. Keempat, untuk menetapkan sasaran dan tujuan.
Komunikasi termasuk salah satu unsur terpenting dalam berbagai konteks kehidupan masyarakat, Yang sering kali dikaitkan dengan proses interaksi sesama manusia, sehingga terbentuknya karakter seseorang dalam suatu komunikasi.
Komunikasi yang efektif dalam organisasi terlihat dari bagaimana seorang pemimpin dapat memberikan arahan kepada bawahannya secara jelas dan tegas sesuai dengan produser dalam bekerja. Komunikasi dalam organisasi terkadang memiliki permasalahan seperti berbeda pendapat.Â
Hal ini tentu berhubungan dengan anggota dalam suatu organisasi yang tentu saja memiliki perilaku, pola pikir, dan latar belakang budaya yang berbeda. Berbagai cara di lakukan agar terciptanya tujuan dalam sebuah organisasi. Oleh karna itu, komunikasi menjadi sebuah jembatan dalam segala aspek termasuk organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Berikut pentingnya komunikasi dalam manajemen :
1. Merencanakan
Komunikasi dalam manajemen organisasi tentu dinilai sangat penting untuk merencanakan suatu kemajuan perusahaan. Komunikasi yang terstruktur dapat memberikan gambaran yang sistematis dalam merencanakan suatu pekerjaan sehingga perusahaan atau organiasi yang terencana akan lebih mudah dalam mencapai punjak kesuksesan dalam suatu organisasi.
2. Menyetujui
Sebuah organisasi tentu memiliki anggota organisasi dengan jumlah yang tidak sedikit. Untuk memperlancar suatu perencanaan maka seorang pemimpin organisasi akan membuka forum diskusi yang mana komunikasi dalam manajemen organisasi akan di terapkan dalam kegiatan ini. Pentingnya organisasi dalam manajemen organisasi ini adalah untuk menyetujui suatu pernyataan dengan produser yang ada, sehingga tidak ada kekacauan selama diskusi berlangsung.
3. Berinteraksi
Komunikasi dalam manajemen organisasi di anggap sangat penting untuk proses interaksi anggota organisasi tersebut. Sehingga komunikasi yang efektif dapat memberikan kenyamanan kepada anggota organisasi dalam melakukan proses interaksi.