Mohon tunggu...
Soni Supriatna
Soni Supriatna Mohon Tunggu... Lainnya - Marketing Analyst

Ditjen Penguatan Daya Saing Produk KP Kementerian Kelautan dan Perikanan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Jelajah Rasa Kuliner Nusantara Upaya QRIS Jangkau Pasar Dunia

31 Oktober 2023   08:57 Diperbarui: 31 Oktober 2023   09:10 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di tengah era digital, teknologi terus mengubah cara kita melakukan banyak hal, termasuk bagaimana kita melakukan transaksi keuangan. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah salah satu inovasi paling "brilliant" dalam pembayaran elektronik yang saat ini sedang mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Data menunjukan hingga bulan Maret 2023 tercatat ada 32,41 Juta pengguna QRIS serta 25,4 Juta Merchant yang sudah menggunakan QRIS, angka ini diprediksi akan terus tumbuh seiring banyak masyarakat yang sudah merasakan manfaat menggunakan sistem pembayaran QRIS yang dikenal praktis dan sangat memudahkan dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran.

QRIS adalah sebuah standar pembayaran digital yang memungkinkan berbagai aplikasi pembayaran menggunakan satu kode QR yang sama. Dengan QRIS, kita dapat membayar dengan mudah menggunakan aplikasi e-wallet seperti Gopay, OVO, Dana atau layanan Mobile Banking dan masih banyak lagi, tanpa perlu repot membawa uang tunai, kartu debit atau kredit. Cukup scan QRIS saja dari smartphone kita, tak perlu waktu lama kurang dari 30 detik saja, transaksi selesai, praktis dan catatan keuangan kita pun ter-record dengan sangat baik. QRIS mengintegrasikan berbagai platform pembayaran, mempermudah proses transaksi, dan mengurangi biaya transaksi. Pesatnya perkembangan QRIS sejalan dengan tumbuhnya Cashless Society yang sudah menjadi lifestyle di tengah masyarakat global.

Sistem QRIS yang inovatif dengan pengguna aktif yang terus tumbuh  menjadi modal yang kuat untuk QRIS melebarkan sayapnya di kancah internasional, hal ini bisa dimulai dimulai dari kawasan ASEAN terlebih dahulu. Pemerintah Indonesia sendiri telah aktif mempromosikan QRIS sebagai inovasi pembayaran yang dapat digunakan oleh negara-negara anggota ASEAN.

Bank Indonesia telah melakukan Kerjasama dengan  Bank Sentral negara Thailand dan Malaysia,  sehingga QRIS sudah bisa digunakan dibeberapa merchant di Thailand dan Malaysia. Salah satunya melalui interkoneksi dengan jaringan pembayaran OTTO Cash.

Jelajah Rasa Kuliner Nusantara Upaya QRIS jangkau pasar dunia

Indonesia adalah negara yang dikenal dengan keanekaragaman budaya dan kuliner yang luar biasa. Cita rasa masakan nusantara sudah diakui kelezatanya di berbagai belahan dunia, baru-baru ini Rawon makanan khas Jawa Timur di nobatkan sebagai sup terlezat di dunia versi Taste Atlas 2023,  sebelumnya Rendang juga menyabet predikat makanan terlezat didunia. 

Lalu apa hubungannya antara masakan Indonesia dengan QRIS?

Untuk lebih mempopulerkan QRIS sebagai metode pembayaran di luar negeri, pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan para Diaspora salah satunya dengan menyelenggarakan festival kuliner dimana metode pembayarannya wajib menggunakan QRIS, yang membawa kemudahan dan keamanan dalam pembayaran.

Pemerintah dalam hal ini KBRI dapat bekerjasama dengan Diaspora untuk menyelanggarakan event ini, harapanya para Diaspora dapat turut aktif berpartisipasi juga dapat mengajak masyarakat lokal disana. Diaspora memiliki peran penting dalam mempromosikan kegiatan ini. Diaspora Indonesia dapat berperan sebagai peserta dalam festival kuliner. Mereka juga dapat membuka stand atau gerai makanan yang menawarkan hidangan khas dari daerah asal mereka. Selain itu mereka juga dapat mengajak dan mempromosikan kegiatan ini kepada kerabat atau teman mereka. Ini memberikan peluang bagi masyarakat lokal untuk mencicipi makanan khas Indonesia dan memperluas pengetahuan mereka tentang kuliner Nusantara serta yang tak kalah penting kegiatan ini  berpeluang meningkatkan user QRIS di negara tersebut.

Untuk meningkatkan minat konsumen, pemerintah dapat memberikan promo-promo menarik menggunakan QRIS seperti potongan harga, discount, cashback, free produk atau promo lainnya. Harapanya kegiatan ini dapat memberikan multiplier effect tidak hanya mengenalkan kuliner nusantara juga mengenalkan metode pembayaran QRIS yang simple, praktis dan mudah.

Dengan berperan aktif dalam mempromosikan festival kuliner Nusantara, diaspora Indonesia dapat membantu melestarikan budaya kuliner Indonesia, meningkatkan pemahaman tentang kekayaan kuliner Nusantara, dan memperluas apresiasi terhadap makanan tradisional Indonesia di seluruh dunia dan tentunya membawa QRIS makin dikenal dikancah dunia.

Pada akhirnya diharapkan QRIS sebagai salah satu sistem pembayaran kebanggaan Indonesia diharapkan dapat tumbuh pesat di luar negeri, untuk tahap awal negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura dan Thailand menjadi target pasar utama, selain Diaspora Indonesia disana cukup banyak, minat masyarakat lokal terhadap kuliner Indonesia juga cukup baik.

Yuk bersama-sama kita tunjukan cita rasa Kuliner Nusantara dan kita dorong agar QRIS dapat terus tumbuh mendunia. "QRISnya satu, menangnya banyak!"

Artikel ini ditulis sebagai bentuk ide dan optimisme agar QRIS makin hebat dan kuat di dalam dan luar negeri juga sebagai participant of BI Digital Content Competition 2023.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun